x

Ngeri! Cuaca Ekstrem Disertai Petir buat Persib Batal Latihan Jelang Liga 1 Bergulir

Kamis, 3 November 2022 18:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Agenda latihan Persib Bandung jelang Liga 1 Indonesia 2022/23 pada Rabu (02/11/22), terpaksa batal terlaksana lantaran kondisi cuaca hujan yang ekstrem.

INDOSPORT.COM - Agenda latihan Persib Bandung jelang Liga 1 Indonesia 2022/23 di Stadion Siliwangi pada Rabu (02/11/22), terpaksa batal terlaksana lantaran kondisi cuaca yang hujan deras disertai petir.

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, tim pelatih sudah mempersiapkan program bagi skuad Maung Bandung di pekan ini, di antaranya berlatih di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Baca Juga

Sebagai informasi, Stadion bersejarah di Kota Bandung tersebut baru saja direnovasi dan saat ini lapangannya menggunakan rumput sintetis.

"Memang rencananya dalam satu minggu sebelumnya kita sudah punya schedule, kita latihan Senin, Selasa, Rabu, Kamis itu kita free, Jumat, Sabtu kita latihan lagi. Dan rencananya, di hari Rabu ini kita latihan jam 2 di Stadion Siliwangi," kata Yaya Sunarya.

Baca Juga

Yaya menambahkan, tim Persib sudah tiba di Stadion Siliwangi dan siap untuk menggelar latihan, tetapi hujan deras disertai petir membuat tim pelatih memutuskan untuk membatalkan sesi latihan tersebut demi keselamatan.

Pasalnya, jika dipaksakan tetap berlatih di tengah guyuran hujan deras disertai petir, dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Tetapi karena kondisinya hujan deras dan tidak berhenti. Kemudian kita sudah melakukan persiapan sebelumnya seperti biasa," ungkap Yaya. 

Baca Juga

"Tetapi mendekati pas kita mau latihan, di samping kita hujan deras tetapi disertai dengan petir. Dan buat kita, keselamatan itu lebih penting dari apapun," jelas Yaya.

Sebelumnya, Persib menggunakan Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, sebagai tempat latihan setelah aktivitas tim diliburkan sekitar dua pekan.


1. Persib Jaga Kondisi Pemain

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya.

Yaya menuturkan, ada beberapa alasan yang membuat tim pelatih mengagendakan latihan di Stadion Siliwangi, diantaranya agar pemain lebih fresh.

Pasalnya, di tengah belum adanya kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, tim pelatih harus bisa menjaga motivasi pemain.

Baca Juga

"Ada beberapa hal yang ingin kita buat ke pemain dengan melakukan refresh. Rencananya kan dalam satu minggu ini kita lakukan di Sidolig (Stadion Persib) terus," ujarnya.

"Kecuali di hari Sabtu, karena akan (latihan) gim rencananya gim internal. Maksudnya supaya memberikan nuansa yang berbeda kepada pemain," kata Yaya.

Selain itu, Persib ingin mencoba lapangan Stadion Siliwangi yang baru saja selesai direnovasi dan saat ini menggunakan rumput sintetis.

Baca Juga

"Kemudian kita ingin mencoba, apa kondisi Stadion Siliwangi yang sudah direnovasi dengan bentuknya yang baru. Jadi lebih ke refresh ke pemain saja, biar enggak boring di Stadion Sidolig itu yang kesatu," ujarnya.

Kemudian, tim Persib ingin menjaga kualitas rumput Stadion Persib, sehingga dalam beberapa kesempatan skuad Maung Bandung menggunakan Stadion lainnya yang ada di Kota Bandung untuk tempat latihan.

"Kemudian yang kedua, yang tidak kalah pentingnya, kita coba maintenance meskipun kita latihan di satu lapangan di Sidolig,"

Baca Juga

"Kan seperti biasa kita selalu menyiram rumput lapangan supaya aliran bola lebih cepat, kemudian kita juga bisa memainkan passing passing dengan lebih cepat, pergerakan pemain tanpa terkendala misalkan seperti itu, itu tujuannya," kata Yaya.

"Tetapi kita coba berusaha memindahkan satu area latihan ke area lainnya. tetapi dampak dari situ, ada tampak kelihatan seperti nampak terinjak-injak, nah itu salah satu alternatif kita juga untuk mencari tempat latihan yang baru," jelasnya.

Sementara itu, selain berlatih skuat Maung Bandung juga mengagendakan pertandingan uji coba pada setiap akhir pekan. Hal itu, bertujuan agar pemain bisa menjaga sentuhan bola dan atmosfer pertandingan.

Sejauh ini, Yaya Sunarya belum bisa memberikan informasi mengenai calon lawan yang akan dihadapi Persib Bandung pada laga uji coba jelang Liga 1. Hanya saja, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan beberapa tim, di antaranya dari Liga 2. 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Yaya SunaryaBerita Liga 1

Berita Terkini