x

5 Gelaran Piala Dunia Termahal Sepanjang Masa, Nomor 1 Tekan Ribuan Triliun Rupiah

Rabu, 2 November 2022 15:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut lima gelaran Piala Dunia termahal sepanjang masa yang pernah ada di mana salah satunya mencapai Rp3.506 triliun.

INDOSPORT.COM – Berikut lima gelaran Piala Dunia termahal yang pernah ada. Salah satunya mencapai Rp3.550 triliun. Piala Dunia manakah itu?

Ajang Piala Dunia 2022 dalam waktu dekat ini akan kembali digelar. Pada tahun ini, gelaran empat tahunan sekali tersebut telah memasuki edisi yang ke-22.

Baca Juga

Piala Dunia 2022 tahun ini terasa berbeda sebab untuk pertama kalinya diselenggarakan di kawasan Arab, yakni di Qatar. Selain itu, dipilihnya Qatar juga kedua kalinya Piala Dunia diselenggarakan di kawasan Asia.

Sebelumnya, kawasan Asia lain yang pernah menyelenggarakan Piala Dunia adalah pada edisi 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Tiga puluh dua negara juga memastikan diri berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia tahun ini yang terbagi ke dalam delapan grup.

Baca Juga

Telah berlangsung hingga ke edisi 22 dan diselenggarakan di berbagai negara, persiapan turnamen sepak bola terbesar di dunia ini tentu turut menarik perhatian.

Selain soal perkembangan skuad negara-negara yang akan bermain, perhatian lain soal persiapan turnamen ini yang tak kalah menarik adalah soal biaya yang dikeluarkan oleh pihak penyelenggara.

Turnamen terbesar tentu pasti juga akan mengeluarkan biaya yang besar. Oleh sebab itu berbagai sponsor turut ditarik untuk menjadi partner dalam menyokong terselenggaranya Piala Dunia.

Baca Juga

Dalam beberapa edisi Piala Dunia, nominal biaya yang dikeluarkan oleh negara tuan rumah dapat mencapai puluhan bahkan ribuang triliun.

Kali ini, INDOSPORT akan mencoba mengular lima Piala Dunia dengan biaya termahal yang pernah ada. Piala Dunia edisi mana sajakah? Berikut ulasannya.


1. 5. Piala Dunia 2006 Jerman – 4,5 Miliar Euro atau Rp69 Triliun

Selebrasi Italia saat menjuarai Piala Dunia usai mengalahkan Prancis di final, 9 Juli 2006.

Piala Dunia 2006 merupakan edisi Piala Dunia yang diadakan di Jerman. Edisi ini merupakan edisi di mana Jerman menjadi kedua kalinyua tuan rumah Piala Dunia setelah tahun 1974.

Meski memiliki stadion dengan kualitas terbaik, perhelatan Piala Dunia 2006 tetap saja mengeluarkan dana yang bombastis.

Baca Juga

Kala itu, 4,5 miliar euro atau setara Rp69 triliun harus digelontorkan oleh pihak penyelenggara. Kendati begitu, Jerman turut mendapatkan pujian karena kesuksesannya.

Pada Piala Dunia 2006 ini, Timnas Italia berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Pranci lewat babak adu penalti.

4. Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang – 7,3 miliar euro atau Rp113 Triliun

Piala Dunia 2002 merupakan salah satu edisi yang berani mendobrak sejarah dengan diselenggarakan di kawasan Asia.

Baca Juga

Dua negara kawasan Asia yang beruntung menjadi tuan rumah ajang empat tahunan sekali tersebut adalah Korea Selatan dan Jepang.

Kabarnya, pada edisi yang membuat Brasil keluar sebagai juara dunia tersebut menelan biaya sebesar 7,3 miliar Euro atau setara Rp113 tirliun rupiah.

3. Piala Dunia 2018 Rusia – 12 miliar Euro atau Rp186 Triliun

Piala Dunia 2018 merupakan salah Piala Dunia yang begitu menarik perhatian dunia karena tidak hanya dari segi olahraganya.

Baca Juga

Pada gelaran Piala Dunia tahun ini, gelaran yang diadakan di Rusia tersebut juga sempat mendapat ancaman dari teroris ISIS.

Akan tetapi, hingga akhir, turnamen ini tetap berjalan lancar. Konon, gelaran Piala Dunia 2018, Rusia harus menggelontorkan dana sebesar 12 miliar euro atau setara Rp186 triliun.


2. 2. Piala Dunia 2014, Brasil – 15,6 miliar Euro atau Rp242 Triliun

Qatar menghitung mundur Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed.

Setelah dari benua Afrika di edisi Piala Dunia 2010, gelaran Piala Dunia 2014 kemudian bergeser ke benua Amerika Selatan.

Saat itu, Brasillah yang dipilih menjadi tuan rumah. Pada Piala Dunia 2014 Brasil ini, teknologi garis gawang diperkenalkan.

Baca Juga

Semenjak diperkenalkan di Piala Dunia 2014, teknologi garis gawang kemudian diteruskan ke turnamen hingga kompetisi lain sejak saat itu.

Pada penyelenggaraan Piala Dunia 2014 ini, Brasil menggelontorkan uang sebesar 15,6 miliar euro atau setara Rp242 triliun.

1. Piala Dunia 2022, Qatar – 229 miliar Euro atau Rp3.550 Triliun

Siapa sangka, Piala Dunia 2022 yang baru akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember ini menjadi Piala Dunia paling mahal sepanjang sejarah.

Baca Juga

Berlangsung di Qatar, Piala Dunia 2022 total menghamburkan dana fantastis hingga menyentuh nominal ribuan triliuan rupiah.

Dikabarkan, dana yang digelontorkan Qatar mencapai 229 miliar euro atau setara Rp3.550 triliun, tertinggi dibanding edisi-edisi Piala Dunia sebelumnya.

Baca Juga

Gelontoran fantastis tersebut meliputi keperluan venue seperti stadion, hotel, dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya untuk Piala Dunia 2022.

Piala DuniaQatarPiala Dunia 2022Sepak BolaTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini