x

Mengintip Peluang Sandy Walsh dan Jordi Amat Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Masih Gelap!

Kamis, 10 November 2022 20:37 WIB
Editor: Juni Adi
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Dua pemain calon naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat masih diragukan akan tampil di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia mempunyai sejumlah masalah jelang bertarung di Piala AFF 2022 yang akand digelar pada Desember mendatang.

Turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF akan kembali bergulir akhir tahun ini tepatnya di Desember 2022 mendatang.

Piala AFF 2022 akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Untuk formatnya, dipastikan digelar dengan format yang berbeda dibanding edisi 2020 lalu. 

Pada edisi sebelumnya, ada banyak penyesuaian yang dibuat AFF lantaran masih dalam pandemi Covid-19. Sedangkan untuk tahun ini, akan ada laga tandang-kandang.

Baca Juga

Pada edisi 2020, Thailand keluar sebagai juara. Pada laga final, Thailand mengalahkan Indonesia dengan agregat 6-2. 

Thailand menang dengan skor 4-0 pada leg pertama dan imbang 2-2 pada leg kedua.

Baca Juga

Untuk undiannya sendiri sudah dilaksanakan sejak Agustus lalu. Hasilnya, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam dan Thailand.

Bagi Indonesia, Piala AFF 2022 menjadi momen yang penting. Karena Skuad Garuda belum pernah meraih gelar juara meski sudah beberapa kali tampil di final.

Untuk memutus mimpi buruk itu, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong diprediksi akan membawa pemain-pemain terbaiknya, termasuk pemain naturalisasi.

Baca Juga

Saat ini, ada dua nama yang kehadirannya ditunggu-tunggu untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat. Bagaimana peluang mereka?
 


1. Belum Ada Kepastian

Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah memasuki babak baru.

Sempat terkatung-katung karena kendali birokrasi yang rumit, pada akhirnya proses keduanya sampai jelang tahap akhir.

Usai menjalani rapat bersama DPR RI Komisi III dan Komisi V, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah direstui, bahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Hal itu diketahui lewat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Ia memastikan surat Keppres terkait naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah ditandatangani.

Progres itu menjadi angin segar bagi pelatih Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sebab kehadiran pemain KV Mechelen dan Johor Darul Ta'zim ini bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia.

Sayangnya belum diketahui apakah mereka bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 atau tidak.

Baca Juga

Karena hingga saat ini, Menpora belum mengetahui kapan Sandy Walsh dan Jordi Amat diambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Situasi itu membuat publik sepak bola Tanah Air resah, karena gelaran Piala AFF 2022 tidak akan lama lagi untuk bergulir, yakni pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Sandy Walsh dan Jordi Amat baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia jika keduanya sudah mengambil sumpah menjadi WNI dan resmi.

Baca Juga

2. Tenggat Waktu Sumpah WNI

Sandy Walsh. Foto: Instagram@sandywalsh

PSSI sendiri sebagai induk sepak bola Indonesia, telah berusaha agar proses pengambilan sumpah Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa dilakukan secepatnya sebelum 20 November 2022.

Keingin PSSI itu bisa terlaksana dengan syarat dokumen administrasi mereka dapat rampung pada waktu yang sudah ditentukan.

20 November 2022 sendiri adalah tanggal batas akhir seluruh peserta Piala AFF 2022 melakukan pendaftaran pemain.

"Peluang keduanya untuk bermain bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kian dekat.

"Pasalnya, jika kedua pemain sudah disumpah sebelum 20 November 2022 (batas akhir pendaftaran pemain), tak menutup kemungkinan keduanya dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022," tulis keterangan PSSI.

Baca Juga

Kendala lain untuk proses sumpah adalah jarak kedua pemain. Sandy Walsh saat ini masih berada di Belgia memperkuat timnya.

Kompetisi Erop baru akan mengalami jeda kompetisi ketika Piala Dunia 2022 digelar. Begitu juga dengan Jordi Amat.

Baca Juga

Liga Malaysia baru akan berakhir pada akhir tahun, apalagi Jordi Amat juga jadi pilar penting untuk JDT di ajang Liga Champions Asia.

Kendati demikian, jarak Malaysia dan Indonesia yang dekat, memungkinkan untuk Jordi Amat datang secara langsung ke Tanah Air untuk prosesi sumpah WNI.

Terlepas dari itu, Menpora Zainudin Amali sudah membuka peluang untuk memudahkan finalisasi naturalisasi mereka berdua. 

Baca Juga

Keduanya diizinkan untuk diambil sumpahnya secara virtual sehingga kemudian bisa resmi membela Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri akan menjalani pertandingan pertama Piala AFF 2022 melawan Kamboja pada 23 Desember 2022.

NaturalisasiTimnas IndonesiaSandy WalshJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini