x

Liga 1 Bergulir Kembali Akhir November, Ini Tanggapan Luis Milla

Jumat, 14 Oktober 2022 11:28 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, belum bisa memberikan banyak komentar mengenai kompetisi Liga 1 2022-2023 yang rencananya akan dilanjutkan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, belum bisa memberikan banyak komentar mengenai kompetisi Liga 1 2022-2023 yang rencananya akan dilanjutkan kembali pada akhir November 2022.

Menurut pelatih asal Spanyol ini, belum ada informasi resmi yang diterima olehnya mengenai rencana bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2022-2023 yang sudah memasuki pekan ke-11 ini.

Baca Juga

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 saat ini sedang dihentikan sementara, setelah terjadi tragedi kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22).

Tragedi tersebut, terjadi setelah pertandingan tuan rumah Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya, seusai laga terjadi kerusuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Bahkan, jumlahnya lebih dari 100 orang.

"Saya belum mengetahui itu. Apakah ini sudah resmi? Saya belum mau membicarakan ini jika masih belum resmi," kata Luis Milla setelah memimpin latihan, Kamis (13/10/22) malam.

Baca Juga

PSSI sendiri telah menetapkan tahapan-tahapan guna pembenahan sepak bola Indonesia, usai terjadinya tragedi Kanjuruhan.

Salah satunya adalah wacana kembali menggulirkan kembali roda kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 pada akhir November.

Tahapan-tahapan untuk pembenahan sepak bola Indonesia memang dilakukan PSSI setelah berdiskusi dengan perwakilan FIFA dan AFC serta beberapa Kementerian terkait di Hotel Fairmont, Jakarta siang tadi.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan dan berdiskusi terkait tahapan-tahapan yang telah dibuat.

Baca Juga

Memang dalam tahapan-tahapan tersebut ada pembahasan perihal kembali bergulirnya kembali Liga 1 2022-2023. Liga 1 nantinya akan diuji coba kembali bergulir pada pertengahan November yakni saat Presiden FIFA, Gianni Infantino juga akan hadir dalam kegiatan G20 di Indonesia.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini menuturkan, akan menunggu dulu informasi resmi dari Manajemen Persib, terkait rencana kelanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. "Saya masih menunggu berita resmi dari manajemen dan klub," ujar Luis Milla.


1. Skuad Persib Bandung Tetap Latihan

Gelandang Persib, Marc Klok, ditemui usai latihan.

Sementara itu, menurut Luis Milla, selama kompetisi Liga 1 2022-2023 dihentikan, skuad Maung Bandung akan tetap menjalankan program latihan, hanya saja pada setiap pekan Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan akan berlatih sebanyak empat hari.

"Kalau tidak salah Persija meliburkan tim selama sepuluh hari. Sedangkan saya mempunyai gagasan dengan meliburkan tim selama tiga hari dan kini akan berlatih empat hari," kata Luis Milla.

Baca Juga

Luis Milla membeberkan alasan tidak meliburkan aktivitas latihan pasukannya. Menurutnya dengan tetap menjalankan program latihan, diharapkan kondisi fisik pasukannya tetap terjaga.

Sehingga, saat ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, tim kebanggaan Bobotoh tidak memulai latihan dari awal lagi.

"Nantinya di akhir pekan kami akan meliburkan tim tiga hari lagi. Tujuannya supaya tidak punya terlalu banyak waktu untuk berleha-leha. Bagi saya lebih baik seperti itu," kata Luis Milla.

Baca Juga

Selain itu, saat kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 dihentikan sementara, Luis Milla sudah mempersiapkan progam uji coba bagi skuad Maung Bandung. Rencananya, ada tiga uji coba yang bakal dilakoni tim kebanggaan Bobotoh.

Laga uji coba tersebut dibutuhkan oleh Persib untuk menjaga sentuhan bola dan atmosfer pertandingan selama kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 dihentikan.

Baca Juga

"Rencananya kami berjalan step by step, pekan demi pekan. Kami belum akan bertanding (di liga) jadi rencananya kami akan menggelar pertandingan (uji coba) di setiap akhir pekan," kata pelatih Persib Bandung di Liga 1, Luis Milla.


2. Respons Manajemen Persib Bandung Terkait Rekomendasi FIFA

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (30/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Manajemen Persib, siap mengikuti aturan yang akan ditetapkan pada lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, termasuk mengenai jam kick-off yang bakal berlangsung pada sore hari.

Sebagai informasi, FIFA mengkritisi waktu kick-off Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang dinilai terlalu malam. Sehingga, mereka lantas merekomendasikan pertandingan maksimal berlangsung mulai pukul 17.00 atau jam 5 sore.

Bukan tanpa alasan FIFA menyoroti jam kick-off Liga 1. Kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini memang kerap berlangsung terlalu larut malam, yakni pukul 20.30 WIB.

Bahkan, Tragedi Kanjuruhan, Malang, meletus tepat usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir terlalu larut malam sekitar pukul 22.00 WIB.  

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, pihak saat ini masih menunggu keputusan resmi mengenai regulasi lanjut kompetisi Liga 1 2022-2023, termasuk jam kick-off pertandingan.

Baca Selengkapnya: Respons Manajemen Persib Bandung Terkait Rekomendasi FIFA Mengenai Kick-off Liga 1

Persib BandungPSSILuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini