x

Totalitas! Qatar Pasang AC di Stadion Tempat Berlangsungnya Piala Dunia 2022

Kamis, 3 November 2022 09:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Menyambut Piala Dunia 2022,sebagai tuan rumah, Qatar bakal menyediakan sistem pendingin atau AC (Air Conditioner) di stadion demi kenyamanan penonton.

INDOSPORT.COM – Menyambut Piala Dunia 2022,sebagai tuan rumah, Qatar bakal menyediakan sistem pendingin atau AC (Air Conditioner) di stadion demi kenyamanan penonton.

Diketahui, Piala Dunia 2022 merupakan kompetisi sepak bola pria internasional empat tahunan yang diikuti oleh tim nasional senior dari asosiasi anggota FIFA.

Baca Juga

Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar pada 20 November-18 Desember 2022. Piala Dunia edisi ke-22 ini menjadi pertama kalinya kompetisi diadakan di teluk Arab.

Dilansir dari laman Sport Bible, sejatinya waktu digelarnya Piala Dunia 2022 Juni-Juli. Hanya saja karena suhu di Qatar mencapai 42 derajat celcius, maka dipindahkan ke akhir tahun.

Meski  suhu di Qatar diperkirakan 24 derajat celcius saat Piala Dunia 2022, namun tuan rumah kian bersolek  dengan memasang AC di setiap stadion.

Baca Juga

Tujuan pemasangan AC di Stadion Piala Dunia 2022 tersebut agar udara semakin ramah untuk pemain dan penonton selama pertandingan berlangsung.

Disebutkan dalam Sportbible, teknologi system pendingin ini melibatkan penggunaan energi sinar matahari yang dikembangkan dengan bantuan Qatar University.

“Kami bukan hanya mendinginkan udara, tetapi juga membersihkannya,” ujar Dr.Saud Abdulaziz Abdul Ghani,  Profesor di College of Engineering saat wawancara dengan FIFA.com.

Baca Juga

“Kami memurnikan udara untuk penonton. Contohnya orang yang punya energy , tidak akan mengalami masalah di stadion.”

“Karena kami memiliki udara terbersih dan termurni di sana,” sambung Dr.Saud Abdulaziz Abdul Ghani dalam wawancaranya.


1. Sistem Pendingin di Piala Dunia 2022

Sistem pemasangan AC di Piala Dunia 2022.

Dalam penjelasan lanjutannya, Dr.Saud Abdulaziz Abdul Ghani juga menjelaskan tentang sistem pemanangan AC di perhelatan akbar sepak bola di Piala Dunia 2022 Qatar.

“Udara hangat masuk melalui kisi-kisi yang terpasang di tribun dan nozel besar di samping lapangan.  (Kami) menggunakan teknik sirkulasi udara.”

Baca Juga

“Udara didinginkan kemudian ditarik kembali, didinginkan kembali, disaring, dan didorong keluar di tempat yang dibutuhkan,” ucap Dr.Saud Abdulaziz Abdul Ghani.

“Hal terpenting untuk mendinginkan secara efektif adalah Anda tidak ingin angin luar masuk ke stadion. Itu sebabnya ukuran dan desain stadion harus dipelajari dan disesuaikan sedemikian rupa.”

Selain adanya pemasangan AC pada stadion perhelatan Piala Dunia 2022, ada sejumlah aturan baru yang sudah ditetapkan jelang euphoria pesta akbar dunia sepak bola tersebut.

Baca Juga

Dilansir dari Daily Mail, suporter atau pendukung yang akan menonton langsung Piala Dunia 2022 di Qatar harus berpakaian sopan, tidak memakai pakaian berlebihan, dan dilarang konsumsi alkohol.

Selain itu, ada aturan baru lainnya bahwa penonton Piala Dunia 2022 dilarang untuk mendekati unta yang memang menjadi hewan terkenal di Qatar.

Larangan itu bukan tanpa sebab. Dilansir dari laman The Sun, rupanya ada kekhawatiran tentang merebaknya flu unta atau MERS-COV.

Baca Juga

Disebutkan bahwa flu unta tersebut diperkirakan telah menyebar dari kelelawar ke dromedari (unta arab), dan bisa ditularkan ke manusia.

Masalahnya, flu unta berbeda dengan Covid-19. Tidak ada vaksin atau pengobatan untuk virus jenis ini. mengerikannya virus itu, membuat sejumlah wisata dengan unta pun dihentikan sementara.

Jadi sudah selayaknya aturan-aturan tersebut wajib ditaati demi kelancaran perhelatan akbar sepak bola di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sumber: Sportbible

QatarPiala Dunia 2022One FootballUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini