x

Pemilik Man City Datang ke Solo, Gibran Ungkap Rencana Kerja Sama dengan Persis Solo

Rabu, 16 November 2022 20:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Walikota Solo, Gibran Rakabuming, yang juga pendukung Persis Solo. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Walikota Solo, Gibran Rakabuming, membenarkan kehadiran bos Manchester City, Sheikh Mansour, ke Kota Solo, Senin (14/11/22) lalu. Ternyata, sebelum Sheikh Mansour ke Solo, rombongan pemilik Persis Solo sudah berkunjung ke markas Manchester City.

Sheikh Mansour datang bersama presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Rombongan ini datang untuk peresmian masjid megah di Solo bernama Masjid Raya Sheikh Zayed.

Masjid yang mampu menampung 10 ribu orang itu merupakan hadiah dari Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Peresmian turut diserbu warga Solo, termasuk awak media.

Namun, saat peresmian itu, tak ada yang sadar bahwa bos Manchester City ada dalam rombongan. Sheikh Mansour tak dikenali karena menggunakan jubah putih, sama seperti rombongan lainnya.

Publik Solo baru menyadari kehadiran Sheikh Mansour setelah nama yang ada dalam daftar rombongan presiden UEA tersebar. Dari deretan daftar itu, terselip nama Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

Baca Juga

Awak media pun coba mengonfirmasi kepada Gibran. Ternyata memang benar, Sheikh Mansour tak sekadar ikut peresmian ke masjid, namun juga ikut saat makan di rumah Presiden Joko Widodo.

"Iya, Sheikh Mansour itu adiknya pak presiden (UEA)," kata Gibran, Rabu (16/11/22).

Ternyata, sebelum Sheikh Mansour datang ke Solo, bos-bos Persis Solo sudah lebih dahulu berangkat ke markas Manchester City, 2 Oktober lalu.

Baca Juga

Gibran sendiri menjelaskan bahwa kehadiran Persis Solo di markas Manchester City bukan sekadar untuk jalan-jalan. Kaesang Pangarep dkk. berupaya agar kedua pihak bisa berkolaborasi.

"Pemilik-pemilik Persis Solo pada waktu pertandingan derby Manchester pada ke sana semua, untuk belajar beberapa hal dan membahas potensi-potensi kolaborasi," ujar Gibran.

Baca Juga

1. Bicarakan Banyak Hal

Uji coba Persis Solo melawan Johor Darul Takzim di Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru, Sabtu (12/11/22). (Foto: Persis Solo)

Saat diajak sarapan di kediaman Presiden Jokowi, daerah Sumber, Banjarsari, Solo, Sheikh Mansour berbicara banyak hal tentang sepak bola.

Dalam acara itu, hadir pula Kaesang Pangarep. Kaesang dan Gibran duduk di samping Joko Widodo. Sementara Sheikh Mansour duduk di hadapan ketiganya, bersama Presiden UEA.

"Yang penting ada banyak pembicaraan menarik di pagi hari kemarin setelah dari masjid dan saat perjalanan ke airport," ucap Gibran.

Namun, Gibran menolak untuk membeberkan apa saja yang dibicarakan antara dirinya, sang ayah dan Kaesang bersama Sheikh Mansour.

Gibran malah meminta awak media bertanya pada salah satu pemilik saham Persis Solo, Kevin Nugroho. Pengusaha jas hujan asal Solo itu turut berangkat ke Manchester, saat City menghajar United 6-3.

"Nanti saja, tanya ke Kevin saja," ucap Gibran Rakabuming.

Baca Juga

Banyak pihak menilai bahwa keberangkatan Persis Solo ke Johor Bahru atas undangan Johor Darul Takzim, juga bagian dari kerja sama dengan bos-bos Dubai tersebut.

Seperti diketahui bahwa salah satu investor asal Dubai, Royal Football Fund, turut memiliki saham JDT. Makanya, sebelum pandemi Covid-19 lalu, JDT terbang ke Dubai untuk menjalani pramusim.

Baca Juga

Hal itu yang kemungkinan membuat Persis Solo bisa dengan nyaman berlatih di training ground milik JDT. Mereka menggunakan fasilitas yang biasa dipakai tim JDT II dan JDT III.

Persis Solo juga sempat uji coba melawan JDT pada Sabtu (12/11/22) lalu. Kedua tim berbagi angka 1-1 di Stadion Sultan Ibrahim. Kemudian pada Rabu (16/11/22) ini, Persis Solo menghadapi tim asal Singapura, Tanjong Pagar FC di Stadion Larkin, Johor Bahru.

Baca Juga
Manchester CityPersis SoloSheikh Mansour bin Zayed bin Sultan Al NahyanLiga IndonesiaGibran Rakabuming Raka

Berita Terkini