x

Dihujat Sana-sini, Segini Biaya Fantastis yang Dihabiskan Qatar untuk Gelar Piala Dunia 2022

Minggu, 30 Oktober 2022 22:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar menghabiskan biaya yang cukup besar untuk bisa menggelar kompetisi sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar menghabiskan biaya yang cukup besar untuk bisa menggelar kompetisi sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, gelaran Piala Dunia 2022 akan datang 27 hari lagi, tepatnya dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

Sebanyak 32 negara dari lima konfederasi akan saling berjibaku demi menjadi raja sepak bola dunia, termasuk tuan rumah Qatar yang juga salah satu wakil konfederasi Asia (AFC).

Pada 2010, Qatar resmi dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mereka memenangkan suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif induk sepak bola dunia (FIFA).

Qatar mengalahkan empat pesaing lainnya. Keempat negara itu adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Baca Juga

Tak hanya memenangkan suara terbanyak, Qatar dianggap bisa jadi tuan rumah karena negara ini memenuhi kriteria FIFA untuk menggelar pesta sepak bola empat tahunan ini.

Negara Timur Tengah ini terkenal sangat kaya dan dinilai punya sumber daya memadai. Terbukti dengan total PDB Qatar yang mencapai USD146,4 miliar pada tahun 2020.

Bukan hanya itu, pemerintah Qatar embuktikan keseriusannya dengan merenovasi delapan stadion untuk venue putaran final Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Lantas, berapa biaya yang dihabiskan Qatar untuk memantaskan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 ini?

Seorang penyiar televisi dari CNBC, Niguel D’Souza, menulis di akun Twitter-nya bahwa Qatar menghabiskan biaya 220 miliar dolar untuk Piala Dunia 2022.


1. Piala Dunia 2022: Qatar Habiskan Biaya 20 Kali Lipat dari Rusia

Qatar menghitung mundur Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed.

Nilai tersebut bahkan hampir 20 kali lebih besar dari tuan rumah Piala Dunia edisi sebelumnya, Rusia, yang hanya menghabiskan 11,6 miliar dolar.

“Qatar telah menghabiskan $220 miliar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. Hampir 20 kali lipat dari tuan rumah terakhir, Rusia $11,6 miliar,” tulis Niguel D’Souza.

Baca Juga

Melansir dari Naira Metrics, sebagian uang tersebut yang dihabiskan termasuk 10 miliar dolar digunakan untuk pembangunan stadion baru.

Sebagian besar dari 220 miliar dolar  juga dihabiskan untuk memperbaiki transportasi dan infrastruktur di luar olahraga.

Kemudian pada tahun 2019, sejumlah besar 36 miliar dolar digunakan untuk membangun jaringan transportasi bawah tanah yang akan digunakan oleh para pendukung selama turnamen.

Negara ini juga menghabiskan 16 miliar dolar untuk mempercantik dan menambah fasilitas Bandara Internasional Hamad untuk mempermudah transportasi.

Baca Juga

Rupanya, ada alasan lain mengapa Qatar mau jor-joran atau menghabiskan biaya besar untuk menggelar Piala Dunia 2022 ini.

Menurut beberapa pejabat yang terlibat dalam perencanaan Piala Dunia, Qatar 2022 jadi bagian dari rencana urbanisasi nasional besar-besaran yang tertuang dalam Nasional Qatar 2030.

Namun demikian, Qatar mendapatkan imej yang agak buruk terkait Hak Asasi Manusia (HAM) dalam proses mereka memantaskan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Baca Juga

Qatar kerap menjadi sorotan karena memperlakukan buruh dan pekerja secara semena-semana sejak proyek Piala Dunia 2022 dimulai.

Tak peduli dengan sorotan itu, Qatar hanya tinggal menunggu hari untuk bisa mensukseskan Piala Dunia pertama di Timur Tengah sehingga berharap dapat keuntungan besar.

Qatar sendiri diketahui tergabung di Grup A Piala Dunia 2022 bersama dengan Ekuador (CONMEBOL), Senegal (CAF), dan Belanda (UEFA).

Sumber: Twitter/Niguel D'Souza, Nairametrics.com

Piala DuniaQatarPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini