x

Belum Kenal Shin Tae-yong, Begini Tekad Ivar Jenner untuk Timnas Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 16:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner. (Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pemain blasteran Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, sedang menjalani proses naturalisasi menjadi WNI. Dia telah memutuskan membela timnas Indonesia.

Ivar telah mengikuti sejumlah proses naturalisasi seperti wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN), tes medis hingga berkomunikasi dengan Kedutaan Belanda di Jakarta.

Baca Juga

Gelandang berusia 18 tahun itu merupakan pemain rekomendasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ivar masuk kriteria untuk dibawa ke Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.

Ivar mantap memilih WNI dan membela skuad Garuda karena menganggap sebagian besar dirinya berhubungan erat Indonesia. Dia juga senang dengan banyaknya dukungan yang diterima.

Tak ada keraguan memilih Indonesia, kendati pernah dipanggil memperkuat Belanda U-15, seleksi di U-17 dan U-18. Ivar Jenner bermain di laga uji coba melawan Belgia pada 2019.

Baca Juga

Ivar mengakui belum mengenal Shin Tae-yong. Tapi, dia sudah bertemu asisten pelatih, Kim Jong-jin, yang notabene analis pertandingan di timnas Indonesia.

"Saya hanya mengenal asistennya. Saya bertemu mereka di Belanda. Mereka mengunjungi saya saat latihan di Belanda. Saya menjalin komunikasi yang singkat dengan mereka dan saya terkesan," kata Ivar Jenner.

Target utama Ivar Jenner membantu timnas Indonesia memenangi trofi. Ia mau membuktikan bahwa pilihan Shin Tae-yong untuk mempercayainya tidak salah.

Baca Juga

"Target besar saya bersama Timnas Indonesia adalah tentu saja untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk pertandingan yang terdekat untuk menunjukkan kemampuan saya kepada masyarakat Indonesia," ujarnya.

"Saya pikir yang terpenting adalah bekerja keras dan menunjukkan ke publik bahwa nantinya akan ada hasil yang baik," imbuh Ivar Jenner.


1. Darah Jember

Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

Ivar Jenner punya darah Indonesia yang mengalir dari sang nenek (pihak ayah) yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Bukan hanya itu, sang kakek juga punya darah Indonesia.

Dia langsung tertarik ketika mendapat tawaran bermain untuk timnas Indonesia apalagi tim U-20 akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

Baca Juga

Awal mula gelandang serang itu tertarik membela timnas Indonesia adalah saat mendapat hadiah jersey skuad Garuda dari sang agen, Fardy Bachdim, yang merupakan kakak dari Irfan Bachdim.

Baca Juga

Ivar Jenner sempat menimba ilmu di klub raksasa Liga Belanda, Ajax Amsterdam, tapi kemudian memutuskan pindah ke tim kota kelahirannya, yakni FC Utrecht.

BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaIvar JennerBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini