x

Komentar Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-20 Gabung Grup A di Piala Asia U-20 2023

Kamis, 27 Oktober 2022 16:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - AFC telah melakukan drawing untuk Piala Asia U-20 2023 pada Rabu (26/10/22) kemarin, di mana Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong tergabung di Grup A.

Di Grup A Piala Asia U-20 2023 mendatang, Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi tuan rumah Uzbekistan, Suriah dan Irak. Ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 1-18 Maret 2023.

Baca Juga

Turnamen itu juga jadi babak kualifikasi untuk Piala Dunia U-20, dimana empat semifinalis akan lolos ke babak utama yang berlangsung Juni 2023 di Indonesia.

Timnas Indonesia menempati pot 2 dalam drawing Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda Nusantara berada di pot 2 drawing karena menembus babak perempat final Piala Asia U-20 edisi terakhir atau 2018.

Baca Juga

Dengan menempati pot 2 Skuat Garuda Asia terhindar bertemu dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Tajikistan, dan Australia.

Baca Juga

Menyoal hasil drawing tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menegaskan pasukannya punya peluang lolos dari babak penyisihan grup. Jadi, dia akan berusaha mempersiapkan tim dengan baik untuk mewujutkan target tersebut.

"Kita bertemu dengan tuan rumah Uzbekistan, Iran dan Suriah. Kalau kami persiapkan dengan baik pasti kami lolos ke babak selanjutnya. Dan saya yakin itu," kata pelatih 52 tahun itu. 


1. Timnas Indonesia Sedang Jalani TC di Eropa

Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs Cakallikli Spor di Turki.

Timnas Indonesia U-20 melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2023 setelah menjadi juara Grup F pada Kualifikasi Piala Asia U-20 di Surabaya, September lalu. Dari tiga laga yang dijalani, tim Merah Putih sukses mengalahkan Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong.

Untuk persiapan ke Piala Asia U-20 2023, Timnas U-20 saat ini menjalani pemusatan latihan di Eropa. Marselino Ferdinan dkk sudah lebih dari sepekan berada di Turki dan nantinya lanjut ke Spanyol.

Baca Juga

Selama di Turki, tim asuhan Shin Tae-yong telah jalani dua kali uji coba. Skuad Garuda Nusantara menang 2-1 atas klub lokal, Cakallikli Spor dan kalah 1-2 dari Turki U-20.

Selain Turki U-20 dan Cakallikli Spor, calon lawan lainnya adalah Timnas Moldova U-20, dan serta satu klub lokal lainnya.

Baca Juga

Pada laga berikutnya, Timnas U-20 akan melawan Moldova pada 1 dan 4 November 2022. Laga tersebut rencananya disiarkan langsung oleh televisi nasional. 

Ada 34 pemain yang dibawa Shin Tae-yong selama TC di Eropa. Nantinya ada satu nama tambahan yang sudah menyusul yakni kiper Cahya Supriadi.

Dari dua laga uji coba tersebut, Shin Tae-yong menilai masih banyak kekurangan dari pemain Timnas U-20. Lini depan kurang tajam dan juga transisi bertahan yang masih kecolongan saat lawan Turki U-20.

Baca Juga

Saat menang atas Cakallikli Spor, juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan Ronaldo Kwateh dkk, kurang maksimal dalam melakukan pressing dan masih sering kehilangan bola.

Secara keseluruhan, pelatih 52 tahun itu melihat ada perkembangan signifikan yang ditunjukan para pemain. Fokus latihan selama satu pekan terakhir adalah meningkatkan kekuatan fisik dan skill dasar olah bola.

UzbekistanSuriahIrakTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini