x

Bukan karena Ronaldo, 2 Alasan Portugal Bakal Tampil Kesetanan di Piala Dunia 2022

Rabu, 16 November 2022 17:00 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tim Nasional Portugal ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Ceko di Estadio Jose Alvalade, Lisbon. REUTERS/Pedro Nunes

INDOSPORT.COM – Bukan karena Cristiano Ronaldo, berikut adalah dua alasan yang membuat Portugal bakal kesetanan saat tampil di Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 Qatar tinggal menghitung hari saja menuju kick-off pertama pertandingan pada Minggu (20/11/22) mendatang.

Sejatinya gelaran sepak bola paling akbar di dunia tersebut bakal bergulir selama 29 hari atau setidaknya hingga 18 Desember 2022.

Total, 32 negara dari seluruh belahan dunia sudah memastikan diri bakal saling sikut di putaran final Piala Dunia 2022 nanti.

Segala persiapan menjelang Piala Dunia 2022 pun juga telah selesai, termasuk ke-32 negara kontestan yang telah merilis skuad resmi mereka.

Baca Juga

Salah satunya adalah Portugal. Skuad asuhan Fernando Santos menjadi salah satu negara yang telah mengumumkan skuad resminya pada beberapa waktu lalu.

Nama-nama beken seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Joao Felix, Bernardo Silva, Joao Cancelo, hingga Ruben Dias masih menghiasi skuad Seleccao das Quinnas.

Baca Juga

Maasih dihuni para pemain-pemain kelas dunia, Portugal diprediksi bakal bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022 nantinya.

Sejauh mengikuti Piala Dunia, prestasi terbaik Portugal adalah menjadi juara ketiga, yakni pada edisi 1966 silam. Sedangkan, Portugal terakhir kali tampil mengesankan pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Pada edisi Piala Dunia 2022 ini, Portugal diprediksi bakal kembali menunjukkan performa mengesankan. Beberapa alasan Portugal bakal melambung pun mencuat. Apa saja? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Punya Kekuatan Tim yang Mumpuni

Para pemain Portugal merayakan gol ke gawang Swiss (06/06/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Setelah diresmikan, nama-nama pemain Portugal yang dibawa Fernando Santos dapat dikatakan cukup mampu bersaing untuk berada di Piala Dunia 2022.

Kombinasi pemain-pemain lama dengan pengalam tinggi dipadukan dengan para pemain muda debutan akan menjadi salah keunggulan Portugal.

Fernando Santos diprediksi bakal menggunkan pakemnya dengan formasi 4-2-3-1. Rui Patricio akan menjadi salah andalan di bawah mistar gawang Portugal.

Kemudian pada lini belakang Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, dan Raphael Guerriro bakal menjadi andalan untuk mengawal pertahanan.

Lini bertahan Portugal pun dapat dikatakan bakal menunjukkan kekuatan yang solid, terlebih dengan performa Joao Cancelo dan Ruben Dias ditambah dengan komando dari pemain berpengalaman, Pepe.

Baca Juga

Pada sektor tengah nama Bruno Fernandes, Bernardo Silva, hingga Joao Mario juga dipastikan akan menjadi langganan starter Fernando Santos.

Bruno Fernandes setidaknya bakal tetap berada di posisi sebagai gelandang serang di belakang striker dengan dikawal Ruben Neves dan salah satu diantara Pilhinha, William Carvalho, maupun Vitinha.

Baca Juga

Kemudian, pada lini serang, Cristiano Ronaldo dipastikan masih akan tetap menjadi andalan sekaligus menjadi kapten bagi Portugal.

Selain Ronaldo, Portugal juga masih memiliki pemain lain seperti Rafael Leao dan Joao Felix yang bakal memberikan alternatif bagi kreasi lini serang Seleccao Das Quinnas.

Sementara itu, jika Cristiano Ronaldo menunjukkan performa yang kurang meyakinkan, nama Andre Silva dan Goncalo Ramos dapat menjadi opsi pengganti sang mega bintang.

Baca Juga

2. Senjata Rahasia yang Selalu Jadi Andalan Portugal

Aksi Cristiano Ronaldo (kanan) di laga UEFA Nations League Portugal vs Spanyol (28/09/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Selain memiliki kekuatan tim yang mumpuni hampir di semua lini, Portugal diprediksi juga akan tetap dengan jati dirinya dengan kerap memberikan kejutan.

Hal itu seperti yang pernah dilakukan Portugal saat mengalahkan Prancis di final UEFA Nations League 2016.

Saat itu, Portugal memiliki sosok Eder yang mampu memberikan kejutan kepada Prancsi. Alhasil, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil membawa pulang trofi UEFA Nations League.

Senjata rahasia semacam Eder sepertinya juga bakal diberlakukan oleh Portugal dalam mengarungi Piala Dunia 2022 nantinya.

Kita tahu Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, hingga Bruno Fernandes pasti akan menjadi pemain yang bakal mendapat kawalan ketat oleh lawan-lawannya.

Baca Juga

Nama, Goncalo Ramos dan Ricardo Horta bisa menjadi pemain yang didapuk sebagai penerus Eder seperti di final UEFA Nations League 2016.

Pada fase grup nanti, Uruguay dipastikan menjadi lawan terberat yang bakal dihadapi oleh Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Baca Juga

Portugal terakhir bertemu Uruguay pada Piala Dunia 2018 yang lalu di mana langkah mereka langsung terhenti saat menjumpai Luis Suarez dkk.

Akan bertemu Uruguay, aroma balas dendam dipastikan akan mendobrak semangat bermain Portugal di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
Cristiano RonaldoPortugalPiala Dunia 2022One FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini