x

Eksperimen ala Roberto Mancini, Timnas Italia Ujicoba 4 Pemain Baru karena Tak Ikut Piala Dunia 2022

Minggu, 13 November 2022 13:35 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Italia Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM – Meskipun tak berlaga di Piala Dunia 2022, timnas Italia akan menjalani ujicoba dengan pemain baru. Berikut 4 pemain baru yang menjadi andalan Roberto Mancini

Timnas Italia akan menjalani beberapa laga ujicoba selepas tak ikut serta dalam laga Piala Dunia 2022 dengan menghadapi dua tim, Albania dan Austria,

Laga ujicoba ini dilakukan supaya timnas Italia siap menghadapi kualifikasi Piala Eropa 2024 yang akan berlangsung pada 2023 nanti,

Untuk menghadapi ujicoba kali ini, Gli Azzurri mencoba beberapa pemain baru yang disebut akan menjadi tulang punggung baru di kompetisi berikutnya.

Selama ini, timnas Italia garapan Roberto Mancini banyak bermasalah di lini belakang dan lini depan yang kekurangan pemain baru.

Dari skuat yang ada, timnas Italia masih memanggil beberapa pemain bintang yang belakangan jadi tulang punggung di kualifikasi Piala Dunia 2022. Gianluigi Donnarumma menjadi penjaga gawang yang lagi-lagi dipanggil ke timnas Italia di laga ujicoba kali ini.

Kemudian, beberapa bek tengah senior juga masih dipercaya pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, seperti Leonardo Bonucci dan Francesco Acerbi.

Baca Juga

Sedangkan di posisi gelandang, nama-nama lama seperti Marco Verratti, Nicolo Barella, dan Sandro Tonali lagi-lagi menjadi andalan timnas Italia.

Sementara, untuk posisi penyerang, timnas Italia masih memanggil nama-nama lama, seperti Federico Chiesa dan Nicolo Zaniolo.

Namun demikian, ada empat pemain calon bintang baru timnas Italia yang akan jadi tulang punggung tim arahan Roberto Mancini, meskipun tak main di Piala Dunia 2022. Berikut analisisnya.

Baca Juga

1. Ivan Provedel (Lazio)

Pelatih Italia Roberto Mancini yang memanggil kiper Lazio, Ivan Provedel. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

Penjaga gawang baru yang dipanggil ke timnas Italia adalah Ivan Provedel yang tampil moncer bersama Lazio belakangan ini.

Masih berusia 28 tahun, Provedel menjadi salah satu kiper baru di Liga Italia yang dikabarkan segera debut bersama skuat arahan Roberto Mancini.

Seperti diketahui, Lazio kini tengah berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga italia dan menghadapi Juventus di laga penutup jelang Piala Dunia 2022.

Melihat catatan di Liga Italia, Ivan Provedel hanya kebobolan 8 gol dari 14 pertandingan, sehingga cukup cocok mengisi posisi penjaga gawang, bersama kiper Napoli, Alex Meret.

Sebelum bergabung ke Lazio, Ivan Provedel mencuri perhatian saat turun bersama dengan Spezia di Liga Italia musim 2021/2022 lalu.

Giorgio Scalvini (Atalanta)

Baca Juga

Pemain baru yang dipanggil timnas Italia adalah bek Atalanta, Giorgio Scalvini yang baru berusia 18 tahun.

Scalvini sejatinya merupakan calon bintang baru Liga Italia di bawah asuhan Roberto Mancini dengan catatan 10 penampilan bersama Atalanta di musim 2022/2023.

Baca Juga

Catatan penampilan inilah yang membuat Roberto Mancini yakin untuk memasukkan sang pemain dalam laga ujicoba timnas Italia.

Selain itu, Scalvini merupajan bek tengah muda yang memulai karier dari timnas Italia kelompok umur, mulai dari U-15 hingga masuk kelompok senior.

Tentu saja, Scalvini akan jadi pelapis bagus untuk Leonardo Bonucci yang mulai menua dan segera pensiun dari timnas Italia.

Baca Juga

2. Fabio Miretti (Juventus)

Reaksi Fabio Miretti di laga Juventus vs Benfica (15/09/22). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Tak hanya kiper dan bek, posisi gelandang juga diisi oleh pemain baru, dengan kehadiran Fabio Miretti dari Juventus.

Belakangan, Miretti menjadi pemain yang kerap dimainkan oleh pelatih Juventus, Massimiliano Allegri selepas cederanya beberapa pemain penting di tubuh tim.

Selain itu, Juventus juga meminjamkan dua gelandang, yaitu Denis Zakaria ke Chelsea dan Arthur ke Liverpool sehingga mengurangi stok pemain.

Hal ini menyebabkan Fabio Miretti dimainkan oleh Massimiliano Allegri di skuat Juventus dan berhasil tampil dengan baik.

Fabio Miretti sangat cocok jika dimainkan jadi salah satu dari tiga gelandang dalam formasi 4-3-3 dan akan sangat bagus dimainkan sebagai pelapis Nicolo Barella di timnas Italia.

Simone Pafundi (Udinese Primavera)

Baca Juga

Dalam pertandingan kali ini, ada satu nama ganjil yang dipanggil oleh Roberto Mancini ke skuat timnas Italia, yaitu penyerang 16 tahun bernama Simone Pafundi.

Pemain yang satu ini bahkan belum bermain untuk tim senior Udinese dan lebih banyak turun di level primavera.

Baca Juga

Namun demikian, catatan tiga gol dan enam assist dari sembilan pertandingan membuat Roberto Mancini tertarik dan memanggil ke timnas Italia.

Menilik data dari Transfermarkt, Pafundi mampu bermain di tiga posisi, yaitu gelandang serang, penyerang sayap kanan, dan second striker.

Tentu saja ini akan jadi penampilan menarik bagi seorang Simone Pafundi yang bisa saja diberi kesempatan debut di usia muda untuk timnas Italia yang tak bermain di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
ItaliaRoberto ManciniJuventusLazioPiala Dunia 2022One Football

Berita Terkini