x

Prediksi Negara yang Lolos Grup E Piala Dunia 2022: Kans Jepang Runtuhkan Jemawa Spanyol dan Jerman

Selasa, 15 November 2022 19:55 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berikut prediksi negara yang bakal lolos dari Grup E Piala Dunia 2022 yang berisikan Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika.

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi negara yang bakal lolos dari Grup E Piala Dunia 2022 yang berisikan Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika.

Grup E bisa dibilang adalah salah satu kumpulan paling sulit mengingat keempat negara yang tergabung punya sejarah panjang di kompetisi akbat empat tahunan kali ini.

Spanyol sebagai salah satu favorit juara sudah pernah menjadi kampiun sebanyak satu kali pada edisi 2010 lalu di Afrika Selatan.

Demikian juga Jerman yang punya empat bintang di atas logo di dada tanda sudah empat kali menjadi juara dimana Brasil 2014 adalah kali terakhir tempat mereka terakhir berpesta.

Sementara itu Jepang dan Kosta Rika adalah langganan ikut serta di Piala Dunia. Wakil Asia tidak pernah absen sekalipun sejak gelaran 1998 di Prancis sementara raksasa Amerika Utara dalam dua dekade terakhir hanya tidak ikut pada 2010.

Baca Juga

Sayangnya hanya ada dua tiket menuju 16 besar untuk diperebutkan keempat tim kuat tadi di Grup E.

Mau tidak mau babak knock out Piala Dunia 2022 akan kehilangan dua kuda hitam atau bahkan favorit pemenang terlalu dini.

Baca Juga

Namun itulah serunya turnamen sekelas Piala Dunia. Tidak akan pernah tahu siapa yang bakal untung atau buntung mengingat dalam sepakbola tidak ada yang pasti.

Menarik untuk menyimak siapa di antara Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika yang bakal melaju ke fase gugur atau siapa yang harus angkat koper lebih dulu dari Qatar.

Berikut ini adalah ulasan prediksi Grup E Piala Dunia 2022 dari INDOSPORT.

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Kontestan Grup D

Timnas Spanyol. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

1. Spanyol

Berkaca dari kegagalan parah saat Piala Dunia 2018 silam di Rusia, Spanyol jelas ingin mendapatkan hasil yang lebih baik pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Meski saat ini La Furia Roja sudah tidak lagi diperkuat oleh para pemain generasi emasnya yang menjadi kampiun lebih dari satu dekade lalu, namun armada asuhan Luis Enrique masih penuh dengan talenta.

Bahkan saking banyaknya opsi untuk dipanggil membuat nama-nama beken seperti David de Gea, Sergio Ramos, dan Thiago Alcantara tidak kebagian tempat.

Sebagai ganti, Robert Sanchez, Pau Torres, dan Pedri mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke Qatar.

Di bawah pelatih saat ini, Spanyol sudah berhasil menembus final UEFA Nations League 2021 dan menjadi juara tiga Piala Eropa 2020. Pantas jika aksi mereka akan sangat dinanti dan kami prediksi dapat memuncaki Grup E.

Baca Juga

2. Jerman

Di Piala Dunia 2018 memori buruk juga terukir untuk Jerman dan kini saatnya mereka untuk bangkit sebelum titel 'The Fallen Giant' kadung melekat.

Der Panzer beruntung karena masih diberkati dengan mesin produksi talenta yang produktif. Saat para veteran juara Piala Dunia 2014 sudah mulai menua atau bahkan pensiun, para wonderkid kemudian bermunculan.

Baca Juga

Skuat asuhan Hansi Flick yang dibawa ke Piala Dunia 2022 adalah kombinasi pengalaman dan darah muda. Manuel Neuer, Mario Gotze, Ilkay Gundogan, dan Thomas Muller masih jadi pasak tim sementara Kai Havertz, Jamal Musiala, serta Karim Adeyemi diharapkan menjadi dayung penggerak.

Potensi dari skuat kali ini di atas kertas masih belum bisa menyamai kekuatan skuat Joachim Low di 2014 namun tidak ada yang pasti di sepakbola sekali lagi harus dicamkan.

Jerman sejak dulu ada tim spesialis turnamen. Begitu kompetisi memasuki babak gugur, kadang kala sulit sekali untuk menghentikan laju mereka. Status runner-up Grup E cukup realistis untuk digapai.

Baca Juga
 

2. Bedah Kualitas Kontestan Grup D

Timnas Jepang Piala Dunia 2022. (Foto: Instagram@japan_football__)

3. Jepang

Menjadi wakil Asia di perhelatan Piala Dunia selama nyaris seperempat abad tanpa henti sudah bisa menggambarkan betapa kuatnya Jepang.

The Blue Samurai bisa menjadi raksasa di Benua Kuning berkat blue print yang jelas dalam pembentukan talenta. Kini bisa saja mereka membuat tim yang sepenuhnya diisi para bintang yang merumput di Eropa.

Namun pelatih Hajime Moriyasu masih menghargai produk kompetisi domestik. Tujuh dari 26 nama yang dibawanya ke Qatar adalah penggawa klub J-League sementara sebagian besar lain merumput di lima negara top Benua Biru.

Hanya saja skuat Jepang dinilai akan kekurangan taji setelah tidak dipanggilnya Kyogo Furuhashi meski striker Cletic FC itu berada dalam usia emas, 27 tahun, dan dalam dua musim terakhir menggila di Skotlandia berkat 31 gol dalam 53 penampilan lintas ajang.

Walau demikian kami rasa Jepang masih tetap bisa bersaing di Grup E. Jika ada yang bisa merusak prediksi hegemoni Spanyol dan Jerman maka negara itu adalah Negeri Sakura.

Baca Juga

4. Kosta Rika

Setiap Piala Dunia digelar, Kosta Rika selalu jadi kuda hitam dan di Qatar tahun ini sepertinya tradisi tersebut masih akan terus berlanjut.

Di edisi 2014 Los Ticos menunjukkan performa terbaik mereka dengan melaju ke delapan besar namun sepertinya kali ini akan sulit untuk terulang.

Baca Juga

Kosta Rika masih kesulitan untuk melakukan regenerasi usai terus diandalkannya para bintang gaek seperti Bryan Ruiz (37), Celso Borges (34), Kendall Waston (34), hingga Johan Venegas (33).

Cukup banyak pemain di bawah usia 25 namun rata-rata jumlah caps mereka masih di bawah lima.

Karena itu kami merasa jika belum saatnya bagi Kosta Rika untuk mengulangi prestasi mereka di turnamen kali ini. Di Piala Dunia 2022, menjadi penggembira sekalipun menjadi juru kunci Grup E sudah cukup untuk mereka.

Baca Juga
SpanyolJepangKosta RikaJermanPiala Dunia 2022One Football

Berita Terkini