x

Brunei Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF, Ini Reaksi Eks Pelatih Bhayangkara

Rabu, 9 November 2022 15:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, ikut bangga dengan keberhasilan Brunei Darussalam lolos ke Piala AFF 2022 dan bertemu Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, ikut bangga dengan keberhasilan Brunei Darussalam lolos ke Piala AFF 2022. Brunei Darussalam juga akan segrup dengan Timnas Indonesia.

Penantian Timnas Brunei Darussalam untuk tampil di Piala AFF 2022 akhirnya terwujud setelah penantian selama 26 tahun terakhir.

Skuad berjuluk The Wasps tersebut meraih tiket ke Kejuaraan antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) setelah memenangkan laga play-off melawan Timor Leste.

Brunei Darussalam memang menelan kekalahan 0-1 atas Timor Leste pada pertemuan kedua play-off yang digelat di Stadion Padang Dan Belapan, Selasa (08/11/22).

Namun pada leg pertama 5 November lalu, skuad besutan Mario Rivera dengan status tuan rumah mampu melumat Timor Leste dengan skor 6-2.

Baca Juga

Hasil ini membuat Brunei menang secara agregat dengan skor 6-1, sekaligus melengkapi tim peserta yang akan bersaing di Piala AFF 2022. Brunei akan satu grup dengan Timnas Indonesia di Grup A.

Pencapaian ini membuat mantan pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik Timnas Brunei Darussalam sangat puas.

Baca Juga

“Kerja bagus. Sekarang kita bisa masuk ke babak penyisihan grup (Piala AFF 2022). Kalian semua hebat,” tulis Paul Munster lewat unggahan di akun Instagram.

Mantan pelatih Timnas Vanuatu ini juga menulis pesan di unggahan lainnya, bahwa Timnas Brunei Darussalam siap berjuang di Grup A yang juga dihuni Timnas Indonesia.

“Vamos. Penantian panjang 26 tahun Brunei Darussalam akhirnya berakhir. Kami lolos ke fase grup Piala AFF.  Terakhir kali Brunei berpartisipasi adalah pada tahun 1996,” kata Paul Munster.

Baca Juga

1. Brunei Darussalam Akhiri Penantian 26 Tahun

Logo tim sepak bola Brunei Darussalam.

“Kami akan berada di Grup A bersama Indonesia, Thailand, Filipina, dan Kamboja. Saat-saat yang menyenangkan ada di depan mata,” lanjutnya.

Untuk diketahui, kembalinya Brunei Darussalam tampil di Piala AFF merupakan penantian panjang, karena terakhir kali mereka ikut serta adalah pada 1996.

Kala itu, nama kompetisi masih Piala Tiger. Brunei Darussalam berada di Grup B bersama Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Menghadapi tim-tim hebat di Asia Tenggara, Brunei Darussalam harus puas finis di urutan keempat dengan mengantongi tiga poin dari empat pertandingan.

Baca Juga

Brunei hanya sekali memenangkan pertandingan, yakni saat menaklukkan Filipina dengan skor 1-0. Sisanya berakhir kekalahan, rinciannya kalah 0-3 dari Singapura, digilas Thailand dan Malaysia dengan skor identik 0-6.

Selain Brunei dan timnas Indonesia, grup tersebut juga ditempati oleh juara bertahan Thailand, Filipina, dan Kamboja yang sedang membaik sepak bolanya.

Baca Juga

Piala AFF 2022 akan dilaksanakan pada 23 Desember 2022 dan berakhir Januari tahun depan.

Adapun Brunei Darussalam akan membuka turnamen melawan sang juara bertahan Thailand pada 20 Desember.

Sedangkan Timnas Indonesia baru menjalani pertandingan pertama Piala AFF 2022 menghadapi Kamboja pada 23 Desember.

Baca Juga
Brunei DarussalamTimor LesteTimnas IndonesiaBola InternasionalBhayangkara FCPaul MunsterBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini