x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Spanyol, Status Kuda Hitam Bukan Hinaan bagi La Furia Roja

Selasa, 8 November 2022 16:21 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Profil tim Spanyol di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi La Furia Roja, salah satu raksasa disegani di Qatar nanti. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil tim nasional Spanyol di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi La Furia Roja, salah satu raksasa disegani di Qatar nanti.

Dengan populernya duo Amerika Selatan, Argentina dan Brasil, di mata publik dalam hal prediksi kampiun Piala Dunia edisi tahun ini Spanyol seakan jadi anak tiri.

Baca Juga

Padahal boleh dibilang dinasti mereka belum lama ini masih terasa pengaruhnya. Negeri Matador sempat jadi imperium sepak bola internasional terkuat usai menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Saat itu mereka diperkuat oleh pemain-pemain generasi emas mereka macam Iker Casillas, Carles Puyol, Gerard Pique, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, hingga David Villa dan Fernando Torres.

Walau kini sudah melakukan regenerasi dalam belum mencapai level sukses seperti pendahulunya, namun bukan berarti Spanyol pantas dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Spanyol tetap negara yang harus dihormati kendati sempat tampil di bawah ekspektasi di Piala Dunia 2014 (fase grup), Piala Eropa 2016 (16 besar), dan Piala Dunia 2018 (16 besar).

Terutama di bawah komando pelatih Luis Enrique. Perlahan tapi pasti, kini The Red Fury mulai menunjukkan taring mereka lagi.

Bersama eks bos Barcelona dan AS Roma tersebut, Spanyol mulai berani menggunakan banyak pemain muda lagi seperti Ansu Fati, Ferran Torres, Gavi, dan Pedri.

Baca Juga

Sempat ada anggapan jika sang pelatih hanya memanggil mereka karena koneksi dengan Barcelona tetapi nyatanya prestasi tetap bisa ia berikan.

Publik seolah mengecilkan sukses Enrique membawa Spanyol menjadi juara tiga di Piala Eropa 2020 dan juga runner-up UEFA Nations League 2021. Status kuda hitam justru mungkin akan menguntungkan di Piala Dunia 2022 mendatang mengingat beban untuk mereka bisa berkurang.


1. Prediksi Skuad dan Starting XI

Pelatih Spanyol, Luis Enrique.

Spanyol adalah tim yang selalu setia dengan pakem 4-3-3 beserta turunannya. Skema tersebut dianggap paling cocok untuk mengakomodasi filosofi permainan umpan pendek dari kaki ke kaki yang sudah jadi identitas mereka selama ini.

Dasar tersebut juga diterapkan oleh Luis Enrique. Di eranya, penggunaan formasi tanpa striker murni juga semakin sering digunakan kendati hal itu awalnya sudah mulai populer pada masa kepelatihan Vicente de Bosque.

Baca Juga

Tiga gelandang sentral akan jadi pusat permainan Spanyol dan mereka beruntung tidak pernah kehabisan stok pemain tengah berkualitas.

Sergio Busquets sebagai salah satu dari sedikit artefak peninggalan era emas kemungkinan akan mendapat garansi satu tempat di Starting XI kendari usianya sudah 34 tahun.

Ia adalah kapten tim yang jelas dibutuhkan instruksinya di lapangan. Kemungkinan besar Pedri akan jadi salah satu tandemnya. Sisa satu slot di barisang tengah akan diperebutkan oleh Thiago Alcantara, Koke, atau Carlos Soler.

Baca Juga

Spanyol sendiri sudah merilis 55 nama yang masuk dalam skuad sementara untuk Piala Dunia 2022. Sergio Ramos yang sempat tersisih kini kembali dipanggil tetapi David de Gea dan Fabian Ruiz justru ditepikan.

Prediksi Line-Up Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Cesar Azpilicueta, Sergio Ramos, Pau Torres, Jose Gaya, Sergio Busquets, Pedri, Koke, Dani Olmo, Ferran Torres, Alvaro Morata

Baca Juga

Skuad Sementara Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Unai Simon, Kepa Arrizabalaga, Robert Sanchez, David Raya, David Soria

Bek: Sergio Ramos, Jordi Alba, Cesar Azpilicueta, Dani Carvajal, Pau Torres, Inigo Martinez, Jose Gaya, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Diego Llorente, Marcos Alonso, Hugo Guillamon, Alejandro Balde, Arnau Martinez

Gelandang: Sergio Busquets, Koke, Thiago Alcantara, Rodri, Marcos Llorente, Pedri, Gavi, Carlos Soler, Mikel Merino, Sergi Roberto, Sergio Canales, Braiz Mendez, Oihan Sancet

Penyerang: Alvaro Morata, Ferran Torres, Marco Asensio, Rodrigo Moreno, Pablo Sarabia, Dani Olmo, Mikel Oyarzabal, Iago Aspas, Gerard Moreno, Yeremy Pino, Ansu Fati, Nico Williams, Borja Iglesias


2. Player to Watch dan Prediksi di Piala Dunia

Pemain muda Timnas Spanyol, Gavi (kiri). (Foto: REUTERS/David W Cerny)

Player to Watch

Spanyol di rezim Luis Enrique tidak segan untuk mengandalkan pemain yang masih hijau dan di ajang sekelas Piala Dunia 2022 nanti diyakini kebijakan itu tidak akan berubah.

Di Piala Eropa 2020 lalu Pedri yang masih berusia 18 tahun kala itu dicatat memainkan semua laga Tim Matador dari fase grup sampai semifinal.

Baca Juga

Di Qatar nanti mungkin giliran rekannya dari Barcelona, Gavi, yang menjadi anak emas dari Enrique. Sejak Oktober 2021, sang wonderkid selalu masuk dalam skuad panggilannya.

Gavi mungkin tidak akan bermain sebanyak Pedri tetapi ia tetap akan punya peran krusial. Pasalnya selain bisa menjadi gelandang, alumni La Masia itu juga fasih dipasang sebagai sayap tetapi tidak dengan peran tradisional.

Mental Gavi pun sudah sangat teruji. Ia adalah pemegang rekor pencetak gol Spanyol termuda di usia 17 tahun 10 bulan dalam partai UEFA Nations League di Juni 2022 lalu.

Baca Juga

Prediksi Performa di Piala Dunia 2022

Di Piala Dunia 2018 lalu Spanyol diuji dengan drama pemecatan mendadak Julen Lopetegui akibat sang pelatih mengumumkan keputusannya akan menangani Real Madrid terlalu dini.

Dengan Fernando Hierro sebagai caretaker, mereka pun gagal untuk memenuhi ekspektasi awal dan harus puas finis di 16 besar. Menyongsong Piala Dunia 2022, jelas luka tersebut akan berusaha untuk ditutup dengan hasil yang lebih baik.

Tergabung di Grup E bersama dengan Kosta Rika, Jerman, dan Jepang, Spanyol boleh dibilang masuk dalam kumpulan sulit tapi bukan berarti tidak bisa untuk dilalui.

Baca Juga

Hanya saja andai lolos ke 8 besar ada peluang bagi mereka harus berjumpa dengan Brasil menyusul kemungkinan Argentina di babak berikutnya.

Jalan Timnas Spanyol untuk menjadi juara di Piala Dunia 2022 memang akan sangat terjal. Maka akan realistis jika kami memprediksi La Furia Roja sudah cukup apik jika mampu mencapai perempat final atau semifinal.

SpanyolLuis EnriquePiala Dunia 2022Tim Nasional SpanyolGavi

Berita Terkini