x

5 Bintang Gagal Timnas Inggris yang Pamornya Terjun Bebas sebelum Piala Dunia 2022

Minggu, 6 November 2022 22:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jesse Lingard, salah satu pemain Timnas Inggris yang sudah kehilangan pamornya. Foto: Reuters/Craig Brough.

INDOSPORT.COM - Jelang Piala Dunia 2022, Gareth Southgate memang harus jeli dalam menentukan pemain Timnas Inggris yang layak ia bawa ke Qatar.

Dari masa ke masa The Three Lions selalu memiliki segudang pemain dengan nama besar yang juga tergabung dalam klub-klub papan atas Eropa.

Baca Juga

Beberapa di antara mereka seperti Harry Kane (Tottenham Hotspur), Mason Mount (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), mungkin tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat di skuad.

Akan tetapi, ada sejumlah rekan mereka yang layak ketar-ketir, karena posisinya terbilang tidak aman.

Bahkan, Trent-Alexander Arnold saja, yang punya rapor apik dan menjadi andalan di sektor bek kanan Liverpool, tempo hari tidak dilirik Gareth Southgate untuk pertandingan UEFA Nations League.

Baca Juga

Di Piala Dunia 2022 sendiri, Timnas Inggris berada di Grup B bersama Wales, Iran, dan juga Amerika Serikat.

Dengan komposisi lawan yang nampak tidak terlalu berat ini, kans mereka untuk melaju jauh pun terbuka sangat lebar.

Namun tentu saja, Gareth Southgate tidak bisa membawa seluruh anak asuhnya ke Qatar karena satu dan sekian alasan.

Baca Juga

Ada beberapa pemain yang sudah tidak bertaji, kehilangan pamor, lalu ada pula yang tidak berhasil mendapat kepercayaan dari sang manajer.

Akan tetapi, yang lebih mengenaskannya lagi, ada beberapa dari mereka yang harus mengakhiri karier timnasnya lebih cepat sebelum bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022.


1. Alli dan Hudson-Odoi

Dele Alli saat masih di Tottenham Hotspur. Foto: CameraSport via Getty Images.

Nah, kira-kira siapa saja? Berikut lima pemain yang kariernya bersama Timnas Inggris justru terjun bebas jelang Piala Dunia 2022.

Dele Alli

Ikut ambil bagian di Timnas Inggris yang berlaga di Piala Dunia 2018. Memiliki potensi yang lumayan untuk bersinar di skuad Gareth Southgate, pamor Dele Alli justru menurun.

Baca Juga

Bukan hanya itu. Ia juga pelan-pelan kehilangan tempat di Tottenham Hotspur sebelum akhirnya merapat ke Everton, untuk kemudian pergi lagi sebagai pemain pinjaman ke Besiktas.

Namun sebelum angkat kaki ke Everton, Dele Alli sudah terlebih dahulu ‘musnah’ dari Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate.

Kepindahannya dari Tottenham Hotspur menuju klub baru pun tidak mampu menyelamatkan karier serta mengembalikan tiket bermain di skuad The Three Lions.

Baca Juga

Kini, ketika rekan-rekan senegaranya sedang bersiap menuju Piala Dunia 2022, ia sedang terseok-seok bersama Besiktas di Liga Turki.

Callum Hudson-Odoi

Salah satu pemain yang mulai diperhatikan publik setelah berada di bawah asuhan Maurizio Sarri di Chelsea.

Baca Juga

Tidak ayal, banyak yang berharap banyak pada dirinya, untuk jadi bintang masa depan baik The Blues maupun The Three Lions. Akan tetapi, cedera malah menghalangi langkahnya untuk bersinar.

Menit bermainnya mulai menurun saat era Thomas Tuchel, dan jelang Piala Dunia 2022, ia telanjur sulit meraih hati Gareth Southgate mengingat statusnya kini hanya pinjaman di Bayer Leverkusen.


2. Lingard, Butland, Oxlade-Chamberlain

Jesse Lingard, salah satu pemain Timnas Inggris yang sudah kehilangan pamornya. Foto: Reuters/Craig Brough.

Jesse Lingard

Kini beralih ke pemain yang sempat sangat problematik saat bermain untuk Manchester United. Ia bahkan mengalami masalah keluarga yang memengaruhi kinerjanya di lapangan.

Mantan bintang di Piala Dunia 2018 ini pun sempat hengkang ke West Ham United sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga

Di sana, ia berhasil menemukan kembali jati dirinya dan bersinar di skuad The Hammers. Keberhasilan ini pun membuatnya sukses mengamankan satu tempat di Timnas Inggris.

Hanya saja, saat kembali ke Manchester United, Jesse Lingard tidak mampu bertahan lama. Kini di Nottingham Forest, ia juga tidak kunjung mendapat panggilan untuk bermain di Piala Dunia 2022.

Jack Butland

Persaingan di pos kiper, di tim mana pun itu, bisa dibilang susah-susah gampang. Meski punya jumlah pesaing yang lebih sedikit ketimbang posisi lain, memperebutkan posisi nomor satu bukanlah hal yang mudah.

Baca Juga

Mungkin hal inilah yang dirasakan oleh Jack Butland, yang sempat digadang-gadang sebagai penerus Joe Hart di Timnas Inggris.

Karier klubnya yang tidak nampak mentereng pun pada akhirnya membuat penjaga gawang yang satu ini tidak dilirik lagi oleh Timnas Inggris - apalagi dipanggil untuk Piala Dunia 2022.

Alex Oxlade-Chamberlain

Sejatinya gelandang yang cukup mumpuni baik bagi Liverpool maupun Timnas Inggris. Namun sayang, cedera berkepanjangan jadi momok mengerikan dalam karier sepak bolanya.

Baca Juga

Sekarang, jangankan berharap bisa tampil di Piala Dunia 2022, kariernya di level timnas bisa dibilang sudah hampir musnah.

Nampaknya sudah sangat sulit bagi seorang Alex Oxlade-Chamberlain untuk menambah jumlah caps-nya untuk Timnas Inggris saat ini.

Sumber: mirror.co.uk

Alex Oxlade-ChamberlainPiala Dunia 2022Gareth SouthgateJesse LingardJack ButlandDele AlliTimnas InggrisBola InternasionalCallum Hudson-OdoiTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini