x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Amerika Serikat, Menanti Guncangan Generasi Emas Paman Sam

Kamis, 3 November 2022 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut profil tim Piala Dunia 2022 dari grup B, yakni Amerika Serikat yang siap mengguncangkan jagat dengan generasi emasnya.(Foto: Instagram@usmnt)

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022 dari grup B, yakni Amerika Serikat yang siap mengguncangkan jagat dengan generasi emasnya.

Amerika Serikat merupakan salah satu kontestan pada ajang Piala Dunia 2022 ini dan akan tergabung di grup B bersama dengan Inggris, Iran, serta Wales.

Baca Juga

Berbicara soal Amerika Serikat, tentu banyak orang yang memandang remeh kiprah tim berjuluk Red and Stripes di kancah sepak bola.

Maklum saja, sepak bola bukanlah olahraga favorit Amerika Serikat. Selain itu, olahgara ini juga tak begitu familiar bagi warga negeri Paman Sam.

Tak ayal karena kultur yang berbeda itu, Amerika Serikat diprediksi bakal kesulitan di ajang-ajang internasional, termasuk ajang sekelas Piala Dunia.

Baca Juga

Namun anggapan ini akan patah begitu saja. Apalagi jika melihat Amerika Serikat saat ini yang berisikan generasi emas.

Generasi emas ini bukan generasi emas sembarang. Generasi emas ini berisikan pemain muda yang punya pengalaman segudang di usia yang relatif muda.

Pada Maret 2022 lalu, tercatat skuad utama Amerika Serikat atau USMNT usia rata-rata pemainnya berada di angka 24 tahun.

Baca Juga

Alhasil, Amerika Serikat diprediksi menjadi salah satu kuda hitam yang menakutkan di Piala Dunia 2022 dengan generasi emasnya itu.

Untuk melihat bagaimana peluang Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, alangkah baiknya melihat profil dari tim USMNT ini. Berikut ulasan INDOSPORT.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Laga antara AS vs Meksiko di final Gold Cup.

Sekadar informasi, untuk Piala Dunia 2022 ini Amerika Serikat akan mengandalkan para pemain muda yang bermain di liga-liga top Eropa.

Gregg Berhalter selaku pelatih Amerika Serikat sendiri, baru akan mengumumkan skuadnya untuk Piala Dunia 2022 pada 9 November 2022 nanti.

Meski begitu, tanda-tanda pemain yang terpilih sudah terlihat, di mana para pemain yang bermain di liga top Eropa akan terpilih.

Baca Juga

Nantinya dari para pemain yang terpilih itu, Gregg Berhalter akan menggunakan formasi yakni 4-3-3 dengan pola menyerang.

Hal ini tak lepas dari banyaknya winger mumpuni di kubu Amerika Serikat saat ini. Sebut saja Christian Pulisic, Giovanni Reyna, dan Brendan Aaronson.

Di sisi lain, Gregg Berhalter juga dianugerahi fullback yang punya gaya menyerang seperti Sergino Dest, Joe Scally, dan Sam Vines.

Meski terkesan menyerang, Gregg Berhalter tentu tak melupakan garis pertahanan. Karenanya ia tak begitu pusing karena memiliki Weston McKennie dan Tyler Adams yang tangguh di lini tengah.

Baca Juga

Starting Line Up Andalan Gregg Berhalter:

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest, Zimmerman, McKenzie, Sam Vines; Tyler Adams, Weston McKennie, Brendan Aaronson; Reyna, Pepi, Pulisic

Berikut daftar skuad serta prediksi Starting XI Amerika Serikat di Piala Dunia 2022*

Kiper: Matt Turner (Arsenal), Ethan Horvath (Luton Town), Zack Steffen (Middlesbrough)

Bek: Walker Zimmerman (Nashville SC), Mark McKenzie (KRC Genk), Aaron Long (New York Red Bulls), Erik Palmer Brown (Troyes), Sam Vines (Royal Antwerp), Sergino Dest (AC Milan), Joe Scally (Monchengladbach), Reggie Cannon (Boavista)

Gelandang: Weston McKennie (Juventus), Tyler Adams (Leeds United), Brendan Aaronson (Leeds United), Kellyn Acosta (Los Angeles FC), Luca de la Torre (Celta Vigo), Giovanni Reyna (Dortmund), Malik Tillman (Rangers FC), Yunus Musah (Valencia)

Penyerang: Christian Pulisic (Chelsea), Timothy Weah (Lille), Ricardo Pepi (FC Groningen), Jesus Ferreira (FC Dallas), Daryl Dike (West Bromwich), Josh Sargent (Norwich City), Paul Arriola (FC Dallas)

*NB: Daftar skuad dapat berubah seiring pengumuman resmi di tanggal 9 November 2022.


2. Player to Watch

Christian Pulisic, pemain Timnas Amerika Serikat.

Untuk pemain kunci dari Amerika Serikat, nama sang kapten sekaligus sang bintang, Christian Pulisic, akan menjadi andalan dari USMNT.

Pulisic merupakan salah satu bintang sepak bola terbesar di Amerika Serikat. Sejauh ini, pencapaiannya sebagai pemain melebihi para kompatriotnya.

Selain membela tim besar sekelas Chelsea, winger berusia 24 tahun ini juga kerap mencetak gol-gol penting bagi timnya dan tim nasionalnya.

Baca Juga

Salah satunya saat Amerika Serikat mengunci gelar Gold Cup 2021 dari rival abadinya, Meksiko, di mana ia mampu menjadi penentu kemenangan lewat penaltinya.

Di usia yang baru 24 tahun, Pulisic juga menjadi salah satu pemain senior Amerika Serikat saat ini, dengan koleksi 52 caps sejak debut di usia 17 tahun atau 2016 silam.

Prediksi Amerika Serikat di Piala Dunia 2022

Dengan berbekal generasi emasnya, Amerika Serikat diprediksi akan bisa melangkah jauh menyamai prestasinya di Piala Dunia 2002, yakni perempat final.

Baca Juga

Prediksi ini didapat karena Amerika Serikat dijagokan lolos dari grup B bersama dengan Timnas Inggris, mengungguli Wales dan Iran.

Jika berhasil lolos dengan dari grup B, maka Amerika Serikat akan menghadapi juara atau runner-up grup A yang diisi oleh Qatar, Belanda, Ekuador, dan Senegal.

Di atas kertas, dengan materi pemain muda yang berpengalaman itu, Amerika Serikat bisa melaju jauh dan mengalahkan lawan-lawannya di fase grup dan 16 besar Piala Dunia 2022 serta melangkah ke perempat final.

Amerika SerikatPiala Dunia 2022Christian PulisicOne FootballProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini