x

Prediksi Negara yang Lolos Grup F Piala Dunia 2022: Kroasia dan Belgia Sudah Pasti Melaju?

Selasa, 15 November 2022 21:48 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berikut prediksi negara yang bakal lolos dari Grup F Piala Dunia 2022 yang berisikan Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia.

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi negara yang bakal lolos dari Grup F Piala Dunia 2022 yang berisikan Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia.

Layaknya Grup E, G, dan H, Grup F adalah salah satu kumpulan paling sulit di atas kertas karena dihuni oleh negara-negara jempolan meski belum ada yang pernah keluar sebagai juara turnamen ini.

Belgia dalam satu dekade terakhir kembali mengkukuhkan diri sebagai salah satu produsen pemain bintang terbesar dan sempat menempati peringkat pertama FIFA untuk jangka waktu lama.

Kroasia di Piala Dunia edisi 2018 lalu menjadi kuda hitam pujaan publik pasca dapat menembus partai puncak dan mengklaim status runner-up.

Sementara itu Maroko (Afrika) dan Kanada (Amerika Utara) adalah negara yang disegani di benua masing-masing dan tentunya kelolosan mereka ke Qatar sudah jadi bukti kulitas mereka.

Baca Juga

Sayangnya hanya ada dua tiket menuju 16 besar untuk diperebutkan keempat tim kuat tadi di Grup F.

Mau tidak mau babak knock out Piala Dunia 2022 akan kehilangan dua kuda hitam atau bahkan favorit pemenang terlalu dini.

Baca Juga

Namun itulah serunya turnamen sekelas Piala Dunia. Tidak akan pernah tahu siapa yang bakal untung atau buntung mengingat dalam sepakbola tidak ada yang pasti.

Menarik untuk menyimak siapa di antara Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia yang bakal melaju ke fase gugur atau siapa yang harus berkemas lebih dulu dari Qatar.

Berikut ini adalah ulasan prediksi Grup F Piala Dunia 2022 dari INDOSPORT.


1. Bedah Kualitas Kontestan Grup F

Timnas Belgia Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Yves Herman)

1. Belgia

Piala Dunia 2022 akan jadi kesempatan terakhir bagi Belgia untuk mengukir prestasi nyata bersama generasi emas mereka.

Banyak dari anggota tim impian tersebut seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Dries Mertens, Axel Witsel, Toby Alderweireld, dan Jan Vertonghen tidak akan bisa bermain di Piala Dunia 2026 karena usia melewati 30 tahun.

Saat ini De Rode Duivels memang masih punya rising star baru macam Jeremy Doku, Charles De Ketelaere, atau Amadou Onana namun level mereka masih belum bisa dibandingkan dengan golden generation.

Tapi meski demikian materi skuat panggilan manajer Roberto Martinez masih sangat bagus untuk sekedar lolos dari Grup F.

Andai bisa menaklukkan Kroasia, maka Belgia kemungkinan besar akan keluar sebagai juara kumpulan.

Baca Juga

2. Kroasia

Memang sulit untuk melampaui capaian mereka di edisi terbaru Piala Dunia karena harus menjadi juara demi melakukannya namun tidak ada yang tidak mungkin bagi Kroasia.

Saat pilar sukses mereka di Rusia seperti Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic, Dejan Lovren, dan Marcelo Borozovic masih punya kesempatan untuk pergi ke Qatar sudah ada bibit-bibit bintang lain bermunculan.

Sebut saja Borna Sosa atau Josko Gvardiol. Masa depan The Blazers akan aman dan dengan penangangan tepat maka sangara mereka masih bisa unjuk gigi untuk waktu yang panjang.

Baca Juga

Di Piala Dunia 2022 ekspektasi yang cukup tinggi akan dibebankan pada Kroasia dan manajer Zlatko Dalic punya kapasitas untuk menjawab itu semua.

Meski berat, kami prediksi negara pecahan Yugoslavia ini akan menjadi salah satu anggota Grup F yang dapat lolos ke babak knock-out meski kemungkinan harus berdarah-darah.

 

2. Bedah Kualitas Kontestan Grup F

Timnas Maroko. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

3. Maroko

Baru untuk kali kedua dalam sejarah Maroko bisa berpartisipasi dalam dua edisi Piala Dunia beruntun dan kini mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk memperbaiki rekor.

Setelah lepas dari jajahan Prancis, negara Afrika ini sudah punya pengalaman lolos empat kali ke putaran final Piala Dunia.

Capain terbaik mereka ada di 1986 kala menembus 16 besar. Selebihnya The Atlas Lions harus puas sekedar meramaikan fase grup.

Kini mereka punya materi pemain yang jauh lebih baik. Tidak cuma Achraf Hakimi, Noussair Mazraoui, Romain Saiss, Sofyan Amrabat, Amine Harit, dan Youssef En-Nesysri saja namun juga Hakim Ziyech yang comeback setelah dibekukan pelatih sebelumnya.

Tidak akan ada yang menyalahkan mereka apabila Maroko akan gugur setelah tiga pertandingan namun sepertinya peluang untuk mendobrak Kroasia dan Belgia tetap realistis.

Baca Juga

4. Kanada

Setelah menanti sejak 1986, akhirnya Kanada bisa kembali lolos ke Piala Dunia. Tentunya ini adalah modal yang apik sebelum menjadi tuan rumah untuk edisi 2026 bersama dengan Meksiko dan Amerika Serikat.

Dengan minimnya pengalaman di kompetisi sebesar Piala Dunia, sepertinya Les Rouges masih akan kesulitan untuk bertahan lama di Qatar. Bagaimanapun juga ini adalah kali kedua mereka berada di final round.

Baca Juga

Setidaknya manajer Josu Herdman akan punya kans untuk menguji sejauh mana kekuatan generasi emas yang ia pegang di turnamen kelas wahid.

Sekarang Kanada punya sejumlah bintang yang merumput di Eropa. Contohnya Jonathan David, Ike Ugbo, dan tentu saja Alphonso Davies yang akan kembali diplot menjadi penyerang setelah bersama Bayern Munchen lebih difungsikan sebagai bek kiri.

Negeri Mapel untuk sekarang masih kalah kuat dan populer ketimbang Belgia, Kroasia, dan Maroko namun mereka tetap kontestan menarik di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
KroasiaSpanyolPiala DuniaMarokoPiala Dunia 2022KanadaOne FootballUpdate Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini