x

3 Pemain Berganti Warga Negara yang Bakal Main di Piala Dunia 2022 Bersama Tim Impian

Selasa, 1 November 2022 16:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Aymeric Laporte saat bermain untuk Timnas Spanyol. Foto: David Ramos/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Bermain di Piala Dunia 2022 tentu saja sebuah mimpi besar yang ingin diwujudkan hampir seluruh pesepak bola di muka bumi saat ini.

Akan tetapi, hanya sejumlah pemain yang bisa mewujudkannya di Qatar nanti, saat turnamen akbar FIFA empat tahunan ini berlangsung pada November-Desember 2022.

Baca Juga

Para bintang lapangan seperti Sandro Tonali atau Gianlugi Donnarumma, termasuk golongan yang tidak beruntung karena tidak dapat berpartisipasi setelah kegagalan Timnas Italia ke putaran grup.

Nasib berbeda dirasakan oleh Harry Kane, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan masih banyak lagi, yang timnasnya berhasil melaju ke 32 besar.

Selain golongan-golongan tersebut di atas, ada pula sejumlah pemain yang termasuk ‘spesies’ pindah kewarganegaraan, yang ternyata cukup beruntung timnasnya lolos kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga

‘Membelotnya’ para pemain ini pun tidak melulu seputar ketidaksetiaan atau hal semacamnya. Jelas ada alasan tertentu mengapa mereka memilih kewarganegaraan tertentu demi bermain di timnas impian.

Nah, siapa saja mereka-mereka ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com telah merangkumnya.

Matty Cash

Junior Robert Lewandowski di Timnas Polandia ini lahir di Slough, Inggris, pada 9 Agustus 1997 dan bergabung dengan Wycombe Wanderers saat usianya 13 tahun.

Baca Juga

Mengawali kariernya sebagai pemain muda di Inggris, Matty Cash pun tercatat pernah membela tim-tim seperti FAB Academy dan Nottingham Forest.

Pada tahun 2020, ia pun hengkang ke Aston Villa dengan mahar yang disebut-sebut mencapai 16 juta poundsterling.


1. Selain Matty Cash, Ada Juga Pemain Manchester City

Aymeric Laporte saat bermain untuk Timnas Spanyol. Foto: David Ramos/Getty Images.

Akan tetapi, lahir dan besar di Inggris ternyata tidak menjamin jalan mulus Matty Cash menuju skuad The Three Lions.

Alhasil pada 2021 lalu, ia mengganti identitas di paspornya dengan negara asal sang ibunda, Polandia. Langkah ini ternyata membuahkan hasil manis bagi Matty Cash.

Baca Juga

Ia kemudian dipanggil ke Timnas Polandia untuk bermain di kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan kontra Andorra pun menjadi momen debutnya di level internasional.

Bukan tidak mungkin, ia nantinya juga akan dibawa Czesław Michniewic ke Qatar untuk mencatatkan penampilan perdana di level Piala Dunia.

Jika momen tersebut benar-benar tiba, tidak ayal keputusannya mengganti kewarganegaraan sejak tahun lalu pun rasanya sudah tepat.

Baca Juga

Sebagai informasi, Timnas Polandia di Piala Dunia 2022 berada di Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko.

Aymeric Laporte

Selanjutnya ada Aymeric Laporte yang berpindah kewarganegaraan dari Prancis ke Spanyol juga pada tahun 2021.

Pemain kelahiran Agen, Prancis, pada 27 Mei 1994 tersebut memiliki darah Basque dari silsilah kakek dan neneknya.

Baca Juga

Hanya pernah membela Timnas Prancis di kelompok umur, Aymeric Laport kemudian membelot ke Spanyol dengan mengajukan perpindahan kewarganegaraan yang disetujui oleh otoritas terkait.

PSSI-nya Spanyol, RFEF, juga membantu Aymeric Laporte mendapat lampu hijau untuk bisa membela La Roja dengan kewarganegaraan barunya.


2. Aymeric Laporte dan Inaki Williams

Inaki Williams di laga Real Madrid vs Athletic Bilbao (02/12/21). Foto: REUTERS/Sergio Perez.

Masih pada tahun yang sama, Aymeric Laporte dipanggil untuk memperkuat Timnas Spanyol di ajang Euro 2020.

Seikitar satu bulan kemudian, ia mencatatkan debut saat melawan Portugal di sebuah laga uji coba persahabatan.

Baca Juga

Baik bersama Prancis maupun Spanyol, Aymeric Laporte memiliki kesempatan besar untuk tampil di Piala Dunia 2022 lantaran kedua tim sama-sama lolos ke putaran grup.

Akan tetapi, keputusannya untuk membelot usai tidak kunjung mengantongi tempat di skuad Didier Deschamps sudah telanjur dibuat.

Kini ia hanya bisa berharap Timnas Spanyol yang telah dipilihnya dahulu mampu melaju jauh di Qatar. Mereka berada di Grup E bersama Kosta Rika, Jerman, dan Jepang.

Baca Juga

Inaki Williams

Pemain yang beberapa waktu lalu membuat gempar Liga Spanyol bersama saudaranya, Nico Williams, saat bermain untuk Athletic Bilbao.

Inaki Williams yang lahir di Bilbao, menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Pamplona, tempat sang adik lahir pada tahun 2002.

Baca Juga

Penyerang kelahiran 15 Juni 1994 tersebut bermain untuk sebuah klub lokal di Pamplona saat tim scouting dari Athletic Bilbao mencium bakatnya.

Sebelumnya, ia sempat tercatat sebagai pemain Timnas Spanyol namun kemudian memilih membelot ke Ghana.

Seperti pernah diwartakan Sportsbrief pada Juli lalu, Inaki Williams sudah berpindah hati ke Ghana, negara yang juga akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Grup H bersama Korea Selatan, Portugal, dan Uruguay.

Sumber: sportsbrief.com

PolandiaPiala Dunia 2022Timnas InggrisBola InternasionalTim Nasional SpanyolTim Nasional PrancisTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini