x

3 Pemain Persis Solo Kejutkan Pembukaan Turnamen Pramusim IBL di Sritex Arena

Sabtu, 5 November 2022 08:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Winger Persis Solo, Irfan Bachdim saat dibayangi pemain PSIM, Achmad Baasith dalam pertandingan Liga 2 di Stadion Manahan Solo

INDOSPORT.COM - Pemandangan menarik tampak pada pembukaan turnamen pramusim Indonesia Basketball League (IBL) bertajuk Indonesian Cup 2022 di Sritex Arena, Jumat (4/11/22). Ada tiga pilar Persis Solo yang hadir memberti kejutan.

Persis Solo sebenarnya tak punya tim basket. Hal ini berbeda dengan Bali United, RANS, Persib Bandung dan Persita Tangerang yang punya "wakil" di IBL 2023.

Baca Juga

Namun, Persis Solo turut memberi warna pada pembuka Indonesian Cup 2022. Persis Solo menghadirkan Irfan Bachdim, Kevin Gomes dan Gavin Kwan Adsit.

Ketiganya hadir bukan untuk pamer skill bermain sepak bola. Justru Bachdim, Gavin dan Kevin diajak untuk mencoba bermain basket saat jeda laga antara West Bandit Combiphar Solo melawan Prawira Harum Bandung.

Tiga pilar ganteng milik Persis Solo itu mencoba lemparan tiga angka dan free throw. Ternyata, Bachdim, Gavin dan Kevin tak begitu asing dengan bola basket.

Baca Juga

Gestur ketiganya ketika drible maupun shooting layaknya atlet yang terbiasa main basket. Dalam uji coba free throw, mereka bisa menemui sasaran dengan bagus.

Namun, karena tak rutin berlatih basket, ketiganya kesulitan saat mencoba lemparan tiga angka. Lemparan mereka selalu bisa mengenai ring, sayangnya tak bisa berbuah tiga angka.

Meski begitu, aksi ketiganya cukup menghibur ribuan penggemar basket yang memadati Sritex Arena. Tiga wakil Persis Solo ini mendapat applause ketika tampil di hadapan publiknya sendiri.

Baca Juga

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengungkapkan alasan untuk mengundang Persis Solo hadir dalam pembukaan Indonesian Cup 2022.

Menurut Junas, basket lekat dengan unsur sportainment. Dari sisi persaingan, ajang bola basket Tanah Air cukup kompetitif. Namun disisi lain, unsur hiburannya juga sangat terasa.


1. Menghadirkan Hal Berbeda di Basket Indonesia

Junas Miradiarsyah (direktur utama IBL/tengah), Avan Seputra (Satria Muda) dan Jammar Johnson (Dewa United/baju putih) di IBL Cup 2022. (Foto: IBL/Perbasi)

Makanya, setiap ada event, IBL berusaha memberikan hal berbeda. Pada pembukaan Indonesian Cup 2022, IBL menghadirkan atlet dari cabang olahraga lain.

"Mudah-mudahan dengan melibatkan banyak kalangan, seperti influencer, artis dan atlet-atlet dari cabang olahraga lain, bisa lebih memasyarakatkan bola basket ini," kata Junas, Jumat (4/11/22) malam.

Junas melihat kehadiran tiga bintang Persis Solo memberi warna pada pembukaan turnamen ini. Bagi Gavin dan Bachdim, kehadiran di Sritex Arena juga spesial karena mereka bisa menyaksikan Bali United bertanding.

Baca Juga

Ya, sebelum laga West Bandit melawan Prawira, ada partai sengit antara Bali United melawan Bima Perkasa Jogja. Gavin dan Bachdim yang pernah membela Bali United pun bisa melihat mantan klub dari cabor lain.

"Dalam pembukaan ini, kita melibatkan atlet dari Persis Solo, ternyata bisa main basket dan menarik juga, tapi sayangnya mereka tidak bisa sampai akhir karena besoknya mau ada pertandingan. Tadi terlihat sangat menikmati," ucap Junas.

Sayangnya, tiga pilar Persis Solo harus melihat tim yang "dekat" dengan mereka kalah semua. Bali United kalah dari Bima Perkasa 43-46. Kekalahan ini cukup mengejutkan lantaran Bali United lebih diunggulkan untuk menang.

Sementara West Bandit Solo kalah dari Prawira Bandung 57-61. Laga ini sejatinya berjalan menarik. Sayangnya, sempat ada insiden mati lampu yang membuat laga terhenti beberapa menit.

Baca Juga

Dari dua partai lain, Pelita Jaya terlalu tangguh bagi RANS PIK. Andakara Prastawa tampil keren dengan catatan 16 poin, tiga rebound dan empat steal. Lalu, Bumi Borneo Basketball menang 64-54 atas Tangerang Hawks.

Pada hari kedua Indonesian Cup 2022, akan tersaji laga Dewa United Surabaya melawan Elang Pacific Caesar Surabaya.

Kemudian, ada NSH Mountain Gold Timika melawan Satya Wacana Salatiga serta Satria Muda Pertamina Jakarta melawan Amartha Hangtuah Jakarta.

Irfan BachdimIBLPersis SoloGavin Kwan AdsitJunas Miradiarysah

Berita Terkini