x

Kejutan! Persis Solo Gelar Pemusatan Latihan di Markas Juara Liga Malaysia

Senin, 7 November 2022 19:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga 1, Persis Solo, membuat kejutan besar dengan menggelar pemusatan latihan di markas juara Liga Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo, membuat kejutan besar dengan menggelar pemusatan latihan di Malaysia. Ferdinand Sinaga dkk. akan menjalani sesi latihan rutin di markas juara Liga Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

Selama kompetisi Liga 1 2022/2023 terhenti, Persis Solo tak pernah istirahat panjang. Dalam satu pekan, Persis Solo menggelar dua uji coba. Agenda itu tak sekadar ditujukan untuk pemain senior, tetapi juga sosok-sosok yang berprogres di Persis Youth.

Baca Juga

Total ada sepuluh tim yang jadi lawan uji coba. Tujuh tim berasal dari Liga 3, dua tim berasal dari Liga 2 dan satu tim dari sesama kontestan Liga 1. Persis Solo mencatatkan delapan kemenangan dan dua hasil seri.

Persis Solo memang sudah memberi sinyal bahwa akan membuat kejutan pada pekan ini. Ternyata, kejutan yang dimaksud adalah menggelar pemusatan latihan di Johor Bahru.

Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, mengatakan program ini merupakan tahapan serius menuju lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

"Kita akan berada di Johor antara sepuluh sampai sebelas hari. Rombongan berangkat pada Selasa malam," kata Rasiman.

Rasiman menuturkan, program ini sudah disusunnya sejak lama. Berada lebih dari sepekan di negara tetangga akan memberi pengalaman dan suasana yang berbeda bagi skuad Persis Solo.

Baca Juga

"Saya ingin membuat training camp dan uji coba yang cukup baik levelnya, cuma kita akan kesulitan jika membuat itu di Indonesia, karena situasinya tidak akan berubah," jelas Rasiman.

"Jadi, ini lebih untuk refreshing tim, in term of mentality pemain, mengurangi kejenuhan dan dengan evaluasi di sana, kita punya lebih banyak waktu untuk evaluasi," lanjut Rasiman.


1. Pakai Fasilitas Elite Klub JDT

Uji coba Persis Solo melawan Persiba Bantul di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (28/10/22). (Foto: Persis Solo)

Rasiman mengatakan, Persis Solo akan mendapatkan fasilitas latihan yang bagus selama berada di Johor Bahru.

Persis Solo sudah mendapat lampu hijau untuk menggunakan fasilitas latihan milik Johor Darul Takzim. Tim kedua dan ketiga dari juara Liga Malaysia 2022 itu sudah diliburkan.

Baca Juga

Bisa jadi keberadaan Leonardo Medina di Persis Solo membuat Johor Darul Takzim mau menyewakan fasilitasnya. Sebelum jadi pelatih kepala Persis Solo, Leonardo merupakan asisten pelatih JDT.

"Kita menggunakan training ground dari JDT 3 dan 2 yang sudah libur. Di sana ada empat lapangan, stadion latihan, tempat recovery. Semua mereka sediakan untuk kita," papar Rasiman.

Berbeda dengan program di Indonesia, Rasiman mengatakan pada agenda ke Malaysia ini para pemain dari Persis Youth, seperti Arkhan Kaka Putra Purwanto atau Hugo Samir tak akan dilibatkan.

Baca Juga

Rasiman menyebut, pemusatan latihan di Malaysia ini sudah difokuskan untuk Liga 1 2022/2023. Makanya, Para pemain dari Persis Youth tidak akan diajak.

"Kita hanya bawa pemain yang terdaftar karena kita sudah jelang kompetisi. Jadi saya pilih yang pasti registered saja. Untuk pemain youth, saya rasa sudah more than enough untuk memberi kesempatan mereka di senior," ucap Rasiman.

Selama ini, para pemain Persis Youth memang kerap diajak untuk latihan, bahkan uji coba, bareng tim senior. Jadi, para pemain itu kadang berlatih di Persis U-20, kadang juga diajak ke senior.

Baca Juga

"Beberapa pemain saya rasa menjalankan transisi ini dengan baik, mentality juga baik. Ada beberapa pemain juga saya suruh datang untuk melihat laga uji coba melawan Borneo, agar bisa lihat (seniornya)," ujar Rasiman.

Sebelum terbang ke markas JDT di Johor Bahru, Malaysia, rombongan tim senior Persis Solo lebih dahulu menghadiri perayaan ulang tahun ke-99 klub di Lapangan Pamedan, Mangkunegaran.

Dalam acara itu, klub Liga 1, Persis Solo, mengajak para suporter untuk bershalawat dan doa bersama bagi korban Tragedi Kanjuruhan. 

MalaysiaPersis SoloLiga IndonesiaJohor Darul Ta'zimLiga 1RasimanBerita Liga 1

Berita Terkini