x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Ekuador, Menanti Ledakan Tim 3 Warna di Qatar

Sabtu, 5 November 2022 22:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Profil Timnas Ekuador Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@fefecuador)

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan seluk beluk kontestan salah satu tim Amerika Selatan, Ekuador.

Diketahui, Amerika Selatan terkenal sebagai raja sepak bola di Benua Amerika. Beberapa tim seperti, Argentina, Brasil, dan Uruguay berada di kawasan ini.

Baca Juga

Kali ini, mari kita membahas salah satu tim Amerika Selatan yang berhasil lolos Piala Dunia 2022. Meski tak diunggulkan, tim ini patut diwaspadai kiprahnya di Qatar nanti.

Ekuador memiliki julukan La Tri (The Tri), yang memiliki arti jersey kuning. Selain itu, juru taktik Gustavo Julio Alfaro notabene mantan pemain Argentina.

Ekuador berhasil lolos dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah memberi kejutan dengan bertengger di posisi keempat klasemen akhir babak kualifikasi zona Amerika Selatan (Conmebol).

Baca Juga

Bersama Argentina, Brasil dan Uruguay, Ekuador berhasil memantapkan diri bertandang ke Qatar meskipun dalam laga terakhir Ekuador harus kalah dari Paraguay.

Hasil mengejutkan terjadi ketika Ekuador berhasil menahan imbang tim raksasa Amerika Selatan, Brasil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skor 1-1 bertahan hingga menit akhir.

Meski diwarnai kartu merah untuk kedua tim, keganasan Brasil berhasil diredam pasukan  Julio Alfaro. Felix Torres mencetak gol di menit ke-75 dan menyelamatkan La Tri dari kekalahan.

Baca Juga

Sementara itu, kiprah Ekuador di ajang Piala Dunia terbilang pahit. Pada 1930-1938 Ekuador gagal lolos Piala Dunia, lalu pada 1950, Ekuador lolos untuk pertama kalinya, namun mundur dari gelaran bergengsi itu.

Pada edisi Piala Dunia selanjutnya, La Tri juga tidak ikut Piala Dunia 1954 dan 1958 serta gagal lolos ke kompetisi sepak bola paling bergengsi dunia dari1962 hingga 1998.


1. Prakiraan Formasi dan Starting XI

Profil Timnas Ekuador Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Instagram@fefecuador)

Meski belum mengumumkan secara resmi daftar pemain yang akan dibawa ke Qatar, Gustavo Julio Alfaro diperkirakan akan membawa sejumlah pemain yang sama ketika laga uji coba melawan Jepang.

Pada posisi penjaga gawang, Alexander Dominguez menjadi kandidat terkuat skuad Ekuador di Piala Dunia 2022. Dominguez mengoleksi 67 penampilan bersama La Tri.

Baca Juga

Sementara di posisi bek, pemain klub Liga Inggris, Brighton, Pervis Estupinan dapat memperkuat barisan pertahanan Ekuador. Dirinya mengoleksi 28 penampilan bersama timnas Ekuador.

Pada posisi gelandang, pemain Brighton Moises Caicedo diprediksi akan menjadi tulang punggung La Tri. Pasalnya, dalam pertandingan Liga Inggris, dirinya mengoleksi satu gol untuk Brighton.

Sementara pada posisi ujung tombak, kapten kesebelasan tim, Enner Valencia menjadi pemain yang menuai banyak sorotan. Dirinya mengoleksi 74 penampilan bersama timnas Ekuador.

Baca Juga

Berikut Daftar Pemain Timnas Ekuador untuk Piala Dunia 2022*

Kiper: Alexander Dominguez (LDU Quito), Hernan Galindez (Aucas), Moises Ramirez (Independiente del Valle), Gonzalo Valle (Guayaquil City).

Bek: Pervis Estupinan (Brighton), Angelo Preciado (Genk), Piero Hincapie (Leverkusen), Xavier Arreaga (Seattle Sounders), Byron Castillo (Leon), Diego Palacios (LA FC), Fernando Leon (Atletico San Luis), Jackson Porozo (Troyes), William Pacho (Antwerp).

Gelandang: Angel Mena (Leon), Carlos Gruezo (Augsburg), Jhegson Mendez (LA FC), Gonzalo Plata (Valladolid), Moises Caicedo (Brighton), Romario Ibarra (Pachuca), Alan Franco (Talleres), Jose Cifuentes (LA FC), Jeremy Sarmiento (Brighton), Nilson Angulo (Anderlecht), Patrickson Delgado (Ajax), Anthony Valencia (Antwerp).

Baca Juga

Penyerang: Enner Valencia (Fenerbahce), Michael Estrada (Cruz Azul), Djorkaeff Reasco (Newell’s Old).

Perkiraan Starting XI: (4-3-3) Alexander Dominguez; Angelo Preciado, William Pacho, Xavier Arreaga, Pervis Estupinan; Moises Caicedo, Jeremy Sarmiento, Angel Mena; Patrickson Delgado, Anthony Valencia, Enner Valencia.

*daftar pemain masih sementara dan bisa berubah sampai rilis skuad berikutnya


2. Player to Watch

Selebrasi Pemain Ekuador Usai Cetak Gol di Copa America 2021

Moises Caicedo

Moises Caicedo merupakan pemain muda asal Ekuador yang melang melintang di Liga Inggris. Dia menjadi salah satu andalan lapangan tengah bagi tim asuhan Roberto De Zerbi.

Dirinya sempat menjadi incaran berbagai klub Eropa. Dikabarkan, Moises Caicedo masih menjadi incaran Manchester United untuk musim 2023.

Baca Juga

Kiprah Moises Caicedo di timnas Ekuador terbilang gemilang. Meski baru debut dbersama La Tri pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Moises Caicedo mampu menunjukkan skill pemain Eropanya.

Moises Caicedo debut pertama kali pada tahun 2020 bersama dengan timnas Ekuador. Kala itu dirinya membuka kemenangan Ekuador atas Uruguay di menit awal babak pertama.

Pada ajang Piala Dunia kali ini Moises Caicedo diprediksi akan menjadi tulang punggung skuad besutan Gustavo Julio Alfaro.

Baca Juga

Prediksi di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi ajang tunjuk gigi tim asuhan Gustavo Julio Alfaro. Pasalnya, Ekuador sendiri bukan tim yang diunggulkan dalam gelaran bergengsi ini.

Meski tak diunggulkan, La Tri bisa jadi kuda hitam bagi tim-tim raksasa lainnya. Dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, Ekuador berhasil menahan imbang Brazil dengan skor 1-1.

Ekuador tergabung di grup A pada ajang Piala Dunia 2022 bersama dengan Qatar, Senegal dan Belanda. Tentu bukan hal yang mudah bagi La Tri untuk bisa lolos dari fase grup.

Baca Juga

Dalam grup A, Ekuador bisa menjadi lumbung gol oleh negara-negara yang diunggulkan di grup tersebut. Belanda dan Senegal menjadi kandidat kuat negara yang lolod fase grup.

Sementara Qatar merupakan tim tuan rumah. Tentu animo pendukung Qatar menjadi tekanan yang kuat bagi Ekuador. Menahan imbang tim sekelas Belanda dan Senengal bisa menjadi modal positif tim asal Amerika Selatan ini.

EkuadorArgentinaBrasilPiala DuniaQatarPiala Dunia 2022Moises CaicedoProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini