x

Bedah Kualitas Mykhaylo Mudryk, Pemain Berlabel Kaka yang Sedang Ditaksir Arsenal

Sabtu, 5 November 2022 14:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mykhaylo Mudryk, pemain berlabel Ricardo Kaka yang saat ini tengah dikaitkan dengan Arsenal. Foto: REUTERS/Russell Cheyne.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Mykhaylo Mudryk, pemain berlabel Ricardo Kaka yang sedang dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal.

Penampilannya yang impresif dalam beberapa waktu terakhir bersama Shakhtar Donetsk pun berhasil membuat sejumlah klub jatuh hati, termasuk Arsenal.

Baca Juga

Di bursa transfer musim panas lalu, The Gunners nyaris menghabiskan 120 juta poundsterling dan jelang jendela bulan Januari nanti, mereka pun disebut-sebut ingin mendatangkan amunisi baru lagi.

Adalah Mykhaylo Mudryk, yang harus mereka perjuangkan dari Shakhtar Donetsk dengan segala daya upaya. Pasalnya, sang pemain kabarnya juga diminati oleh Manchester City.

Menurut laporan Give Me Sport, Carlo Nicolini selaku deputi direktur Shakhtar Donetsk mengingnkan banderol yang cukup lumayan untuk melepas salah satu aset berharganya tersebut.

Baca Juga

Bahkan, ia tidak ragu-ragu menembak angka yang lebih tinggi dari Antony saat merapat dari Ajax ke Manchester United.

Antony sendiri didatangkan Manchester United dengan harga 86 juta poundsterling (Rp1,54 triliun). Dengan demikian, baik Arsenal maupun Manchester City harus merogoh kocek lebih dalam jika menginginkan Mykhaylo Mudryk.

Masih dalam laporan yang sama, Arsenal disebut-sebut telah melakukan kontak dengan perwakilan sang pemain pada musim panas lalu.

Baca Juga

Hanya saja, mereka belum membuka komunikasi lebih lanjut dan lebih serius dengan Shakhtar Donetsk selaku klub pemiliknya.

Lantas, siapa sebenarnya Mykhaylo Mudryk, pemain berlabel legenda AC Milan, Ricardo Kaka, ini? Berikut ulasan singkatnya.


1. Siapa Mykhaylo Mudryk?

Mykhaylo Mudryk, pemain berlabel Ricardo Kaka yang saat ini tengah dikaitkan dengan Arsenal. Foto: REUTERS/Russell Cheyne.

Mykhaylo Petrovych Mudryk, lahir di Krasnohrad, Ukraina, pada tanggal 5 Januari 2001. Usianya kini 21 menuju 22 tahun.

Ia mulai membina karier sepak bolanya dari level junior pada 2010, bergabung Metalist Kharkiv sebelum menimba lebih banyak ilmu sepak bola di akademi Dnipro Dnipropetrovsk.

Baca Juga

Pada 2016, ia hengkang ke akademi Shakhtar Donetsk dan sejak saat itu mulai menunjukkan prospek serta potensi yang luar biasa sebagai pemain muda.

Dengan bakat yang dimilikinya, Mykhaylo Mudryk beberapa kali disebut sebagai versi muda sejumlah seniornya seperti Neymar dan Kaka, bahkan Luka Modric.

Skill dribelnya yang sangat mulus ditambah kelincahannya saat berhadapan dengan pemain belakang lawan, tidak ayal membuat pemain yang satu ini dijuluku Neymar-nya Ukraina.

Baca Juga

Akan tetapi, dalam sebuah kesempatan, sang pemain lebih memilih disandingkan dengan senior dari negaranya sendiri, Luka Modric.

“Bukan Neymar-nya Ukraina, tapi Modric-nya Ukraina. Kedengarannya lebih bagus,” ucapnya kepada CBS Sports.

Menurutnya, Luka Modric adalah pemain top dan salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Baca Juga

Seperti pemain muda berbakat pada umumnya, skill adalah hal utama yang membuat nama Mykhaylo Mudryk disandingkan dengan para legenda sepak bola seperti Neymar dan Kaka.

Musim ini, ia sudah mencatatkan statistik yang cukup impresif dengan 7 gol dan 7 assist dari 13 laga di semua kompetisi.

 

2. Kualitas Mykhaylo Mudryk

Mykhaylo Mudryk, pemain berlabel Ricardo Kaka yang saat ini tengah dikaitkan dengan Arsenal. Foto: REUTERS/Russell Cheyne.

Tidak ayal, Arsenal akan mendapat tambahan pemain yang luar biasa apabila Mykhaylo Mudryk betul mendarat di London di bursa transfer Januari mendatang.

Termasuk disama-samakan dengan Kaka, Mykhaylo Mudryk adalah pemain yang bisa beroperasi di mana saja di lini depan, namun lebih memilih berada di sayap kiri.

Baca Juga

Ia adalah tipe pemain yang cocok berada di tim yang berorientasi menyerang. Operan-operannya ganas dan dapat dengan mudah membelah pertahanan lawan.

Selain itu, tidak perlu diragukan lagi bahwa ia juga pemain yang mampu mencetak gol atas namanya sendiri.

Tato

Selain skill sepak bola yang bisa membuat Arsenal atau klub lain kesengsem, serta labelnya sebagai the next Neymar, Kaka, maupun Modric, Mykhaylo Mudryk juga punya keunikannya sendiri.

Baca Juga

Ia terlihat memiliki tato di area leher, yang menunjukkan betapa besarnya ketaatan pada agama yang dianutnya.

Mykhaylo Mudryk, pemain Shakhtar Donetsk, dengan tato di lehernya. Foto: REUTERS/Violeta Santos Moura.

“Semua tato saya ada maknanya, tapi yang ‘Only Jesus’ [ukurannya] paling besar dan yang terpenting,” ujarnya seperti pernah diwartakan 90Min.

Kans Arsenal

Sebagai salah satu peminat Mykhaylo Mudryk, Arsenal tentu memiliki peluang besar untuk membawa sang pemain ke Liga Inggris.

Baca Juga

Shakhtar Donetsk sendiri memang sangat menghargai pemainnya ini dengan menolak tawaran 35 juta euro yang sempat mendarat di meja mereka pada awal tahun 2022.

Namun pada dasanya, Arsenal memang harus memikirkan banderol yang lebih tinggi dari Antony-nya Manchester United.

Selain punya skill yang apik, Mykhaylo Mudryk juga memiliki kontrak di Shakhtar Donetsk yang baru akan kedaluwarsa pada Desember 2026.

Bursa TransferArsenalShakhtar DonetskRicardo KakaBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainOne FootballMykhaylo Mudryk

Berita Terkini