x

Liga 1: Persis Solo Siap Bantu Abduh Lestaluhu Balik ke Timnas Indonesia Lagi

Minggu, 6 November 2022 18:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Bek Bali United, Muhammad Abduh Lestaluhu. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Persis Solo puas dengan kinerja  Abduh Lestaluhu selama 11 pekan awal Liga 1 Indonesia 2022-2023. Mereka mematok target membantu sang pemain ke timnas Indonesia lagi.

Abduh merupakan satu-satunya pemain Persis Solo yang selalu tampil dan tak pernah diganti dalam 11 laga di Liga 1. Ia sukses menemukan bentuk permainan terbaik ketika kembali ke kasta tertinggi.

Baca Juga

Abduh bukan cuma disiplin menjaga pertahanan, melainkan juga rajin dalam membantu serangan. Makanya, tak mengherankan bila jebolan SAD Indonesia ini selalu mengawali dan mengakhiri laga di dalam lapangan.

Performa menawan yang ditunjukkan Abduh sejatinya bukan kejutan besar. Saat masih berseragam Tira-Persikabo, dia juga tak tergantikan di pos bek kiri.

Namun, ada hal yang beberapa tahun ini tak dirasakan Abduh lagi, yaitu panggilan dari timnas Indonesia. Padahal, namanya selalu masuk dari usia muda sampai era Simon McMenemy pada 2019.

Makanya, Persis punya niatan besar untuk mengembalikan Abduh ke timnas sekali lagi. Saat ini, sektor kiri Skuat Garuda masih dikunci anak muda asal Blora, Pratama Arhan, yang membela Tokyo Verdy.

Baca Juga

Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menilai Abduh Lestaluhu punya segalanya untuk menjadi bek kiri andalan klub serta timnas Indonesia.

"Abduh dulu merupakan pemain timnas. Kami punya target mengembalikan dia ke timnas lagi. Dia punya kualitas, cerdas, dan punya akurasi umpan yang sangat bagus," kata Rasiman.

Liga 1 sedang berhenti sementara imbas Tragedi Kanjuruhan, namun Persis  tetap berlatih seperti biasa. Laskar Sambernyawa bahkan menjaga atmosfer kompetisi dengan melakukan dua uji coba setiap pekan.

Baca Juga

Pada momen ini, Rasiman memberi sedikit sentuhan agar Abduh Lestaluhu bisa tampil sempurna dan berpotensi dilirik pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Abduh punya semua. Dia cekatan mengambil keputusan dan menguasai aspek taktik. Kami tinggal memoles apa yang sudah dia miliki," jelas Rasiman.


1. Tantangan Konsistensi

Skuat Persis Solo.

Soal catatan Abduh tak pernah diganti dalam 11 laga awal Liga 1 2022-2023, Rasiman menilai pemain asal Maluku itu memang pantas mendapatkannya.

Baik ketika Persis Solo masih dipegang Jacksen Tiago, Rasiman tak punya alasan untuk mengeluarkan Abduh lebih cepat dalam sebuah pertandingan Liga 1.

"Hampir setiap pertandingan dia bermain sangat baik, tidak ada masalah krusial, mulai dari fisik, teknik, taktik. Ketika tampil 11 kali tanpa diganti, ya itu karena memang performanya sangat stabil," papar Rasiman.

Baca Juga

Kini, Abduh punya tantangan baru yang akan membuatnya bekerja lebih keras. Persis Solo bukan saja memiliki Yulius Pamungkas sebagai opsi cadangan. Ada pula Kevin Gomes.

Kevin Gomes sudah dikembalikan Rasiman ke posisi bek kiri setelah sempat menjadi opsi untuk gelandang sayap kiri. Rasiman menilai, dalam beberapa uji coba, dia  bermain cukup bagus.

"Ada beberapa pemain yang bermain di beberapa posisi, seperti Kevin, Gavin Kwan, dan Alfath Fathier. Kemudian, saya meminta mereka untuk memilih satu posisi saja agar bersaing sehat di situ. Kevin memilih posisi bek kiri," tutur Rasiman.

Baca Juga

Pada pekan ini, Kevin Gomes ditampilkan dalam uji coba melawan Raga Putra Menoreh. Sementara Abduh Lestaluhu mentas melawan Borneo FC.

Menurut Rasiman, para pemainnya bisa tampil dengan bagus. Khusus untuk Abduh, dia bisa mematikan sektor sayap Borneo FC yang punya umpan-umpan matang.

Pada pekan depan, Persis Solo akan menjalani agenda uji coba lagi. Ada kabar bahwa tim yang dilawa bukan tim biasa-biasa saja.

Persis SoloTimnas IndonesiaAbduh LestaluhuLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini