x

4 Fakta Menarik Wonderkid Benfica, Antonio Silva Calon Pengganti Maguire di Manchester United

Selasa, 15 November 2022 10:26 WIB
Editor: Juni Adi
Harry Maguire, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Peter Powell

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United,diam-diam sudah menemukan pengganti Harry Maguire untuk posisi bek tengah, dalam diri Antonio Silva. Seperti apa sosoknya?

Teka-teki masa depan Harry Maguire di Manchester United tampaknya akan segera menemui titik terang. 

Palan pintu berusia 29 tahun itu disebut-sebut akan segera dilepas oleh Manchester United, menyusul performanya yang semakin menurun.

Setan Merah sendiri kepincut memboyong Harry Maguire karena sang pemain tampil apik di lini belakang timnas Inggris, dalam dua turnamen besar yaitu Piala Dunia 2018 dan Euro 2020.

Ia akhirnya diboyong oleh Manchester United pada tahun 2019 dengan mahar 87 juta euro dari Leicester City. Menjadikannya sebagai salah satu bek termahal di Liga Inggris.

Baca Juga

Di awal-awal kariernya Harry Maguire bermain sesuai ekspektasi, ajan tetapi dua musim terakhir ia menjadi sasaran kritik karena performanya menurun dan sering blunder.

Masa depannya kian goyang, setelah Manchester United mengganti pelatih dari Ole Gunnar Solskjaer ke Erik ten Hag.

Baca Juga

Maguire pun harus sering meringkuk di bangku cadangan. Musim ini saja, ia baru tampil dalam 9 pertandingan di semua kompetisi, mayoritas dimainkan sebagai pemain pengganti.

Untuk menambal kekurangan di lini belakang, Manchester United juga sebenarnya sudah membeli bek baru. Tetapi masih terasa kurang kokoh.

Mereka pun kini mengincar bek tengah Benfica, Antonio Silva, untuk jadi pengganti Harry Maguire yang akan didepak musim panas nanti. Berikut beberapa fakta menarik Antonio Silva.

Baca Juga

1. Pemain Muda Potensial

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Christian Eriksen ke gawang Fulham, Senin (14/11/22) dini hari WIB REUTERS/David Klein

Antonio Silva masih berusia sangat muda sebagai pemain sepak bola yaitu 19 tahun, tetapi bisa tampil bagus di level tertinggi.

Hal tersebut membuatnya menyandang status wonderkid. Silva jadi andalan di lini belakang Benfica baik di Liga Portugal maupun Liga Champions.

Total sejauh ini ia sudah tampil 20 pertandingan dan membuat 3 gol di semua kompetisi. Pemuda asal Portuga itu juga membantu klubnya lolos ke 16 besar Liga Champions, dan merajai Liga Portugal di puncak klasemen.

Antonio Silva sendiri menjalani debut bersama tim senior Benfica pada Agustus 2022. Ketika itu Benfica harus menghadapi krisis bek karena banyak pemain cedera.

Maka Antonio Silva ditarik dari tim U-23 untuk melakukan debutnya di tim senior. Tampil baik dan terus berkembang, membuat pelatih Roger Schmidt memilihnya jadi pilihan utama.

Baca Juga

Perjalanan Karier

Antonio Silva waktu kecil sama seperti anak-anak muda pada umumnya sebagai pesepak bola. Saat berusia 11 tahun, dirinya ia pindah ke beberapa akadami klub lokal.

Hingga akhirnya, Silva menetapkan hatinya untuk tinggal di Lisbon dan masuk ke akadami sepak bola Benfica, meski saat itu mendapat tawaran dari FC Porto.

Baca Juga

Fans Benfica dari kecil itu terus mengembangkan bakatnya dalam beberapa tahun ke depan, ia akhirnya dipercaya menjalani debut bersama tim U-23 Benfica.

Silva bermain setiap menit di kompetisi itu dan menyumbang gol penting dalam kemenangan babak 16 besar atas Midtjylland.

Setelah membuat beberapa penampilan untuk tim B Benfica di divisi kedua sepak bola Portugal, Silva diperkirakan akan menghabiskan musim 2022/2023 untuk mempelajari keahliannya di level itu.

Tetapi, ketika Schmidt hanya memiliki satu bek tengah senior yang fit, Nicolas Otamendi, untuk pertemuan timnya dengan Boavista pada 27 Agustus, Silva mendapat panggilan untuk maju mengisi kekosongan tersebut.

"Antonio berusia 18 tahun, tetapi ketika Anda melihatnya di lapangan, dia tidak terlihat seusia itu," kata Schmidt setelah salah satu penampilan awal Silva.

Baca Juga

2. Didukung Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes

Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes tampak lesu pada wajah mereka usai dikalahkan Middlesbrough lewat adu penalti dalam partai putaran keempat FA Cup di Stadion Old Trafford, Sabtu (05/02/22). FOTO: REUTERS/Craig Brough

Penampilan mengesankan Antonio Silva rupanya juga sukses mencuri hati pelatih Timnas Portugal Fernando Santos.

Terbukti, ia langsung dipanggil untuk memperkuat negaranya di Piala Dunia, meski sebelumnya tak pernah tampil dengan timnas senior.

Laporan Mirror menyebut MU saat ini menjadi salah satu klub yang terus mengawasi situasi Silva di Benfica. 

Di samping sang raksasa Liga Inggris, Barcelona dan Real Madrid pun digadang-gadang menaruh minat pada pesepak bola kelahiran 2003.

Duo bintang Setan Merah Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes nampaknya mendukung penuh sikap MU terhadap Silva. 

Kedua penggawa memang diketahui merupakan rekan senegara pemain Benfica. Mereka juga bahkan sudah mempromosikan SIlva kepada jajaran klub termasuk pelatih Erik ten Hag.

Idolai Ruben Dias

Mungkin aja jadi perdebatan kalau menyebut Antonio Silva adalah suksesor Ruben Dias di timnas Portugal.

Tetapi merujuk dari penampilannya, hal itu tidak lebay-lebay amat. Sebab Silva memang sedang terus berkembang untuk jadi pemain bintang.

Sampai-sampai ia menjadikan Ruben Dias sebagai idolanya, dan berharap bisa mengikuti jejak sang senior untuk meninggalkan Benfica, dan bergabung dengan klub besar Eropa.

Silva menyebut bintang Manchester City itu sebagai pahlawannya, bahkan mengenakan jersey bernomor punggung 66 (momor punggung Dias) saat masuk ke jajaran pemain senior di Estadio da Luz.

“Saya sangat mengagumi Ruben,” kata Silva kepada CNN. 

“Dia mulai bermain di sini dan melihat semua hal yang telah dia capai di Manchester City dan juga di Benfica.”

Bursa TransferManchester UnitedBenficaLiga InggrisHarry Maguire

Berita Terkini