x

Susul Barcelona dan Atletico, 3 Tim Top Liga Champions yang Berpotensi Turun Kasta ke Liga Europa

Kamis, 27 Oktober 2022 09:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Perebutan bola pemain Barcelona dengan pemain Bayern Munchen di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Berikut tiga tim top Liga Champions 2022/23 yang berpotensi menyusul Barcelona dan Atletico Madrid turun kasta ke Liga Europa.

Liga Champions 2022/23 telah menjalani Matchday ke-5, di mana pada tahap ini, beberapa tim top harus merasakan turun kasta ke Liga Europa.

Baca Juga

Terbaru adalah Barcelona. Klub asal Catalan ini harus mengucapkan selamat tinggal ke Liga Champions karena dipastikan degradasi ke Liga Europa 2022/23.

Kepastian Barcelona turun kasta ke Liga Europa 2022/23 didapatkan setelah takluk dari Bayern Munchen di Matchday ke-5 Liga Champions 2022/23, Kamis (27/10/22).

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou itu, Barcelona sudah tertinggal dua gol dalam tempo 31 menit dari Bayern Munchen lewat gol Sadio Mane dan Eric Maxim Choupo-Moting.

Baca Juga

Barcelona pun sempat berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu. Namun menjelang pertandingan usa, Bayern Munchen menambah golnya lewat Benjamin Pavard.

Apalagi di sisi lain, pesaingnya, Inter Milan, berhasil membungkam Viktoria Plzen dengan skor 4-0. Alhasil, Barcelona pun harus rela turun kasta ke Liga Europa 2022/23.

Raihan ini pun seakan mengulangi pencapaian Barcelona musim lalu, di mana tim arahan Xavi Hernandez ini harus melakoni babak Playoff 16 besar Liga Europa usai turun kasta dari Liga Champions.

Baca Juga

Barcelona nyatanya tak sendiri. Rivalnya di Liga Spanyol, Atletico Madrid, juga harus turun kasta ke Liga Europa usai bermain imbang 2-2 melawan Bayer Leverkusen, Kamis (27/10/22).

Mengingat babak grup Liga Champions 2022/23 masih menyisakan satu laga, ada tiga tim top yang berpotensi menyusul Barcelona dan Atletico Madrid turun kasta ke Liga Europa. Siapa saja mereka?


1. Banyak Duel Penentuan

Selebrasi gol pemain AC Milan, Rafael Leao usai cetak gol di Liga Champions.

1. Tottenham Hotspur (Grup D)

Finalis Liga Champions 2019, Tottenham Hotspur, juga tengah dag dig dug usai bermain imbang 1-1 dengan Sporting CP di Matchday ke-5 Liga Champions 2022/23, Kamis (27/10/22).

Pasalnya, hasil imbang ini membuat persaingan grup D untuk merebut tiket 16 besar masih terbuka lebar hingga laga terakhir atau Matchday ke-6.

Tottenham sendiri masih duduk di puncak dengan delapan poin, unggul satu poin saja dari Sporting CP dan Eintracht Frankfurt di peringkat kedua dan ketiga, serta unggul dua poin dari Marseille.

Baca Juga

Di laga terakhir grup D nanti, Tottenham akan melawat ke Prancis dengan bertandang ke markas tim kuat sekelas Olympique Marseille.

Tottenham yang membutuhkan hasil imbang pun mau tak mau harus terhindar dari kekalahan saat menghadapi Marseille agar tak menyusul Barcelona dan Atletico Madrid ke Liga Europa.

2. AC Milan (Grup E)

Meski mampu meraih kemenangan 4-0 atas Dinamo Zagreb di Matchday ke-5 Liga Champions 2022/23 dan berada di posisi kedua klasemen, posisi AC Milan belum sepenuhnya aman.

Pasalnya, AC Milan baru mengumpulkan tujuh poin, hanya unggul satu poin atas RB Salzburg yang duduk di peringkat ketiga grup E.

Baca Juga

Tak pelak, AC Milan pun harus menentukan nasibnya di Liga Champions pada laga terakhir grup E. Siapa sangka, lawan terakhir Rossoneri di laga terakhir ini adalah RB Salzburg.

Karenanya, AC Milan akan menjalani duel penentuan dengan RB Salzburg untuk merebut tiket ke 16 besar dan tak turun kasta ke Liga Europa.

AC Milan sendiri hanya membutuhkan hasil imbang di laga terakhir grup E ini. Namun, Rossoneri berpotensi turun kasta ke Liga Europa jika RB Salzburg tampil ngotot dan meraih kemenangan.


2. Tim Siluman Asal Jerman

Aksi Timo Werner di laga RB Leipzig vs Real Madrid (26/10/22). (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

3. RB Leipzig (Grup F)

RB Leipzig belum lama ini membuat kejutan dengan memberikan kekalahan ke juara bertahan Liga Champions, Real Madrid.

Meski mampu menang atas Real Madrid di Matchday ke-5, RB Leipzig belum sepenuhnya aman dari ancaman turun kasta ke Liga Europa.

Baca Juga

Pasalnya, RB Leipzig saat ini baru mengoleksi 9 poin dengan selisih gol nol. Poin tersebut masih bisa dikejar oleh tim peringkat ketiga, yakni Shakhtar Donetsk yang mengantongi 6 poin.

Uniknya, di laga terakhir RB Leipzig akan bertemu Shakhtar Donetsk yang otomatis menjadi laga penentuan untuk menyabet tiket ke 16 besar.

Baca Juga

Jika RB Leipzig tumbang dari Shakhtar Donetsk di laga terakhir ini, maka Die Roten Bullen pun harus menerima kenyataan degradasi ke Liga Europa 2022/23.

Atletico MadridBarcelonaLiga ChampionsAC MilanTottenham HotspurRB LeipzigOne Football

Berita Terkini