x

5 Pemain Pinjaman Terakhir di Real Madrid, Salah Satunya Eks Persib Bandung

Rabu, 9 November 2022 16:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Eks Real Madrid, Julien Faubert

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid memang jarang sekali meminjam pemain karena kekuatan finansial mereka. Lantas, siapa saja 5 pemain terakhir yang dipinjam Los Blancos? Yang salah satunya eks Persib Bandung. 

Real Madrid merupakan klub raksasa yang punya sejarah besar di Liga Spanyol dan juga kompetisi-kompetisi elite Eropa.

Baca Juga

Di kancah domestik Spanyol, Los Blancos berhasil mendominasi dengan koleksi 35 gelar juara Liga Spanyol, 19 kali juara Copa del Rey dan 12 kali Piala Super Spanyol.  

Sementara di kancah Eropa, mereka berhasil mengangkat trofi Liga Champions sebanyak 14 kali sepanjang sejarah.  

Musim ini pun, skuat yang sekarang diasuh oleh Carlo Ancelotti masih bertengger di puncak klasemen sementara Liga Spanyol. 

Baca Juga

Mereka mengantongi 32 poin dari 12 pertandingan yang sudah dilakoni, dengan rincian 10 kemenangan, 2 kali imbang dan tidak pernah kalah.  

Sementara di Liga Champions 2022/2023, mereka berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan mengantongi 13 poin.  

Karim Benzema dan kawan-kawan berhasil mengoleksi 13 poin dengan empat kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. 

Baca Juga

Dengan sejarah panjang nan gemilang, kekuatan finansial Real Madrid juga di atas rata-rata. Wajar jika mereka jarang merekrut pemain dengan status pinjaman.

Namun terdapat beberapa pemain yang membela Real Madrid dengan status pinjaman. Berikut 5 pemain pinjaman terakhir Real Madrid, bagaimana kiprahnya?


1. Eks Persib Bandung Pernah Main di Real Madrid

Manajemen Persib Bandung memberikan pengamanan khusus saat Essien berlatih.

1. Julian Faubert

Pemain bernama Julian Faubert datang ke Real Madrid dengan status pinjaman dari West Ham United pada Januari 2009 silam. 

Namun jangka waktu peminjaman yang harusnya satu tahun penuh, bertahan setengah musim saja. Eks Borneo FC ini cuma tampil dua kali, sebelum Los Blancos memulangkannya kembali ke West Ham. 

Baca Juga

Sampai sekarang, perekrutan Faubert dengan status peminjaman masih menjadi salah satu transfer aneh dalam sejarah klub Real Madrid. 

2. Emmanuel Adebayor

Setelah Faubert, Real Madrid kembali melakukan peminjaman pemain pada bursa transfer musim dingin 2011 silam. Yakni Emmanuel Adebayor, yang sudah tersingkir dari skuat Manchester City. 

Peminjaman ini bahkan membuat Los Blancos harus mengeluarkan uang sebesar 4 juta euro. Ongkos pinjam itu terbukti berhasil karena Adebayor cukup impresif di Spanyol. 

Baca Juga

Selama dipinjam Real Madrid, Adebayor berhasil mencetak 8 gol dari 22 pertandingan, bahkan dia sempat mencetak tiga gol sekaligus, alias hat-trick. 

Musim 2011/12, Real Madrid yang memenagnkan Copa del Rey juga kurang lebih berkat peran Adebayor. 

3. Michael Essien

Setahun kemudian, Los Blancos kembali melakukan peminjaman pemain, yakni eks Persib Bandung Michael Essien yang diboyong dari Chelsea. 

Baca Juga

Musim panas 2012 silam, Essien yang tersingkir dari skuat The Blues akhirnya dipinjamkan ke Real Madrid. Di mana kala itu, Jose Mourinho sedang duduk di kursi pelatih di Bernabeu. 

Bersama pelatih kesayangannya, Essien pun memainkan 35 pertandingan untuk Real Madrid di semua kompetisi. 


2. Eks Man United yang Dipinjamkan ke Real Madrid

Chicharito ketika masih bermain bagi Manchester United.

4. Javier Hernandez

Real Madrid meneruskan tradisi mereka membeli pemain dari Manchester United, sebelumnya ialah David Beckham, Ruud van Nistelrooy hingga Cristiano Ronaldo. 

Namun pada musim panas 2014 sedikit berbeda, Real Madrid merekrut pemain Man United hanya dengan status pinjaman, ketika Javier Hernandez bergabung. 

Bermain 33 kali di semua kompetisi musim 2014/2015, pemain yang akrab disapa Chicharito itu mencetak 9 gol dan 9 assist untuk Los Blancos.

Baca Juga

5. Alphonse Areola

Terakhir kali Real Madrid melakukan peminjaman pemain adalah pada musim 2019/2020 ketika mendatangkan Alphonse Areola dari Paris Saint-Germain. 

Kiper berkebangsaan Prancis itu sebelumnya sudah membela PSG dari 2013-2022, namun memang sering dipinjam ke berbagai klub. 

Sama seperti di PSG, Real Madrid hanya melihat Areola sebagai kiper pelapis untuk Thibaut Courtois. Areola pun hanya tampil sembilan kali saja di semua kompetisi musim 2019/2020.

Real MadridJavier HernandezEmmanuel AdebayorMichael EssienLiga Spanyol

Berita Terkini