x

3 Resep Sukses Napoli Rajai Italia dan Eropa Musim Ini: Bos Klub Juga Punya Andil

Senin, 14 November 2022 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Napoli sedang dalam tren apik baik di Italia maupun Eropa. Foto: REUTERS/Ciro De Luca.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Napoli, masih berjaya di puncak klasemen usai menekuk Udinese 3-2 pekan lalu.

Sampai tulisan ini dibuat, Partenopei masih memimpin klasemen dengan raihan 41 poin dari 15 laga. Posisi mereka terus dikejar AC Milan di peringkat kedua dengan 33 poin dari jumlah laga yang sama.

Namun bukan hanya di Italia, klub asal Naples ini juga berjaya di level Eropa dengan memenangkan lima pertandingan grup Liga Champions 2022-2023.

Mereka bisa saja menyapu bersih seluruh kemenangan di Grup A andai tidak dikalahkan Liverpool 2-0 saat matchday terakhir.

Tidak ayal, Napoli pun digadang-gadang sebagai klub yang tengah tampil on fire. Lantas, ada resep apa sebenarnya di balik keberhasilan anak-anak asuh Luciano Spalletti berjaya di Italia dan Eropa saat ini?

Baca Juga

Aurelio De Laurentiis

Aurelio De Laurentiis termasuk sosok yang kerap mendapat kritik atas sejumlah kebijakan yang ia ambil sebagai pemilik klub.

Salah satunya adalah memberi lampu hijau untuk penjualan Kalidou Koulibaly, pemain yang memiliki peran krusial di tim.

Baca Juga

Namun bukan hanya itu. Aurelio De Laurentiis juga mengambil keputusan besar melepas pemain lain seperti David Ospina, Lorenzo Insigne, dan Dries Mertens.

Akan tetapi, kepergian para pemain yang memiliki rataan usia berkepala tiga ini, dibayar lunas dengan perekrutan sejumlah amnunisi baru - yang ternyata sangat menjanjikan.

Ya, sebut saja Khvicha Kvaratskhelia. Meski namanya cukup sulit diingat, penyerang asal Georgia ini langsung ngegas dengan menasbihkan namanya di daftar top skor sementara Liga Italia 2022-2023 walau masih jadi 'anak bawang'.

Baca Juga

1. Bos Klub Juga Punya Andil

Napoli sedang dalam tren apik baik di Italia maupun Eropa. Foto: REUTERS/Ciro De Luca.

Kedatangan Khvicha Kvaratskhelia pun mendapat sambutan baik dari pandit maupun publik sepak bola Negeri Pizza.

Ia pun dianggap sebagai pemain paling menarik yang datang ke Liga Italia setelah Cristiano Ronaldo ke Juventus pada 2018.

Aurelio De Laurentiis sendiri dikenal luas sebagai insan perfilman yang terjun ke dunia sepak bola usai membeli Napoli yang bangkrut pada 2004.

Ia memiliki perangai yang unik dan tidak jarang tampil ekspresif di depan publik, entah lewat aksi atau kalimat-kalimatnya yang frontal.

Sifatnya yang tidak mudah terintimidasi pun menjadi nilai plus tersendiri saat terjun ke sesi negosiasi pemain.

Baca Juga

Tidak goyah, ia bahkan menyebut menangani kontrak pesepak bola itu tidak lebih sulit dari mengurus kesepakatan dengan para aktor dan aktris dari dunia perfilman.

Lalu, kepada pemain, ia juga tidak segan bersikap tegas. Salah satunya, mengancam Ezequiel Lavezzi yang pernah merengek ke klub.

Baca Juga

Tidak main-main, ia berniat membangkucadangkan sang pemain selama sisa kontraknya jika terus-terusan menunjukkan attitude yang memuakkan.

Memiliki presiden seperti Aurelio De Laurentiis, apalagi dengan kebijakan-kebijakan yang ia ambil saat periode ini, sedikit banyak berpengaruh pada penampilan Napoli yang mulai menggeliat lagi di Italia dan Eropa.

Luciano Spalletti

Berbicara soal kesuksesan sebuah tim maupun klub, rasa-rasanya tidak lengkap jika tidak membahas sosok pelatihnya.

Baca Juga
 

2. Pelatih dan Pemain Juga Tak Ketinggalan

Napoli sedang dalam tren apik baik di Italia maupun Eropa. Foto: REUTERS/Ciro De Luca.

Luciano Spalletti menyajikan permainan sepak bola menyerang dan tidak ragu-ragu dalam mengambil risiko.

Hal tersebut sempat ia ungkapkan setelah Napoli mengalahkan Atalanta di Liga Italia beberapa waktu lalu.

“Untuk bermain menyerang, Anda harus mengambil risiko. Akan tetapi, seperti itulah kehidupan dari tim yang ingin bermain sepak bola,” ucapnya seperti diwartakan Foot Italia.

Di kepalanya, kunci permainan Napoli sudah bukan bergantung pada sistem lagi, melainkan mencari celah kelemahan lawan dengan segera.

Para pemain harus mampu mengenali lawan sekaligus timing yang tepat untuk menyerang, apalagi jika musuh meninggalkan ruang yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Baca Juga

Selain itu, keberanian dalam memulai gerakan juga sangat penting dalam gaya permainan Luciano Spalletti.

Pemain

Selain memiliki Aurelio De Laurentiis dan Luciano Spalletti yang sama-sama berani, kontribusi dari para pemain juga tidak kalah penting. Bagaimanapun juga, mereka adalah mesin utama sebuah tim.

Baca Juga

Napoli saat ini memiliki Victor Osimhen yang sedang tampil bagus-bagusnya, bahkan menyarangkan 9 gol dari 11 pertandingan - tiga di antaranya bahkan diperoleh melalui hat-trick kontra Sassuolo.

Berkat raihan tersebut, ia untuk sementara bertengger di peringkat pertama daftar top skor Liga Italia 2022-2023 sekaligus pencetak gol tersubur bagi Napoli musim ini.

Selain Victor Osimhen, top skor Napoli selanjutnya di Liga Italia 2022-2023 adalah sang rekrutan anyar yang fenomenal, Khvicha Kvaratskhelia, yang berhasil mengumpulkan 6 gol.

Baca Juga

Sumber: Foot Italia

NapoliAurelio De LaurentiisLuciano SpallettiLiga ItaliaBerita Liga ItaliaVictor OsimhenOne FootballKhvicha Kvaratskhelia

Berita Terkini