x

Liga 1 Dihentikan, Luis Milla Akui Tak Mudah Jaga Motivasi Pemain Persib Bandung

Selasa, 11 Oktober 2022 18:27 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ilham Oktafian
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, mengakui tidak mudah menjaga motivasi anak asuhnya saat menunggu keputusan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, mengakui tidak mudah menjaga motivasi anak asuhnya saat menunggu keputusan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023.

Sebagai informasi, saat ini kompetisi Liga 1 2022-2023 sedangkan dihentikan sementara, setelah terjadi Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22), yang menelan banyak korban jiwa.

Baca Juga

Tragedi tersebut, terjadi usai pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang mempertemukan tuan rumah Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya.

"Jujur ini menjadi kesulitan bagi kami," kata Luis Milla setelah memimpin latihan anak asuhnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (10/10/22).

Meski demikian, mantan pelatih timnas Indonesia ini menilai, sejauh ini anak asuhnya tetap bersemangat menjalankan program latihan yang diberikan olehnya. 

Baca Juga

"Tapi saya merasa senang terhadap implikasi dari pemain ketika berlatih dan juga sikap yang mereka tunjukan," ungkap Luis Milla.

Menurut Luis Milla, semangat yang tinggi dalam menjalankan program latihan, ditunjukkan oleh Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan salah satunya saat berlatih di Stadion GBLA, Senin (10/10/22).

Sesi latihan tersebut, merupakan yang pertama setelah skuat Persib Bandung mendapatkan jatah libur selama tiga hari dari Luis Milla.

Baca Juga

"Hari ini sebagai contohnya, mereka melakukan tugas dengan baik dan mungkin di bulan depan mereka sudah siap untuk berkompetisi lagi," ujar Luis Milla.

Sambil menunggu informasi selanjutnya terkait kelanjutan kompetisi, Luis Milla berharap anak asuhnya bisa tetap menjaga motivasinya.


1. Kesehatan Mental Persib Banding

Pelatih Persib, Luis Milla (kiri) bersama pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya (kanan). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Dengan demikian, saat ada keputusan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, tim kebanggaan Bobotoh sudah dalam kondisi bugar dan siap untuk melakoni pertandingan.

"Tapi di bulan ini, saya menuntut pemain untuk tetap memiliki semangat dan sikap yang sama. Memang kami tidak bertanding tapi saya butuh keterlibatan dari pemain (dalam latihan)," jelasnya.

Baca Juga

Bek Persib Bandung, Daisuke Sato, mengaku kondisi kebugaran dan mentalnya saat ini dalam keadaan bugar, setelah menikmati libur selama tiga hari.

Menurut pemain timnas Filipina ini, waktu libur yang diberikan oleh pelatih Luis Milla, sangat penting. Karena, selama aktivitas tim diliburkan dia bersama rekan-rekannya bisa beristirahat dan sejenak melupakan sepak bola.

Apalagi, sebelumnya Daisuke Sato bersama pemain lainnya mendapatkan kabar kurang baik mengenai tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22), usai laga Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya.

Baca Juga

"Kondisi saya secara fisik dan mental sangat bagus," kata pemain yang baru bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh di musim 2022-2023 ini.

"Bagus juga, karena kami diberi waktu libur selama beberapa hari, khususnya setelah apa yang terjadi di Malang," jelas Daisuke Sato menambahkan.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 66 ini menuturkan, sangat terkejut saat pertama kali mendengar tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, apalagi korban yang meninggal jumlahnya lebih dari 100 orang.

Baca Juga

Kabar duka dari Stadion Kanjuruhan tersebut, diakui Daisuke Sato cukup mempengaruhi terhadap kondisi psikologisnya. Pasalnya, tragedi itu terjadi di kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Kami semua sangat terkejut dan beberapa hari merasakan kondisi emosi yang berat karena terjadinya tragedi tersebut," ungkap Daisuke Sato.


2. Skuad Diliburkan, Wonderkid Persib Ngotot Minta Progam Latihan Mandiri

Arsan Makarin mencoba melawati Nick Kuipers saat game internal Persib Bandung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

Aktivitas latihan tim Persib Bandung di Liga 1 diliburkan selama tiga hari, mayoritas pemain memanfaatkan waktu libur yang diberikan oleh pelatih, Luis Milla, untuk berlibur. 

Berbeda dengan rekan-rekannya yang lain, winger muda Persib, Arsan Makarin, memilih mengisi waktu liburnya untuk menjalankan program latihan mandiri. Sebab dia merasa masih banyak kekurangan yang ada dalam dirinya.

Arsan menuturkan, program latihan selama aktivitas tim diliburkan didapat dari asisten pelatih Persib, Carlos Grande Rodriguez. 

"Kalau Arsan libur ini lebih dimanfaatkan untuk menjalankan program latihan mandiri," kata pemain yang baru promosi ke tim Persib di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 ini.

"Terus juga sama coach Carlos juga dikasih program buat gym di fitness, jadi lebih ke jaga kondisi saja, selama libur ini," jelas pemain yang menggunakan nomor punggung 70 ini.

Baca selengkapnya: Skuad Diliburkan, Wonderkid Persib Ngotot Minta Progam Latihan Mandiri

Persib BandungLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini