x

Sulit di Awal Karier, Empat Pemain Ini Bikin Stefano Pioli Langgeng di AC Milan

Selasa, 1 November 2022 16:51 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Stefano Pioli, pelatih AC Milan. Foto: REUTERS/Antonio Bronic

INDOSPORT.COM – Sempat kesulitan di awal karier bersama klub Liga Italia, AC Milan, Stefano Pioli ternyata butuh empat pemain ini sebelum menambah kontrak. Siapa saja?

Pelatih asal Italia, Stefano Pioli baru-baru ini menerima kontrak jangka panjang dari AC Milan hingga 2025 mendatang.

Baca Juga

Melihat kondisi ini, eks pelatih Inter Milan dan Fiorentina ini akan melatih Rossoneri selama lima tahun dengan dinamika yang berbeda.

Memulai karier bersama AC Milan pada 2019, Stefano Pioli mewarisi skuat yang compang-camping hasil bentukan Marco Giampaolo.

Kala itu, AC Milan baru mengontrak Marco Giampaolo usai sang legenda, Gennaro Gattuso memutuskan undur diri.

Baca Juga

Sebelum musim dimulai, AC Milan baru bermasalah dengan sang mantan pemilik, Yonghong Li dan diambil alih oleh Elliott Management.

Untuk memperbaiki tim, Giampaolo pun mendatangkan Franck Kessie, Theo Hernandez, Rafael Leao dan Ismael Bennacer yang kemudian jadi pilar tim asuhan Stefano Pioli.

Namun demikian, hasil buruk dalam tiga bulan membuat eks pelatih Sampdoria ini dipecat pada Oktober 2019 dan digantikan hanya sehari kemudian.

Baca Juga

Selepas Pioli menjadi pelatih AC Milan, tak ada perubahan yang dilakukan Stefano Pioli hingga bursa transfer Januari 2020 dan musim panas 2021.

Berikut empat pemain yang membuat karier Stefano Pioli langgeng di AC Milan, terutama selepas meraih gelar juara Liga Italia musim 2021/2022.


1. Zlatan Ibrahimovic

Sandro Tonali dan Zlatan Ibrahimovic berselebrasi di laga Lazio vs AC Milan (REUTERS/Alberto Lingria)

Tak bisa dipungkiri, nama Zlatan Ibrahimovic adalah pengubah peruntungan tim asuhan Stefano Pioli sejak Januari 2020.

Sebelumnya, Zlatan Ibrahimovic sempat membela tim Major League Soccer, Los Angeles Galaxy dan kemudian habis kontrak pada Desember 2019.

Baca Juga

Mentalitas pemain kawakan asal Swedia inilah yang memengaruhi tim AC Milan, yang dimulai pada laga Januari 2020 dengan satu gol dalam pertandingan melawan Cagliari.

Selepas meraih juara di periode pertama bersama Rossoneri, Ibrahimovic baru meraih penampilan ke-100 nya pada peroode kedua dalam laga melawan Parma pada Juli 2020.

Kini, di tengah cedera lutut yang mendera, pemain 41 tahun ini masih memiliki kontrak bersama AC Milan hingga musim panas 2023 mendatang.

Olivier Giroud

Baca Juga

Selain Zlatan Ibrahimovic, taktik Stefano Pioli dipengaruhi oleh kedatangan Olivier Giroud yang menjadi penyerang andalan.

Giroud sendiri datang dari Chelsea pada Juli 2021 dan langsung nyetel di pertandingan Agustus 2021 melawan Cagliari dengan satu gol.

Ketajaman Olivier Giroud pun terus berlanjut dengan mencetak beberapa gol penting, seperti pertandingan Maret 2022 melawan Napoli yang membuat AC Milan memuncaki klasemen Liga Italia.

Baca Juga

Puncaknya, Giroud mampu mencetak dua gol langsung dalam laga penutup musim Liga Italia 2021/2022 yang memastikan gelar juara melawan Sassuolo.

Lantaran mulai tergerus karena usia yang menua, Giroud yang tadinya tak memiliki pelapis kini kerap digantikan oleh pemain baru AC Milan, Divock Origi di lini depan.


2. Mike Maignan

Kiper AC Milan Mike Maignan pada laga saat melawan Inter Milan. (05/02/22). FOTO REUTERS/Daniele Mascolo

Datang ke AC Milan pada bulan Mei 2021, kiper timnas Prancis, Mike Maignan menjadi salah satu pemain krusial bagi skuat Stefano Pioli.

Mike Maignan sendiri dibeli oleg Rossoneri dengan lima tahun kontrak menggantikan Gianluigi Donnarumma yang hengkang ke Paris Saint-Germain.

Baca Juga

Meskipun demikian, Mike Maignan sempat menjadi korban dari kata-kata rasis ketika membela AC Milan melawan Juventus.

Kendati demikian, kiper berusia 27 tahun ini beberapa kali terkena cedera yang membuat AC Milan sedikit tersendat.

Salah satunya, pada musim 2022/2023, Mike Maignan terkena cedera yang membuat tim asuhan Stefano Pioli kesulitan memuncaki klasemen Liga Italia.

Sandro Tonali

Baca Juga

Sandro Tonali menjadi salah satu gelandang bertahan yang kemudian menjadi pusat permainan AC Milan.

Didatangkan dengan status pinjaman dari tim Serie B, Brescia dengan kompensasi pembelian semusim berikutnya.

Namun demikian, Tonali mampu membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi pemain hebat karena meraih 25 penampilan dalam semusim dan membuat AC Milan, serta Stefano Pioli terpesona.

Baca Juga

Kontrak jangka panjang selama lima tahun kemudian diajukan AC Milan kepada Sandro Tonali, sehingga sang gelandang masih bertahan di klub sehingga saat ini.

Sandro Tonali sendiri kini berubah menjadi pemain AC Milan yang lebih lengkap di bawah asuhan Stefano Pioli dengan kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya.

AC MilanZlatan IbrahimovicOlivier GiroudStefano PioliLiga ItaliaSandro TonaliBerita Liga ItaliaMike Maignan

Berita Terkini