x

Main di Eropa, 5 Pemain Ini Siap Jadi Tulang Punggung Timnas Jepang di Piala Dunia 2022

Jumat, 28 Oktober 2022 14:21 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Maya Yoshida dalam sesi latihan Timnas Jepang di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Timnas Jepang akan tampil di Piala Dunia 2022 dengan tergabung di grup neraka bersama Spanyol dan Jerman. Berikut 5 pemain yang siap jadi tulang punggung. 

Dibandingkan dengan grup-grup lain, Grup E memang bisa dibilang grup neraka. Pasalnya selain Jerman dan Spanyol, negara seperti Jepang bisa menyulitkan. 

Baca Juga

Berdasarkan hitung-hitungan matematis, Jerman dan Spanyol bakal lolos ke fase berikutnya. Namun 2 kontestan lain tak bisa dipandang sebelah mata. 

Terlebih Jepang yang hampir selalu jadi langganan masuk event bergengsi empat tahunan tersebut.

Hal tersebut bahhkan sudah diungkapkan oleh pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick yang ogah memandang sebelah mata kekuatan Negeri Sakura. 

Baca Juga

Selain fakta Jepang jadi langganan masuk Piala Dunia, Flick menyebut ada faktor lain mengapa Jepang bisa jadi batu sandungan serius bagi timnya. H

al tersebut adalah materi pemain Jepang yang merata di setiap lini. Bahkan, kata Flick para penggawa Negeri Sakura telah menjelajah di banyak Liga top Eropa.

"Jepang adalah tim yang selalu berada di Piala Dunia, mereka memiliki pemain yang bermain di Bundesliga dan di liga Eropa lainnya dan mereka memiliki kualitas," ucap Flick dikutip dari Football Espana

Baca Juga

Pernyataan Flick memang ada benarnya jika kita melihat data Transfermarkt, para pemain di skuat Timnas Jepang saat ini banyak bermain di liga-liga Eropa. 

Lantas siapa saja para pemain Jepang yang bermain di liga-liga Eropa dan siap jadi tulang punggung negaranya di Piala Dunia 2022? Simak 5 pemain berikut ini. 


1. Ada Bek Berpengalaman Eks Southampton

Maya Yoshida, bek tengah Timnas Jepang.

1. Maya Yoshida (Schalke 04)

Maya Yoshida merupakan bek tengah asal Jepang yang punya banyak pengalaman di Eropa sejak 2010 silam. 

Mulai dari VVV Venlo, Southampton, Sampdoria hingga sekarang klub Liga Jerman Schalke, pernah dia bela. 

Baca Juga

Gabung Schalke pada musim panas 2022 kemarin, Yoshida langsung jadi andalan dengan mengantongi 11 penampilan di Liga Jerman musim ini. 

2. Hiroki Ito (VfB Stuttgart)

Masih di posisi bek tengah, ada nama Hiroki Ito yang kini bermain untuk klub Liga Jerman, VfB Stuttgart sejak musim panas 2021 lalu. 

Bek yang baru berusia 23 tahun itu mampu beradaptasi cepat di Liga Jerman. Stuttgart sudah mengandalkannya sebanyak 10 pertandingan Liga Jerman sejauh musim ini. 

Baca Juga

Perlu diketahui, Ito sebelumnya dipinjam Stuttgart pada 2021 yang kemudian dipermanenkan di musim panas 2022 kemarin. Yang berarti, dia memang punya sesuatu spesial dalam dirinya. 

3. Wataru Endo (VfB Stuttgart)

Pemain Jepang satu ini masih pemain Stuttgart bersama rekan senegaranya, Hiroki Ito, dia adalah Wataru Endo. 

Gelandang bertahan berusia 29 tahun ini pertama kali tampil di klub Eropa bersama Sint-Truiden di Belgia. 

Baca Juga

Kini Wataru Endo bukan hanya andalan, tapi juga kapten tim untuk Stuttgart sejak bergabung pada musim panas 2020 kemarin. 

Lawan-lawan Jepang harus waspada, karena Endo siap menjadi palang pintu di depan barisan pertahanan Jepang di Piala Dunia 2022. 


2. Ada Jawara Liga Europa di Timnas Jepang

Daichi Kamada pada laga Final antara Eintracht Frankfurt v Rangers. Foto: REUTERS/Albert Gea

4. Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt)

Bergeser ke posisi gelandang serang, ada nama Daichi Kamada yang sudah menjadi bagian dari skuat Eintracht Frankfurt sejak musim panas 2017. 

Kama sempat dipinjamkan ke Sint-Truiden pada musim 2018/2019, namun setelah kembali dia langsung jadi andalan sebagai playmaker Frankfurt. 

Bermodalkan gelar juara Liga Europa musim 2021/2022, Kamada siap menjadi pengatur serangan untuk Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 mendatang. 

Baca Juga

5. Kaoru Mitoma (Brighton)

Brighton membuat kejutan usai memboyong winger asal Jepang dari klub Belgia, Union SG pada musim panas 2021. Namanya adalah Kaoru Mitoma. 

Kini, Kaoru Mitoma pun menjadi salah satu pemain Jepang yang sedang berkarir di kompetisi terbaik dunia, yakni Liga Inggris. 

Sejauh musim ini, Brighton sudah mengandalkannya sebanyak tujuh pertandingan Liga Inggris. Meski belum sering jadi starter, pengalaman Liga Inggris tentu berharga untuk Timnas Jepang.

JepangPiala Dunia 2022Maya YoshidaDaichi Kamada

Berita Terkini