x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Korea Selatan, Jadi Kuda Hitam Pesaing Cristiano Ronaldo di Grup H

Senin, 14 November 2022 19:01 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Isman Fadil
Profil Timnas Korea Selatan. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2022 yang akan tampil sebagai tim kuda hitam menjadi pesaing Cristiano Ronaldo bersama Portugal di Grup H.

Tinggal beberapa hari lagi gelaran paling bergengsi dalam kompetisi sepak bola, yakni Piala Dunia 2022 akan terhelat pada 20 November-18 Desember di Qatar.

Timnas Korea Selatan menjadi salah satu tim perwakilan Asia yang akan tampil di Piala Dunia 2022, sayangnya perjuangan tim gingseng di kompetisi ini tak akan berjalan dengan mudah.

Berada di Grup H Piala Dunia 2022, Son Heung-min cs akan bersaing dengan Cristiano Ronaldo dengan timnas Portugal, Luis Suarez dan Edinson Cavani dengan timnas Uruguay dan Thomas Partey bersama Ghana.

Jelas bukan persaingan grup yang mudah untuk dihadapi Korea Selatan karena masing-masing tim nasional tersebut memiliki pemain-pemain bintang yang berkompetisi di level tertinggi klub.

Baca Juga

Kendati menapaki jalan yang terjal nantinya, skuat Korea Selatan juga tak bisa dianggap remeh karena memiliki bintang utamanya, Son Heung-min yang berhasil tampil memukau bersama Tottenham Hotspur di level klub.

Awalnya Korea Selatan nyaris tidak diperkuat Son Heung-min karena sempat mengalami cedera yang cukup parah dan diharuskan naik meja operasi untuk memulihkan patah tulang di sekitar mata kirinya.

Beruntung proses pemulihan cedera berangsur membaik membuat Son Heung-min yang awalnya diragukan tampil kini bisa tampil membela timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Kemungkinan besar Son Heung-min bakal menggunakan topeng pelindung saat tampil bersama timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022 nanti karena masih belum sepenuhnya pulih dari cedera pasca operasi.

Baca Juga

Hadirnya Son Heung-min diharapkan mampu memberi dampak positif terutama pada ketajaman lini serang timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022. 

Selain Son Heung-min, Korea Selatan juga memiliki pemain yang tengah bersinar bersama Napoli di Liga Italia, yakni Kim Min-jae yang diharapkan mampu memimpin lini pertahanan tim ke level yang dimainkannya bersama Il Partenopei.

Memiliki dua pemain utama yang tampil luar biasa bersama klub, bukan berarti Paulo Bento sebagai pelatih hanya akan mengandalkan Son Heung-min dan Kim Min-jae saja dalam racikan strateginya.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Timnas Korea Selatan saat melakoni uji coba melawan Kosta Rika

Sebab Korea Selatan juga memiliki beberapa pemain lainnya yang berkiprah di luar liga domestik dan diharapkan mampu membawa pengalaman di level klub ke tim nasional dalam Piala Dunia 2022 seperti Lee Jae-sung (Mainz), Lee Kang-in (Mallorca), Jung Woo-young (Al-Sadd), Hwang Hee-chan (Wolverhampton), Jeong Woo-yeong (SC Freiburg), dan Hwang In-beom (Olympiacos).

Memiliki banyak pemain yang berkiprah di Eropa, Paulo Bento harusnya tidak akan bingung dalam menyusun pemain yang akan tampil sebagai starter nanti melawan Uruguay dalam laga pembuka untuk Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Cuma yang akan menjadi pekerjaan rumah adalah apakah Paulo Bento akan langsung memainkan Son Heung-min sebagai starter di laga pertama mengingat kondisinya belum seratus persen fit.

Jika tak dimainkan sebagai starter, maka keberadaan Hwang Hee-chan bisa jadi alternatif untuk Paulo Bento menentukan lini serang Korea Selatan dengan didampingi Woo-Yeong Jeong dan Cho Gue-sung.

Selain lini serang yang sudah mulai menemukan pakemnya, kemungkinan besar Paulo Bento akan menampilkan Son Jun-ho, Lee Jae-sung, Hwang In-beom yang akan jadi pengatur pola serangan di lini tengah.

Baca Juga

Sedangkan untuk lini pertahanan, Kim Min-jae dipastikan bakal jadi pemimpin pengatur pertahanan Korea Selatan yang akan dibantu Moon-Hwan Kim, Kyung-Won Kwon, dan Kim Jin-su untuk melindungi gawang yang dijaga oleh Kim Seung-gyu.

Karena mendapatkan hasil yang cukup baik di dua pertandingan terakhir, besar kemungkinan Paulo Bento akan menggunakan susunan pemain tersebut menggunakan formasi 4-3-3.

Baca Juga

Perkiraan Formasi Timnas Korea Selatan

(4-3-3): Kim Seung-gyu, Kim Moon-Hwa, Kim Min-jae, Kyung-Won Kwon, Kim Jin-su; Son Jun-ho, Lee Jae-sung, Hwang In-beom; Hwang Hee-chan, Son Heung-min, Woo-Yeong Jeong.

Berikut adalah daftar pemain Timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Kim Seung-gyu, Song Bum-keun, Jo Hyeon-woo.

Bek: Kwon Kyung-won, Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su, Kim Tae-hwan, Yoon Jong-gyu, Cho Yu-min, Hong Chul.

Gelandang: Kwon Chang-hoon, Na Sang-ho, Paik Seung-ho, Son Jun-ho, Son Heung-min, Song Min-kyu, Lee Kang-in, Lee Jae-sung, Jung Woo-young, Jeong Woo-young, Hwang In-beom, Hwang Hee-chan.

Penyerang: Cho Gue-sung, Hwang Ui-jo.

Baca Juga

2. Players to Watch

Son Heung-min saat laga Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Eintracht Frankfurt

Berbicara Piala Dunia 2022 dan pemain Korea Selatan para penikmat sepak bola pastinya akan tertuju pada sosok Son Heung-min yang diprediksi bakal jadi pemain kunci.

Prediksi tersebut memang tidak salah karena di level klub pencapaian Son Heung-min terbilang di atas rata-rata di kompetisi Eropa terutama Liga Inggris.

Catatan paling impresif Son Heung-min terjadi pada musim 2021/22, di mana pemain berusia 30 tahun tersebut berhasil menerima penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Inggris dengan 23 gol.

Menariknya penghargaan yang diterima Son berbagi dengan pemain andalan Liverpool, Mohamed Salah. Namun Son lebih diunggulkan di mata fans karena pemain kelahiran Chuncheon ini berhasil mencetak 23 gol tanpa lewat penalti sama sekali.

Sayangnya produktifitas gol Son Heung-min di musim ini terbilang tak seganas seperti musim 2021/22, tercatat selama jalannya musim 2022/23 Son hanya mampu mencetak 5 gol dan 2 assist dalam 19 penampilannya di semua kompetisi.

Baca Juga

Meski mengendur performanya dan baru saja pulih dari cedera, penampilan Son Heung-min tetap diwaspadai jika nantinya diturunkan sebagai starter di Piala Dunia 2022.

Berkat pencapaian tersebut, Son Heung-min bisa dipastikan menjadi salah satu ancaman untuk lini pertahanan Portugal, Uruguay, dan Ghana yang berada di Grup H Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Prediksi Korea Selatan di Piala Dunia 2022.

Berbekal materi pemain yang memiliki pengalaman di kompetisi level klub Eropa, Korea Selatan diprediksi bisa melangkah jauh meski memiliki persaingan sangat ketat di Grup H menghadapi Portugal, Uruguay, dan Ghana.

Dengan materi skuat tersebut, minimal Korea Selatan bisa jadi kuda hitam dengan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup. Peluang untuk lolos ke babak 16 bisa lebih terbuka lebar jika Son Heung-min bisa tampil fit di setiap pertandingan Piala Dunia 2022.

Baca Juga
Cristiano RonaldoPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2022Son Heung-MinUpdate Piala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini