x

Persib Bandung Batal Sparring Lawan Dortmund, Marc Klok: Mungkin Kita yang Ke Sana

Rabu, 2 November 2022 16:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang Klub Liga 1 Persib Bandung, Marc Klok, tidak mempermasalahkan keputusan batalnya Trofeo bersama Borussia Dortmund.

INDOSPORT.COM - Gelandang Klub Liga 1 Persib Bandung, Marc Klok, tidak mempermasalahkan keputusan batalnya Trofeo bersama Borussia Dortmund dan Persebaya Surabaya.

Menurut Klok, sebagai pemain dia hanya mengikuti program atau agenda yang sudah disiapkan. Sehingga, jika Trofeo tersebut jadi digelar, gelandang naturalisasi ini tentu menyambut baik dan senang.

Baca Juga

Namun, jika pertandingan tersebut tidak jadi digelar, maka sebagi pemain Marc Klok tidak mempersoalkan dan tetap fokus melanjutkan program yang sudah disiapkan oleh tim pelatih Persib.

Sebagai informasi, pada November 2022 ini selagi Piala Dunia 2022 digelar, Dortmund berencana untuk membawa para pemainnya yang tidak terbang ke Qatar berkunjung ke Asia Tenggara.

Selain untuk melakukan jumpa fans dari wilayah ASEAN, Dortmund juga berniat menjaga kebugaran penggawanya dengan cara yang lebih menyenangkan.

Baca Juga

Bersama Singapura dan juga Vietnam, Indonesia sebenarnya jadi negara yang beruntung karena dipilih Dortmund untuk disambangi.

Pertandingan trofeo yang mempertemukan Persib Bandung dengan Borussia Dortmund dan Persebaya Surabaya tersebut dijadwalkan bakal berlangsung pada akhir November 2022.

Selain itu, Stadion yang rencananya digunakan untuk menggelar pertandingan Trofeo tersebut yakni Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Sayangnya rencana tersebut harus batal karena saat ini pemerintah lokal tengah meniadakan pertandingan sepak bola di stadion sebagai bentuk antisipasi terulangnya tragedi Kanjuruhan pada Oktober lalu.

Baca Juga

Insiden yang bertempat di Malang, Jawa Timur, tersebut menewaskan lebih dari 130 jiwa dan hingga kini masih terasa dukanya dalam benak publik Indonesia.

"Saya tidak tahu, itu bukan keputusan saya. Jika mereka datang, tentu saja kami merasa senang. Tetapi jika mereka yang tidak datang, itu tidak masalah," kata Marc Klok.


1. Persib yang Ke Sana

Gelandang Persib, Marc Klok.

Marc Klok juga berkelakar, jika Dortmund tidak bisa datang ke Indonesia, maka ada baiknya tim Persib yang menemui mereka untuk bertanding.

"Mungkin kita bisa pergi ke sana, sepertinya itu bagus," ucap Marc Klok sambil tertawa.

Baca Juga

Sementara itu, sebelumnya pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, sudah memberikan tanggapan mengenai batalnya Trofeo bersama Borussia Dortmund dan Persebaya Surabaya.

Menurut Yaya, pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai batalnya pertandingan tersebut dari manajemen Persib. Selain itu, dia juga tidak mempermasalahkan keputusan terkait Trofeo.

"Iya, itu berita terakhir yang kita dengar dari manajemen tidak jadi," kata Yaya saat ditemui setelah tim Persib berlatih di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (01/11/22).

Baca Juga

Agenda bersama Borussia Dortmund tersebut menurut Yaya, sebenarnya sudah direncanakan cukup lama, bahkan pelatih Luis Milla sempat keberatan dengan agenda tersebut.

Pasalnya, saat itu agenda Trofeo berdekatan dengan jadwal pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023. Namun, saat ini kondisi berubah, lantaran kompetisi dihentikan sementara usai tragedi di Stadion Kanjuruhan.

"Timing sebetulnya, waktu kita punya schedule, coach Milla sudah pernah membahas itu kemudian durasi yang dimainkan coach Milla sedikit keberatan karena berdekatan dengan jadwal kompetisi," ungkap Yaya.

Baca Juga

"Tapi itu kan waktu itu ya, sekarang berubah kondisinya jadi akhirnya kita belum tahu," jelas Yaya.

Saat ini tim Persib Bandung yang diperkuat Marc Klok masih terus menjalankan latihan walaupun kepastian kelanjutan kompetisi Liga 1 2022/23 belum juga menemui titik terang.

Persebaya SurabayaPersib BandungLiga IndonesiaLiga 1Marc KlokBerita Liga 1

Berita Terkini