x

Deretan Pemain Top yang Kini Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022: Ada Otak Kesuksesan Bayern Munchen

Selasa, 18 Oktober 2022 21:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pemain top yang kini menjadi pelatih di Piala Dunia 2022, di mana salah satunya adalah otak kesuksesan Bayern Munchen.

Piala Dunia 2022 sudah berada di depan mata. Dalam waktu kurang lebih satu bulan lagi, ajang ini akan diselenggarakan.

Baca Juga

Semarak Piala Dunia 2022 pun membuat banyak penikmat sepak bola mencari tahu mengenai hal-hal unik jelang ajang empat tahunan tersebut.

Salah satunya mengenai deretan pelatih di Piala Dunia 2022. Setidaknya ada 32 pelatih yang akan memimpin 32 negara di edisi 2022 ini.

Pelatih-pelatih dengan nama-nama beken menghiasi panggung Piala Dunia 2022 nanti. Sebut saja Hansi Flick, Tite, Louis van Gaal dan sederet pelatih lainnya.

Baca Juga

Para pelatih ini biasanya punya rekam jejak mentereng sebelumnya di dunia kepelatihan, sehingga diberikan tanggung jawab besar untuk memimpin negaranya di ajang empat tahunan tersebut.

Namun Piala Dunia 2022 tak hanya soal berisikan pelatih beken saja. Ada beberapa pelatih yang ditunjuk negaranya karena punya rekam jejak apik saat masih bermain.

Biasanya, para pemain ini merupakan para pemain top sehingga dianggap punya kapasitas untuk memimpin negaranya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Siapa saja para pelatih yang dulunya merupakan pemain top dan kini menjadi pelatih di Piala Dunia 2022? Berikut daftarnya.


1. Ada Juru Taktik Inggris

Selebrasi Aliou Cisse usai membawa Senegal raih gelar Piala Afrika 2021. (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

1. Gareth Southgate (Inggris)

Gareth Southgate merupakan pelatih kepala Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022 mendatang. Ia sendiri telah memimpin The Three Lions sejak 2016 silam.

Di tangannya, Timnas Inggris mengalami progres nyata, dengan berhasil menembus semifinal Piala Dunia 2018 dan juga menembus final Euro 2020.

Siapa sangka, pengalaman melatih pria berusia 52 tahun ini berasal dari kariernya sebagai pemain. Diketahui, ia dulunya merupakan pemain Middlesbrough, Aston Villa, Crystal Palace, dan juga Timnas Inggris.

Bahkan, Southgate juga pernah mentas di Piala Dunia bersama Timnas Inggris, tepatnya pada Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2002 silam.

Baca Juga

2. Rigobert Song (Kamerun)

Rigobert Song merupakan pelatih Timnas Kamerun saat ini. Ia sendiri didapuk menjadi pelatih bagi negaranya terhitung sejak Maret 2022 lalu.

Di Piala Dunia 2022 ini, dirinya akan memimpin Kamerun agar bisa melangkah jauh seperti Piala Dunia 1990 kala menembus babak perempat final.

Pelatih berusia 46 tahun ini jelas akan memanfaatkan pengalamannya sebagai pemain. Diketahui, ia dulunya pernah berkiprah di Liga Inggris bersama Liverpool.

Bahkan, Rigobert Song akan menggunakan pengalamannya di Piala Dunia pada edisi 2022 ini. diketahui, ia telah tampil di empat edisi Piala Dunia, yakni 1994, 1998, 2022, dan 2010.

Baca Juga

3. Aliou Cisse (Senegal)

Aliou Cisse merupakan pelatih Senegal untuk Piala Dunia 2022. Ia sendiri telah ditunjuk sebagai pelatih sejak 2015 hingga saat ini.

Di tangannya, Senegal mengalami kebangkitan di kancah sepak bola, salah satunya dengan berhasil menjuarai Piala Afrika 2021.

Kini, Aliou Cisse juga akan membawa Senegal melangkah jauh di Piala Dunia 2022. Ia pun tak hanya akan membawa pengalamannya melatih, melainkan juga semasa masih aktif bermain.

Diketahui, Aliou Cisse dulunya pernah bermain di Paris Saint-Germain. Bahkan ia pernah tampil di Piala Dunia 2002 sebagai kapten Senegal.


2. Pelatih Juara

Hansi Flick, pelatih Bayern Munchen

4. Lionel Scaloni (Argentina)

Lionel Scaloni merupakan pelatih Argentina di Piala Dunia 2022. Ia sendiri telah ditunjuk sebagai pelatih La Albiceleste sejak 2018 silam.

Di tangannya, Argentina mampu bangkit dan berhasil meraih gelar Copa America 2021 silam, yang menjadi gelar pertama La Albiceleste sejak bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga

Di Piala Dunia 2022 ini, Scaloni akan mencoba peruntungannya membawa negaranya itu berprestasi. Salah satunya dengan pengalamannya semasa bermain.

Scaloni diketahui dulunya merupakan mantan pemain Lazio, West Ham United, dan Atalanta. Ia juga pernah masuk skuad Argentina di Piala Dunia 2006.

5. Hansi Flick (Jerman)

Hansi Flick merupakan pelatih Jerman untuk Piala Dunia 2022. Ia ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Joachim Loew yang mundur pasca Euro 2020 lalu.

Hansi Flick ditunjuk karena kiprahnya sebagai pelatih, di mana ia mampu membawa Bayern Munchen meraih enam gelar juara dalam tempo satu tahun saja.

Baca Juga

Karenanya, federasi sepak bola Jerman (DFB) mempercayakan tampuk kepelatihan kepadanya. Apalagi ia punya pengalaman membawa Der Panzer menjuarai Piala Dunia 2014 kala masih berstatus asisten.

Selain itu, Hansi Flick juga punya pengalaman saat bermain. Meski hanya membela Jerman di kelompok umur, ia pernah berkarier di Bayern Munchen dan FC Koln.

KamerunArgentinaJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Gareth SouthgateSenegalTimnas InggrisRigobert songAliou CisseLionel ScaloniHans-Dieter FlickOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini