x

Graham Potters Membingungkan! Dua Pemain Ini Jadi Sorotan Legenda Arsenal

Senin, 31 Oktober 2022 00:57 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Juni Adi
Aksi Graham Potter di laga Chelsea vs RB Salzburg (15/09/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Legenda Arsenal (Liga Inggris), Ian Wright, mengkritisi keputusan Graham Potter memainkan dua pemain ini saat Chelsea dibantai Brighton & Hove Albion.

Pekan ke-12 Liga Inggris, kejutan berhasil datang dari laga Chelsea vs Brighton & Hove Albion yang berlangsung pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 21.00 WIB, di Amex Stadium.

Kejutan datang karena Chelsea yang tampil diunggulkan justru terbantai oleh mantan anak asuh Graham Potter dengan skor meyakinkan 4-1.

Baca Juga

Jelas itu jadi penampilan terburuk Chelsea, apalagi kekalahan tersebut memutus serangkaian kemenangan beruntun Graham Potter sebagai manajer anyar.

Kekalahan ini juga membuat posisi Chelsea yang semula berada di peringkat 4 klasemen sementara harus tergeser oleh Newcastle United.

Banyak pihak menilai kekalahan Chelsea disebabkan pemilihan strategi yang dilakukan Graham Potter keliru dan salah satu pihak yang menyoroti hal tersebut adalah legenda Arsenal, Ian Wright.

Baca Juga

Dalam strategi Graham Potter menghadapi Brighton & Hove Albion kemarin, Ian Wright menyoroti penempatan dua pemain bintang Chelsea, yakni Christian Pulisic dan Raheem Sterling.

Ian Wright meminta kepada Graham Potter untuk mengembalikan skema full-back yang lebih menekankan pada aspek pertahanan.

Pemilihan Pulisic dan Sterling untuk mengisi posisi tersebut dianggapnya sebagai sebuah kesalahan karena posisi tersebut harunya bisa ditempati oleh Cesar Azpilicueta dan Ben Chilwell.

Baca Juga

Maka dari itu, Ian Wright merasa bingung dengan keputusan Graham Potter yang memainkan Pulisic dan Sterling sebagai full-back padahal kedua pemain tersebut tak memiliki kemampuan defensif yang mumpuni,

"Yah, para wing-back. Kami telah melihat mereka menggunakan berbagai wing-back di musim ini dan ketika Anda melihat bangku cadangan mereka, mereka memiliki Cesar Azpilicueta dan Ben Chilwell," ucap Ian Wright.

"Tetapi mereka memilih memainkan Pulisic dan Sterling dan saya dibuat bingung dengan keputusan itu.


1. Kehadiran Christian Pulisic dan Raheem Sterling Jadi Bencana

Mateo Kovacic (tengah) dan Hakim Ziyech (kiri) berjalan lesu usai Chelsea kalah dari Brighton (29/10/22). (Foto: Reuters/John Sibley)

Lebih lanjut, Ian Wright mengkritisi kehadiran Pulisic dan Sterling sebagai wing-back kala bersua Brighton benar-benar tidak membantu pertahanan.

Terlihat barisan pertahanan yang diisi Trevoh Chalobah, Marc Cucurella, dan Thiago Silva tidak bisa mengantisipasi serangan yang datang dari posisi kedua pemain tersebut.

"Dan ketika Anda melihat apa yang mereka lakukan, dan ketika Anda melihat posisi yang mereka ambil, mereka tidak terlalu menolong Chalobah atau Cucurella atau Thiago Silva," kata Ian melanjutkan.

Baca Juga

"Dan apa yang terjadi adalah mereka (tiga bek tengah) ditarik ke mana-mana. Chalobah naik terlalu jauh, di sana tidak ada perlindungan nyata karena Pulisic tidak kembali dan membantu, atau Sterling tidak kembali dan membantu, dan Brighton (masuk di belakang) sepanjang waktu."

"Semua yang dilakukan Brighton, lihat seberapa jauh Silva harus masuk, sepanjang jalan dengan Trossard, Cucurella bek tengah sisi kiri datang dan kemudian Anda tahu terbuka lebar ruang kosong di belakang."

"Dalam beberapa percobaan, Ruben Loftus-Cheek adalah salah satu yang harus berusaha dan mauk kesana (untuk menambal posisi bek tengah) untuk menyelamatkan situasi."

Baca Juga

"Brighton akan turun ke tengah, melebarkannya, Chalobah masuk dan dikalahkan dengan mudahnya, dan kemudian bam (bola di belakang) setiap saat. Dan ini adalah masalah untuk mereka," ujar Ian Wright.

Ian Wrigh kemudian mengatakan bahwa Chelsea memiliki pilihan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan memasukkan Cesar Azpilicueta dan Ben Chilwell di babak kedua.

Sayangnya keputusan menarik Pulisic dan Sterling sudah terlambat dan Chelsea harus menerima hukumannya dengan kalah 4-1.

Baca Juga

Legenda Arsenal ini menambahkan bahwa Graham Potter tak seharusnya menggunakan strategi untuk menaruh Pulisic dan Sterling sebagai full back di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

"Dan seperti yang saya katakan, mereka memiliki bek sayap di bangku cadangan yang bisa bermain di posisi itu dan mampu memberikan perlindungan lebih."

"Para bek tengah mengalami hari yang buruk hari ini karena mereka diseret ke mana-mana dan mereka memiliki permainan yang buruk."

"Ya. Saya tidak ingin melihat itu kembali," pungkas Wright menambahkan.

Sumber: METRO

ChelseaArsenalRaheem SterlingIan WrightLiga Primer InggrisBrighton & Hove AlbionLiga InggrisChristian PulisicBerita Liga InggrisGraham Potter

Berita Terkini