x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Arab Saudi, Pengelana Padang Pasir Siap Ramaikan Kompetisi

Rabu, 2 November 2022 20:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut profil tim Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan seluk-beluk kontestan salah satu tim kuat Asia, Arab Saudi. (Foto: Instagram@saudi2027)

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan seluk-beluk kontestan salah satu tim kuat asia, Arab Saudi.

Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Arab Saudi mampu menjadi juara grup dengan mengungguli Jepang, Australia, Oman, Cina dan Vietnam.

Baca Juga

Selain Arab Saudi yang lolos kualifikasi Piala Dunia 2022, Jepang turut mengikuti jejak tim Timur Tengah itu dengan menjadi runner-up grup B.

Arab Saudi bertengger di posisi puncak usai mengalahkan Jepang di hadapan suporter sendiri dengan skor 1-0. Sementara itu, ketika bersua dengan Australia, tim asuhan Herve Renard berhasil meraih poin penuh.

Tim dengan julukan Al-Akhdar akan berpartisipasi untuk keenam kalinya sejak debut mereka di Piala Dunia 2022 pada tahun 1994 di Amerika Serikat. Kala itu, Arab Saudi mencapai babak 16 besar.

Baca Juga

Sementara itu, pada gelaran Piala Dunia berikutnya yaitu pada tahun 1998, 2022 dan 2006, Al-Akhdar tersingkir di babak penyisihan grup.

Arab Saudi gagal lolos Piala Dunia pada tahun 2010 dan 2014. Sementara pada Piala Dunia 2018 di Rusia, mereka tersingkir di babak penyisihan grup.

Namun demikian, Al-Akhdar menorehkan prestasi yang gemilang di level Asia. Pada tahun 1984, 1988 dan 1996, Arab Saudi menyabet gelar juara Piala Asia. Sementara di tahun 1992, 2000 dan 2007 Al-Akhdar menjadi runner-up ajang bergengsi se-Asia itu.

Baca Juga

Pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar, Arab Saudi tergabung di grup C bersama dengan Argentina, Meksiko dan Polandia. Arab Saudi sendiri bertengger di peringkat 51 FIFA.

Arab Saudi akan berhadapan dengan Argentina pada pertandingan perdana grup C yang akan digelar pada 22 November mendatang di Stadion Lusail Iconic.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Profil Timnas Arab Saudi Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@saudi2027)

Setelah gagal di Piala Dunia 2018, setelah ini Arab Saudi membawa harapan baru bersama pelatih baru Herve Renard. Dia melakuakn perombakan besar jelang Piala Dunia 2022

Herve Renard bergabung secara resmi dengan Fedrasi Sepak Bola Arab Saudi pada tahun 2019 menggantikan juru taktik asal Argentina, Juan Pizzi.

Baca Juga

Dalam posisi penjaga gawang, pemain andalan Arab Saudi, Mohammed Al-Owais yang mengoleksi total 37 penampilan bersama dengan timnas Arab Saudi.

Herve Renard mengandalkan Yasser Al-Shahrani di posisi lini pertahanan Arab Saudi. Bek Al Hilal SFC itu telah mengoleksi 70 penampilan bersama dengan skuad Al-Akhdar.

Sementara itu, pada posisi gelandang, Fahad Al-Muwallad menjadi tumpuan lapangan tengah dengan total mengoleksi 71 penampilan bersama dengan timnas Arab Saudi.

Baca Juga

Pada posisi ujung tombak, Firas Al-Buraikan memberikan penampilan impresif dengan mengoleksi total 24 penampilan di usianya yang masih 22 tahun.

Berikut Skuad Timnas Arab Saudi untuk Piala Dunia 2022*

Kiper: Mohammed Al-Owais (Al Hilal), Fawaz Al-Qarni (Al-Shabab), Mohammed Al Rubaie (Al-Ahli), Nawaf Al-Aqidi (Al-Nassr).

Bek: Yasser Gharsan Al-Shahrani (Al-Hilal), Mohammed Al-Breik (Al-Hilal), Ali Al-Bulaihi (Al-Hilal), Sultan Al-Ghanam (Al-Nassr), Saud Abdulhamid (Al-Hilal), Abdulelah Al-Amri (Al-Nassr), Hassan Tambakti (Al-Shabab), Abdullah Mohammed Madu (Al-Nassr), Ahmed Bamsaud (Al-Ittihad).

Baca Juga

Gelandang: Fahad Al-Muwallad (Al-Shabab), Salman Al-Faraj (Al-Hilal), Salem Al Dawsari (Al-Hilal), Nawat Al-Abed (Al-Shabab), Abdullah Otayf (Al-Hilal), Hattan Bahebri (Al-Shabab), Mohammed Kanno (Al-Hilal), Abdulellah Al-Malki (Al-Hilal), Sami Al-Najei (Al-Nassr), Ali Al-Hassan (Al-Nassr), Nasser Al-Dawsari (Al-Hilal), Ayman Yahya (Al-Nassr), Abdulrahman Al-Aboud (Al-Ittihad), Riyadh Sharahili (Abha).

Penyerang: Firas Al-Buraikan (Al-Fateh), Abdullah Al-Hamdan (Al-Shabab), Saleh Al-Shehri (Al-Hilal), Haitham Asiri (Al-Ahli), Abdullah Radif (Al-Hilal).

Starting XI: (4-42) Mohammed Al-Owais; Ali Al-Bulaihi, Abdullah Mohammed Madu, Yasser Gharsan Al-Shahrani, Hassan Tambakti; Fahad Al-Muwallad, Mohammed Kanno, Ayman Yahya, Riyadh Sharahili; Firas Al-Buraikan, Abdullah Radif.

*daftar pemain masih sementara dan bisa berubah sampai rilis skuad berikutnya


2. Player to Watch dan Prediksi

Profil Timnas Arab Saudi Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@saudi2027)

Salman Al-Faraj merupakan kapten timnas Arab Saudi dan menampilkan sejumlah permainan gemilang saat membela tim Al-Akhdar itu. Dirinya kerap diturunkan dalam beberapa laga.

Tercatat, Salman Al-Faraj telah memberikan sebanyak 68 penampilan bersama dengan timnas Arab Saudi. Salman telah mengoleksi sebanyak 8 gol.

Baca Juga

Pertandingan perdana Salman bersama timnas Arab Saudi dimulai ketika laga persahabatan Al-Akhdar melawan Kong di Stadion Abdullah bin Jalawi, pada 14 Oktober 2012.

Sementara itu, gol debut Salman Al-Faraj di timnas Arab Saudi terjadi di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Timor Leste. Saat itu, Arab Saudi berhasil meraih kemenangan dengan skor 7-0.

Kiprah Salman Al-Faraj di Piala Dunia 2018 terbilang gemilang. Dirinya berhasil menyelamatkan Arab Saudi dari kekalahan ketika melawan Mesir, meski akhirnya Al-Akhdar tersingkir di babak penyisihan grup.

Baca Juga

Prediksi di Piala Dunia 2022

Dalam ajang Piala Dunia 2022, Arab Saudi menjadi tim tidak diunggulkan. Pasalnya, dalam beberapa pertandingan di Piala Dunia, Arab Saudi sering menjadi bulan-bulanan tim kelas atas.

Tim asuhan Herve Renard tergabung di Grup B bersama dengan Argentina, Meksiko dan Polandia. Tentu saja, grup ini menjadi ujian yang berat bagi Arab Saudi.

Lawan sulit Arab Saudi di Grup B adalah Argentina, di mana tim Tango merupakan salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sementara itu, Arab Saudi juga akan diuji ketika laga kontra Meksiko. Pasalnya, Meksiko merupakan tim yang kerap lolos dari penyisihan grup Piala Dunia.

Dengan kondisi ini, bisa menahan tim kuat di Grup B Piala Dunia 2022 sudah menjadi hasil yang baik untuk tim Arab Saudi asuhan Herve Renard di edisi kali ini.

MeksikoQatarArab SaudiPiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini