x

Union Berlin: Tim Modal 'Keberuntungan' yang Kangkangi Bayern Munchen di Liga Jerman

Kamis, 20 Oktober 2022 19:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Union Berlin di laga kontra Borussia Dortmund (16/10/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM – Musim 2022/23 penuh kejutan, terutama di Liga Jerman (Bundesliga). Salah satunya adalah kiprah Union Berlin yang mengangkangi Bayern Munchen.

Jika menyebut nama Liga Jerman atau Bundesliga, semua penikmat sepak bola tentu sepakat Bayern Munchen adalah rajanya.

Baca Juga

Jika Bayern Munchen tengah melempem, maka masih ada nama rival abadinya, Borussia Dortmund, yang menjadi raja pengganti Bundesliga.

Namun di Bundesliga Jerman 2022/23 ini, Bayern Munchen dan Dortmund sama-sama tak berada di puncak. Justru tim bernama Union Berlin yang tengah menduduki singgasana di klasemen sementara.

Union Berlin mampu menduduki puncak klasemen sementara Bundesliga Jerman 2022/23 setelah meraih 23 poin dari 10 pertandingan yang ada.

Baca Juga

Torehan ini membuat tim berjuluk Die Eisernen ini unggul empat poin atas juara musim lalu, Bayern Munchen yang duduk di peringkat kedua dengan 19 poin dari 10 laga.

Union Berlin mampu menduduki puncak klasemen Bundesliga 2022/23 ini usai meraih tujuh kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan saja.

Bahkan di laga terakhinya di Bundesliga, Union Berlin secara mengejutkan mampu menaklukkan Dortmund dengan skor 2-0.

Baca Juga

Banyak yang meyakini Union Berlin mampu menampilkan permainan apik sehingga bisa mengangkangi tim sekelas Bayern Munchen di klasemen dan mengalahkan Dortmund.

Namun siapa sangka, kiprah apik Union Berlin ini ternyata bisa dikatakan keberuntungan semata. Kok bisa? Apa yang membuat tim promosi Bundesliga pada 2019 tersebut dikatakan beruntung?


1. Beruntung di Mata Statistik

Para pemain Union Berlin pasca laga kontra Borussia Dortmund (16/10/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

Bagi masyarakat awam, tim yang bisa memuncaki klasemen adalah tim yang tampil apik sepanjang musim. Jika memakai pernyataan tersebut, maka Union Berlin adalah tim terbaik di Bundesliga saat ini.

Namun statistik dan angka tak menjabarkan betul bagaimana apiknya performa Union Berlin. Oleh karenanya, Die Eisernen disebut tim penuh keberuntungan.

Statistik pertama adalah soal Expected Goals (xG) yang dibuat Union Berlin. Sebagai informasi, xG adalah statistik untuk membuktikan pemain atau tim memiliki peluang untuk mencetak gol.

Baca Juga

Dilansir dari laman Understat, Union Berlin berada di peringkat terakhir soal xG, dengan membuat 9,19 xG dari 18 gol yang telah dibuat. Dengan kata lain, tim ini Overperformed sebanyak 8,81 xG.

Dalam urusan membuat peluang besar atau Big Chances, Union Berlin berada di urutan terakhir dengan hanya membuat 9 Big Chances saja dalam 10 laga.

Di samping itu, Union Berlin juga bukanlah tim yang benar-benar dominan di Bundesliga 2022/23, meski berstatus pemuncak klasemen sementara.

Sebab dalam statistik penguasaan bola yang dilansir dari FBRef, Union Berlin berada di urutan terakhir soal penguasaan bola.

Baca Juga

Dalam 10 pertandingan yang dilakoni, Union Berlin rata-rata melakukan penguasaan bola sebanyak 41,1 persen. Catatan ini kalah dari Bochum yang berada di dasar klasemen dengan rata-rata penguasaan bola sebesar 45,9 persen.

Bahkan dalam urusan bertahan, Union Berlin punya catatan paling rendah, yakni dengan PPDA (Passes per Defensive Action) mencapai 15,4 PPDA per laga yang membuktikan bahwa tim ini tak punya intensitas tinggi dalam bertahan.

Dengan statistik yang seharusnya membuat Union Berlin berada di dasar klasemen Bundesliga 2022/23, mengapa tim ini justru bisa menguasai puncak klasemen sementara?


2. Efisien

Penyerang Union Berlin, Sheraldo Becker. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

Gaya permainan yang efisien menjadi jawaban akan tak masuk akalnya statistik Union Berlin dengan pencapaiannya yang berada di puncak klasemen Bundesliga musim ini.

Gaya permainan efisien Union Berlin ini terlihat dari banyaknya daya jelajah yang ditunjukkan oleh anak asuh Urs Fischer tersebut.

Diketahui, Union Berlin menjadi tim yang paling banyak menguasai lapangan, dengan jarak tempuh sebanyak 1192,8 km dari 10 laga.

Baca Juga

Catatan ini membuktikan bahwa Urs Fischer ingin para pemainnya menutup ruang lawan, meski tak banyak melakukan Pressing ketat ke lawan.

Soal mencetak gol, Union Berlin yang punya xG rendah wajib berterima kasih kepada penyerang utamanya, Sheraldo Becker.

Penyerang berusia 27 tahun ini mampu mencetak enam gol di Bundesliga Jerman 2022/23, yang membuatnya masuk daftar jajaran top skor.

Baca Juga

Sheraldo Becker bisa dikatakan sebagai juru selamat Union Berlin. Pasalnya, enam gol itu hanya ia cetak dari 1,51 xG saja, alias dirinya Overperformed sebanyak 4,49 xG.

Ketajaman Sheraldo Becker lah yang membuat Union Berlin mampu mencuri gol dari peluang sekecil apapun, sehingga bisa meraih kemenangan.

Belum lagi dengan pertahanan solid Union Berlin yang berada di atas rata-rata, dengan berada di urutan kedua soal tekel sukses dan urutan ke-6 soal Pressing sukses dari 18 tim yang ada.

Bundesliga JermanBayern MunchenBorussia DortmundIn Depth SportsUnion BerlinLiga JermanOne Football

Berita Terkini