x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Australia, Menanti The Socceroos Bicara Lebih Banyak

Minggu, 6 November 2022 18:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
PProfil tim nasional Asutralia di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi The Socceroos, salah satu kandidat kuda hitam di Qatar. (Foto: Instagram@socceroos)

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim nasional Australia di Piala Dunia 2022 yang akan menyajikan serba-serbi The Socceroos, salah satu kandidat kuda hitam di Qatar.

Australia memastikan langkah mereka lolos ke Piala Dunia 2022 melalui proses yang panjang.

Baca Juga

Setelah melewati delapan pertandingan tanpa cela berkat 24 poin plus selisih gol +26 di ronde kedua kualifikasi zona AFC atau Asia, tim asuhan Graham Arnold tersebut nyaris tersingkir di babak berikutnya.

Pada penyisihan putaran ketiga Australia kalah dari Arab Saudi dan Jepang untuk memperebutkan dua tiket otomatis ke putaran final sehingga harus melewati dua pertandingan lagi.

Di kualifikasi zona AFC babak keempat mereka harus susah payah menjungkalkan Uni Emirat Arab dengan skor tipis 1-2 yang membuahkan keikutsertaan di play-off antar benua.

Baca Juga

Peru menjadi lawan Australia dan Los Incas terbukti jadi ujian terberat bagi Aaron Moy dan kolega.

Butuh 120 menit plus adu penalti sebelum akhirnya kepastian bisa berlaga di Piala Dunia 2022 mereka dapatkan. Pasca bermain tanpa gol, Australia kemudian menyingkirkan Peru 5-4 di tos-tosan.

Qatar 2022 akan jadi edisi Piala Dunia keenam yang Australia ikuti. Sebagai anggota AFC, total keikutsertaan mereka menjadi empat kali berturut-turut mengingat kelolosan menuju Jerman 2006 diraih saat masih menjadi member OFC (Oseania).

Baca Juga

Sayang mereka belum bisa bicara lantang di panggung tertinggi. Sejarah mencatat Australia paling jauh melaju hanya hingga babak 16 besar (2006) dan bahkan di edisi 2014 dan 2018 tidak satupun kemenangan babak grup yang bisa diperoleh.

Mengingat nanti wakil Asia di Piala Dunia 2022 juga ada Qatar, Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi, maka patut ditunggu dimana sebenarnya level kekuatan Australia sebenarnya.


1. Prediksi Skuat dan Formasi

Martin Boyle (kanan), penggawa Australia.

Layaknya para raksasa Asia lainnya, Australia banyak mengandalkan pemain yang berkarier di liga luar negeri terutama Eropa meski mereka yang bermain untuk klub A-League, kompetisi domestik, masih juga laku mendapat panggilan.

Saat ini The Socceroos memang belum lagi bisa memproduksi bintang premium sekelas Tim Cahill, Mark Viduka, atau Mark Schwarzer namun opsi yang mereka bisa bawa ke Piala Dunia 2022 masih terbilang lumayan.

Baca Juga

Nama paling beken saat ini mungkin adalah Aaron Moy, eks Manchester City yang sempat punya karier mapan di Liga Inggris bersama tim semenjana seperti Huddersfield Town dan Brighton and Hove Albion.

Gelandang 32 tahun yang kini merumput di Skotlandia untuk Celtic FC ini adalah salah satu pemain dengan pengalaman terbanyak Australia berkat 53 caps berbuah tujuh gol.

Selebihnya ada juga Matt Ryan (kapten tim, Copenhagen), Jackson Irvine (St. Pauli), Ajdin Hrustic (Hellas Verona), Tom Rogic (West Brom), atau pemain naturalisasi berdarah Skotlandia yakni Jason Cummings (Central Coast Marriners).

Baca Juga

Untuk formasi dan taktik, pelatih Graham Arnold yang punya diasisteni oleh salah satu eks tangan kanan Sir Alex Ferguson kala Menangani manchester United yakni Rene Meulensteen senang dengan 4-2-3-1 dan turunannya.

Maka dari itu Australia mungkin juga akan tampil dengan 4-3-3 atau bahkan 4-1-4-1 tergantung tipe lawan yang mereka hadapi di Piala Dunia 2022 nanti.

Prediksi Line-Up Timnas Australia di Piala Dunia 2022

Australia (4-2-3-1): Matt Ryan; Nathaniel Atkison, Bailey Wright, Kyle Rowles, Aziz Behich; Aaron Mooy, Jackson Irvine; Ajdin Hrustic, Martin Boyle, Mathew Leckie; Mitchell Duke

Baca Juga

Skuat Timnas Australia di Piala Dunia 2022

Kiper: Matt Ryan, Andrew Redmayne, Danny Vukovic

Bek: Aziz Behich, Milos Degenerek, Bailey Wright, Fran Karacic, Harry Souttar, Nathaniel Atkinson, Joel King, Thomas Deng, Kye Rowles

Gelandang: Aaron Mooy, Jackson Irvine, Ajdin Hrustic, Riley McGree, Cameron Devlin, Keanu Baccus

Penyerang: Mathew Leckie, Awer Mabil, Jamie McLaren, Mitchell Duke, Martin Boyle, Craig Goodwin, Jason Cummings, Garang Kuol


2. Pemain Sorotan dan Prediksi Performa

Profil Tim Piala Dunia 2022: Australia, Menanti The Socceroos Bicara Lebih Banyak

Player to Watch

Di tengah minimnya pemain bintang besar di Australia saat ini mungkin bisa jadi jalan bagi pemain muda untuk berkembang dan menjadi penampil reguler.

Salah satunya adalah Denis Genreau, gelandang serang 23 tahun yang saat ini jadi salah satu dari segelintir penggawa The Socceroos di lima liga top Eropa.

Genreau memperkuat FC Toulouse di kasta teratas Prancis sejak 2021 silam setelah sebelumnya sempat juga berkiprah di Australia bersama Melbourne City dan Macarthur juga Belanda untuk PEC Zwolle.

Di 2022/2023 ia telah memainkan delapan pertandingan di Ligue 1 dan masing menanti untuk mencatatkan gol serta assist pertamanya.

Sejauh ini Genreau baru mengemas empat caps saja untuk Australia senior namun jumlah tersebut bisa bertambah di Piala Dunia 2022.

Trio Aaron Mooy, Ajdin Hrustic, dan Jackson Irvine memang masih diprediksi akan jadi pilihan pertama untuk tiga slot di lini tengah namun bukan berarti sang pemuda tidak punya kesempatan.

Prediksi Performa di Piala Dunia 2022

Tergabung di Grup D yang juga dihuni Denmark, Tunisia, dan juara bertahan Prancis membuat Australia sepertinya tidak perlu memasang target tinggi untuk melampaui catatan di 2006.

Bisa memutus puasa kemenangan di putaran final saja sudah bisa dibilang bagus. Di macthday pertama nanti Prancis akan jadi lawan pembuka kemudian disusul oleh Tunisia kemudian Denmark.

Dengan dua wakil Eropa yang akan jadi favorit untuk lolos ke 16 besar, maka target paling realistis bagi Australia adalah bersaing bersama Tunisia menghindari posisi juru kunci.

Sukses lolos ke Piala Dunia 2022 sendiri saja sudah terbilang hebat mengingat komposisi skuat saat ini dan mereka cukup menikmati hasil jerih payah mereka di Qatar saja.

AustraliaPiala Dunia 2022profilProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini