x

Prediksi Negara yang Lolos dari Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Wajib Ketar-ketir

Sabtu, 12 November 2022 21:31 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Logo Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM – Berikut prediksi negara yang bakal lolos dari grup B Piala Dunia 2022 yang berisikan Inggris, Amerika Serikat, Wales, dan Iran.

Piala Dunia 2022 hanya tinggal menghitung hari saja. Saat ini ke-32 negara partisipan siap bertarung memperebutkan gelar tertinggi di kancah sepak bola itu.

Namun sebelum bertarung memperebutkan gelar Piala Dunia 2022, setiap negara peserta harus melewati babak grup terlebih dahulu.

Dari 32 negara partisipan ini, FIFA telah membagi ke-32 negara kontestan itu ke dalam delapan grup yang berisikan masing-masing empat negara.

Dalam Drawing yang dilakukan beberapa waktu lalu, ditemukan beberapa grup neraka di Piala Dunia 2022, salah satunya adalah grup B.

Baca Juga

Grup B menjadi salah satu grup neraka di Piala Dunia 2022 ini karena berisikan tim-tim besar, yakni Inggris, Amerika Serikat, Wales, dan Iran.

Keempat negara ini merupakan negara sepak bola di zona masing-masing. Inggris dan Wales merupakan dua tim yang diperhitungkan di kancah Eropa.

Baca Juga

Lalu ada Amerika Serikat yang berstatus raksasa sepak bola di zona CONCACAF. Pun dengan Iran yang punya kiprah mentereng di sepak bola Asia.

Selain status tersebut, keempat negara ini memiliki materi pemain yang bermain di liga-liga top Eropa. Tak ayal grup B pun menjadi grup neraka.

Mengingat hanya ada dua tiket yang akan diperebutkan empat negara di masing-masing grup, siapa negara yang diprediksi lolos dari grup B Piala Dunia 2022? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Kontestan Grup B

Profil Timnas Inggris Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Reuters/Carl Recine)

1. Inggris

Banyak pihak meyakini Inggris akan menjadi pemuncak klasemen grup B dengan mudah dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Prediksi ini lahir karena Inggris punya rekam jejak apik, yakni mampu menembus semifinal Piala Dunia 2018, semifinal UEFA Nations League 2019, dan ke final Euro 2020.

Apalagi Inggris punya materi pemain yang mentas di Liga Inggris bersama klub-klub besar. Di atas kertas, The Three Lions punya peluang besar untuk keluar dari grup neraka.

Baca Juga

Namun Inggris saat ini tak seperti sebelumnya. Jelang menghadapi Piala Dunia 2022 ini, The Three Lions baru saja degradasi dari UEFA Nations League dan belum pernah menang di enam laga terakhirnya.

Hanya saja, Inggris punya modal apik di Kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan mencetak 39 gol dan kebobolan 3 gol. Andai bisa mengulangi laju apik ini, The Three Lions pun bisa saja mudah lolos dari grup B.

2. Amerika Serikat

Berbeda dengan Inggris yang berada dalam laju buruk, Amerika Serikat justru menatap Piala Dunia 2022 dengan kepercayaan diri tinggi dengan modal generasi emasnya.

Generasi emas Amerika Serikat ini terlihat dari banyaknya pemain muda yang saat ini sudah berkarier di Eropa. Bahkan pemain muda ini mampu menjadi andalan tim-tim besar benua biru.

Baca Juga

Selain punya generasi emas, Amerika Serikat punya sosok Gregg Berhalter yang bermain di Piala Dunia 2002 dan kini berstatus pelatih.

Dengan pengalamannya ini, Amerika Serikat pun bisa saja mengejutkan Inggris dan merebut puncak klasemen grup B serta lolos ke babak 16 besar.

Namun, kelemahan Amerika Serikat terdapat pada pengalaman. Meski begitu hal ini bukanlah hambatan bagi tim Paman Sam untuk bisa lolos dari grup B.


2. Iran Jadi Tumbal?

Profil Timnas Wales Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

3. Wales

Langkah Inggris dan Amerika Serikat untuk lolos bersamaan dari grup B bisa terganjal oleh Wales yang mampu menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2022 ini.

Wales secara mengejutkan berhasil menembus Piala Dunia 2022, setelah sekian lama tak lolos sejak Piala Dunia 1958 silam.

Fakta ini jelas membuat Wales berada dalam motivasi tinggi untuk tampil habis-habisan di Piala Dunia 2022. Kenyataannya, semesta mendukung ambisi The Dragons ini.

Baca Juga

Pasalnya, Wales berisikan pemain-pemain yang saat ini malang melintang di liga top dunia. Selain itu, The Dragons punya rekam jejak mentereng dalam dua edisi Euro yakni 2016 dan 2020.

Alhasil, laga pertama Wales melawan Amerika Serikat seakan menjadi penentu siapa yang akan lolos dari grup neraka ini ke babak 16 besar.

4. Iran

Melihat sederet tim grup B ini, Iran digambarkan sebagai tim terlemah. Hal ini bukanlah suatu yang mengejutkan, apalagi dengan lawan-lawan yang dihadapi Team Melli.

Namun Iran bukanlah tim kacangan di Piala Dunia 2022 ini. Tim ini punya catatan mentereng dengan hanya kebobolan 4 gol dari 10 laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga

Sehingga, Iran pun diprediksi akan sulit dibongkar oleh lawan-lawannya di grup B, yang akan menjadi modal berharga ketika mampu unggul atas lawannya.

Nahasnya, catatan apik dalam bertahan ini tak sebanding dengan penyerangan Iran. Tercatat, Team Melli hanya mencetak 9 gol dari 15 laga di Piala Dunia yang diikuti.

Meski punya penyerang yang mentas di Eropa seperti Sardar Azmoun dan Mehdi Taremi, rekor tersebut tetap saja bisa menghantui Iran di laga-laga babak grup B.

IranAmerika SerikatWalesPiala Dunia 2022Timnas InggrisOne FootballPrediksi Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini