x

Tampil Memukau Usai Bungkam Aston Villa, Apakah Kepa Arrizabalaga Layak Tampil di Piala Dunia 2022?

Senin, 17 Oktober 2022 15:50 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut alasan mengapa Kepa Arrizabalaga layak untuk mendapatkan tempatnya kembali di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Spanyol.

INDOSPORT.COM – Berikut alasan mengapa Kepa Arrizabalaga layak untuk mendapatkan tempatnya kembali di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Spanyol.

Dalam beberapa pertandingan terakhir Chelsea, lebih tepatnya ketika kedatangan Graham Potter. Kepa Arrizabalaga mulai mendapatkan kembali kepercayaan dirinya.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, ketika Chelsea masih ditangani oleh Thomas Tuchel, Kepa terus terpinggirkan karena kehadiran Edouard Mendy.

Tak dapat dipungkiri jika Mendy juga salah satu penjaga gawang hebat, terlebih ketika membantu Chelsea menjuarai Liga Champions 2020/21.

Pada momen itu, Kepa Arrizabalaga mulai kehilangan tempatnya sebagai kiper nomor satu di Chelsea ataupun Timnas Spanyol.

Baca Juga

Hanya saja, menuju akhir musim 2021/22 penampilan Mendy mulai menurun, hingga dirinya mengalami cedera.

Cedera yang dialami Mendy ternyata membuka peluang bagi Kepa untuk tampil sekaligus mengesankan pelatih.

Pertandingan melawan Dinamo Zagreb di Liga Champions menjadi kali pertama bagi Kepa untuk memulai pertandingan.

Baca Juga

Saat itu juga, menjadi momen terakhir bagi Kepa untuk bekerja dengan Thomas Tuchel, karena Chelsea telah menunjuk Graham Potter sebagai pelatih baru.

Berkat hal tersebut, berikut INDOSPORT akan mengulas pencapaian Kepa Arrizabalaga dan alasan mengapa dia layak untuk bermain di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Spanyol.


1. Pencapaian Kepa Arrizabalaga Musim Ini

Kepa Arrizabalaga di laga Brighton vs Chelsea

Sebagaimana diketahui, Kepa Arrizabalaga telah melewatkan enam laga di pelaksanaan Liga Inggris musim ini.

Sejak Kepa melewatkan laga-laga tersebut, Chelsea telah kebobolan enam kali dan menelan dua kekalahan serta sekali hasil imbang.

Baca Juga

Pada waktu itu, Kepa hanya menghabiskan waktu di bangku cadangan, sementara Mendy terus tampil karena kepercayaan Thomas Tuchel.

Tapi, momen tersebut kemudian langsung berubah ketika Thomas Tuchel digantikan oleh Graham Potter sebagai pelatih baru Chelsea.

Debut Graham Potter bersama Chelsea terjadi ketika melakoni pertandingan di Liga Champions melawan RB Salzburg.

Baca Juga

Saat itu, Kepa yang ditunjuk Potter sebagai kiper utama Chelsea mampu tampil mengesankan, meski berakhir dengan imbang 1-1.

Berangkat dari sana Kepa terus mencatatkan performa menarik seperti, menjaga clean sheets di empat pertandingan terakhir Chelsea.

Selain itu, dari enam pertandingan bersama Chelsea, Kepa hanya kebobolan sebanyak dua kali yakni, saat berhadapan dengan Salzburg dan Crystal Palace.

Baca Juga

Kepa Arrizabalaga juga turut membantu Chelsea memenangkan lima laga dan satu hasil imbang dari enam pertandingan pertama Graham Potter sebagai pelatih baru.

Bahkan, penampilan Kepa Arrizabalaga juga turut menghadirkan rasa aman, secara khusus dari para pemain belakang Chelsea.


2. Catatan Statistik Kepa Sejak Kedatangan Potter

Penyelamatan gemilang Kepa Arrizabalaga di laga Aston Villa vs Chelsea (16/10/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Pada kemenangan atas Aston Villa, Kepa Arrizabalaga menjadi bintang kemenangan Chelsea sebagai tembok pertahanan terakhir.

Dalam pertandingan tersebut, Kepa telah berhadapan 18 tembakan dengan tujuh diantaranya berhasil mengarah ke gawang.

Baca Juga

Menariknya, penjaga gawang berusia 28 tahun mampu melakukan tujuh kali penyelamatan krusial.

Lima dari tujuh tendangan tersebut dilakukan dari dalam kotak penalti, ajaibnya Kepa mampu mengamankan semuanya.

Momen mengagumkan terjadi ketika Kepa Arrizabalaga menyelamatkan tiga tendangan secara beruntun dari dalam kotak penalti.

Baca Juga

Lebih lanjut, menurut catatan dari Fotmob, kiper kelahiran Spanyol itu telah berhadapan dengan peluang gol (xG) dari Aston Villa sebesar 2.21.

Artinya, Kepa Arrizabalaga seharusnya kebobolan sebanyak dua kali pada pertandingan tersebut. Tetapi, ia mampu mengeluarkan magisnya sehingga Aston Villa tak mampu mencetak satu gol pun.

Berdasarkan catatan dari Opta, Kepa telah melakukan penyelamatan lebih banyak dari kiper lain, meski baru memainkan tiga laga di Liga Inggris musim ini.

Baca Juga

Melalui laporan tersebut, Kepa melakukan penyelamatan sebesar (3.2), lebih unggul jika dibandingkan Alisson (2.7), Pickford (2.7), Neto (2.6), dan Pope (2.2).

Dengan demikian, Kepa Arrizabalaga seharusnya sudah memiliki alasan untuk kembali memperkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 mendatang.

ChelseaPiala Dunia 2022Tim Nasional SpanyolKepa ArrizabalagaOne Football

Berita Terkini