x

Liga 1: Bek Bali United Ini Operasi Lagi, Ternyata Sudah Lama Rasakan Sakit

Kamis, 3 November 2022 15:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Bek klub Liga 1 Bali United, I Made Andhika Wijaya, baru saja menjalani operasi cedera pada bagian pergelangan kaki kanan.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari bek klub Liga 1 Bali United, I Made Andhika Wijaya. Jebolan Bali United U-21 baru saja menjalani operasi cedera pada bagian pergelangan kaki kanan.

Andhika Wijaya termasuk pemain yang konsisten menjadi bagian dari tim inti Bali United. Pada era Stefano Cugurra Teco, Andhika menjadi salah satu andalan di sektor bek kanan.

Baca Juga

Liga 1 2021/2022 menjadi salah satu performa terbaik Andhika di Bali United. Pemain kelahiran 12 Juli 1996 ini tampil 30 kali dari total 34 pertandingan pada musim itu.

Catatan itu jauh melesat ketimbang statistik di Liga 1 2019 di mana Andhika hanya tampil dalam 16 pertandingan. Pos bek kanan dia tempati bergantian dengan Dias Angga Putra.

Namun, tak banyak yang tahu jika dalam tiga tahun ini Andhika mengalami cedera. Ia kerap merasakan sakit ketika berlari maupun menendang bola.

Baca Juga

Ternyata, cedera pergelangan kaki atau engkel pada kaki kanan menjadi masalahnya. Ada tulang tumbuh yang membuat Andhika mengambil keputusan untuk operasi pada tahun ini.

"Kata dokter tim ini jalan yang terbaik, karena kalau tidak operasi pasti akan kembali kambuh lagi," kata Andhika, Rabu (02/11/22).

Cedera ini dirasakan Andhika pada Piala Presiden 2019 lalu. Namun setelah itu, Andhika sempat tak merasakan sakit hingga keputusan operasi tak diambil.

Baca Juga

Namun, rasa sakit pada tahun ini sudah tak tertahankan lagi. Andhika merasa masalah pada pergelangan kaki kanan sudah mengganggu performanya saat latihan maupun bertanding.

"Baru kembali terasa saat ini yang disebabkan tumbuhnya tulang baru di bagian pergelangan kaki kanan atau ankle bagian depan. Setiap lari atau menendang pasti sakit, jadi harus dioperasi untuk membersihkan tulang tersebut," jelas Andhika.


1. Tiga Kali Operasi

Bek klub Liga 1 Bali United, I Made Andhika Wijaya (kanan) baru saja menjalani operasi cedera pada bagian pergelangan kaki kanan.

Operasi sudah dijalankan pada Sabtu (29/10/22) lalu. Ini menjadi momen ketiga dalam semusim pemain Bali United melakukan operasi.

Sebelumnya, I Kadek Agung Widnyana operasi karena ada masalah di ligamen. Lalu, giliran Muhammad Sidik Saimima yang operasi pada bagian meniscus.

Baca Juga

Dokter tim Bali United, dr. Ganda Putra menjelaskan mengapa pertumbuhan tulang di bagian pergelangan kaki kanan membuat Andhika kerap kesakitan.

"Andika ada sedikit masalah di bagian tulang ankle depannya. Ada penumbuhan tulang sehingga terjadi tabrakan atau gesekan antar tulang yang menyebabkan nyeri di daerah itu," ungkap dr. Ganda Putra.

"Dilakukan operasi dengan tujuan memperbaiki tulang-tulang tersebut yang nantinya tidak akan terjadi lagi gesekan antar tulang di daerah ankle-nya tersebut," lanjutnya.

Baca Juga

dr. Ganda Putra optimis bahwa tindakan operasi ini bisa membuat cedera Andhika sembuh. Putra mantan pemain Timnas Indonesia, I Made Pasek Wijaya, bisa kembali meraih prestasi bersama Bali United.

"Untuk dia sembuh, kita butuh enam hingga delapan pekan. Memang cedera ini sudah dia alami sejak 2019, jadi menurut kami lebih baik dilakukan operasi agar kedepannya tidak kambuh lagi dan Andhika bisa kembali ke top perform lagi," jelas dr. Ganda Putra.

Kompetisi Liga 1 2022/23 yang statusnya sedang dihentikan sementara membuat Andhika Wijaya bisa fokus memulihkan kebugarannya.

Baca Juga

Namun, Andhika lebih senang ketika kompetisi segera jalan lagi. Saat ini, kompetisi sudah terhenti lebih dari satu bulan. Padahal, Bali United terus melakukan latihan.

"Harapan saya kedepannya Liga 1 bisa bergulir dengan cepat dan saya bisa kembali bermain lagi membantu tim," harap pemain Bali United, Andhika Wijaya.

Bali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1I Made Andhika Wijaya

Berita Terkini