x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Qatar, Menanti Geliat Tuan Rumah dan Raja Sepak Bola Asia

Rabu, 2 November 2022 18:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut profil Timnas Qatar di Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Lisa Leutner.

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan seluk-beluk kontestan tuan rumah, Timnas Qatar.

Berstatus sebagai penyelenggara Piala Dunia 2022, Qatar mendapat kehormatan berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Baca Juga

Timnas Qatar yang juga bernaung di bawah Asian Football Confederation (AFC) ini, sejatinya punya catatan yang tidak mentereng di Piala Dunia.

Ini adalah kali pertama bagi mereka bermain di putaran grup, setelah berkali-kali tidak lolos kualifikasi.

Sementara di level Benua Kuning, Timnas Qatar menorehkan prestasi yang cukup apik pada tahun 2019 dengan menjuarai Piala Asia.

Baca Juga

Bahkan, mereka juga mendominasi raihan individu dengan menggondol sejumlah gelar seperti top skor dan pemain terbaik, yang berhasil dikawinkan oleh Almoez Ali.

Pemain kelahiran Sudan tersebut berhasil mencetak 9 gol - memecahkan rekor hebat sebagai top skor dengan jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Piala Asia.

Selain Almoez Ali, sang kiper yakni Saad Al Sheeb sukses meraih gelar kiper terbaik. Sepanjang event berlangsung, ia hanya kebobolan satu kali! Itu pun saat bersua Jepang di final.

Baca Juga

Timnas Qatar menekuk kontestan dari Negara Sakura tersebut dengan skor 3-1. Adalah eks Liverpool, Takumi Minamino, satu-satunya pemain yang berhasil membobol gawang Saad Al Sheeb di Piala Asia 2019.

Ya, walau punya sejarah masa lampau yang tidak seberapa saat melangkahkan kaki di Piala Dunia 2022, Timnas Qatar memang sudah menunjukkan perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir - termasuk di FIFA Arab Cup 2021.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Berikut prediksi perkiraan formasi dan starting XI Timnas Qatar di Piala Dunia Qatar 2022. Foto: REUTERS/Lisa Leutner.

Seperti kontestan-kontestan lain pada umumnya, Timnas Qatar tentu berharap bisa mencapai hasil terbaik di Piala Dunia 2022.

Timnas Qatar saat ini ditangani oleh Felix Sanchez, pelatih asal Spanyol yang juga pernah menangani tim muda Barcelona.

Baca Juga

Ia dipromosikan sebagai pelatih tim senior Qatar pada 2017 setelah berkecimpung di level U-19 dan U-23 mereka.

Feliz Sanchez pula yang berhasil membawa Timnas Qatar juara Piala Asia 2019, membuat publik dan para suporter merasa optimistis tangan emasnya bisa bertuah lagi di Piala Dunia 2022.

Jelang kompetisi akbar empat tahunan ini, Timnas Qatar memang patut bernapas lega karena bakal diisi pemain-pemain pahlawan Piala Asia 2019 lalu.

Baca Juga

Sebut saja beberapa di antaranya Almoez Ali dan Saad Al Sheeb, kemudian Abdulaziz Hatem, Hassan Al Haydos, dan Akram Afif - yang berpeluang berada di starting XI untuk Piala Dunia 2022.

Feliz Sanchez diprediksi menggunakan 3-5-2 yang cukup sering ia gunakan di banyak pertandingan, atau 5-3-2 yang ia terapkan di dua laga persahabatan kontra Kanada dan Chile.

Apabila menggunakan 5-3-2, duet Almoez Ali dan Akram Alif sudah bisa dipastikan sebagai andalan utama di lini depan.

Baca Juga

Keduanya diharapkan bisa mencatat produktivitas yang tinggi, mengingat salah satu masalah utama Timnas Qatar saat ini ketajaman di depan gawang lawan yang berpengaruh ke jumlah raihan gol.

Prediksi Starting XI Timnas Qatar di Piala Dunia 2022 (5-3-2)

Saad Al Sheeb; Pedro Miguel, Bassam Al Rawi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Hassan Al Haydos, Karim Boudaif, Abdulaziz Hatem; Almoez Ali, Akram Afif.

Daftar Pemain Timnas Qatar di Piala Dunia 2022:

Kiper: Saad Al Sheeb (Al-Sadd), Meshaal Barsham (Al-Sadd), Yousef Hassan (Al-Gharafa).

Belakang: Abdelkarim Hassan (Al-Sadd), Boualem Khoukhi (Al-Sadd), Ro-Ro (Al-Sadd), Ismaeel Mohammad (Al-Duhail), Tarek Salman (Al-Sadd), Bassam Al-Rawi (Al-Duhail), Musab Kheder (Al-Sadd), Homam Ahmed (Al-Gharafa), Jaseem Gaber (Al-Arabi).

Tengah: Karim Boudiaf (Al-Duhail), Abdulaziz Hatem (Al-Rayyan), Ali Assadalla (Al-Sadd), Assim Madibo (Al-Duhail), Mohammed Waad (Al-Sadd), Salem Al-Hajri (Al-Sadd), Mostafa Tarek (Al-Sadd).

Depan: Hassan Al-Haydos (Al-Sadd), Akram Afif (Al-Sadd), Almoez Ali (Al-Duhail), Mohammed Muntari (Al-Duhail), Ahmed Alaaeldin (Al-Gharafa), Khalid Muneer (Al-Wakrah), Naif Al-Hadhrami (Al-Rayyan).


2. Player to Watch dan Prediksi di Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Qatar, Akram Afif. Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari/File Photo.

Player to Watch

Akram Afif

Meski Almoez Ali adalah pahlawan dan menyandang nama besar setelah sukses di Piala Asia 2019, Akram Afif juga tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Dua pemain ini pun diprediksi bekerja sama dengan apik di lini depan Timnas Qatar milik Feliz Sanchez di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Akram Afif merupakan pemain berposisi winger yang bisa beroperasi sebagai striker. Penampilannya bersama timnas akan sangat dinanti setelah sukses mengantarkan Al-Sadd juara Liga Qatar musim lalu.

Sepak terjangnya di level klub pun terbilang cukup impresif sepanjang 2021-2022, dengan mencetak 62 gol dan 53 assist dari 77 pertandingan.

Hanya saja, ia masih perlu memperbaiki raihannya di Timnas Qatar saat bermain sebagai striker. Saat ini, pemain berusia 25 tahun tersebut baru mencatatkan 24 gol dari 83 pertandingan.

Baca Juga

Tantangan tersebut, tentu saja harus ia jawab nanti saat berlaga di Piala Dunia 2022.

Prediksi di Piala Dunia 2022

Berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda, Qatar memiliki kans yang lumayan besar untuk lolos ke putaran selanjutnya.

Apalagi, Feliz Sanchez tidak perlu khawatir dengan ketersediaan pemain yang bisa dipilihnya, apalagi soal daftar cedera dan absen, mengingat para pemainnya seluruhnya berbasis di Qatar.

Baca Juga

“Jika Anda memulainya dengan baik, dinamikanya juga akan baik. Jika Anda memulai dengan buruk, semuanya akan lebih sulit,” ucapnya jelang laga perdana Piala Dunia 2022, dikutip dari laman resmi QFA.

Seperti kata Feliz Sanchez, jika Timnas Qatar bisa memulai perjuangan dengan hasil positif, Grup A bukan mustahil untuk dilewati - terlebih lagi jika berhasil menaklukkan dua rival sulit mereka, Senegal dan Belanda.

QatarPiala Dunia 2022Bola InternasionalProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini