x

Selain Menang Piala Dunia 2022, 2 Hal Ini Bisa Bikin Lionel Messi Samai Diego Maradona

Rabu, 16 November 2022 16:20 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Lionel Messi merayakan trofi dan rekan setimnya setelah memenangkan Finalissima bersama Argentina REUTERS-David Klein

INDOSPORT.COM – Gelaran Piala Dunia 2022 menjadi tantangan bagi sang megabintang, Lionel Messi untuk memecahkan rekor legenda Argentina, Diego Maradona. Apa saja?

Seperti diketahui, Lionel Messi akan turun dalam gelaran Piala Dunia 2022 yang akan disebut sebagai kompetisi terakhir dalam ajang empat tahunan itu.

Lantaran hal tersebut, Lionel Messi dipandang akan memperlihatkan permainan yang bagus bersama dengan timnas Argentina dalam kompetisi tersebut.

Selain itu, La Pulga dipandang akan memberikan permainan terbaik, mengingat ini adalah kesempatan terakhir untuk meraih satu-satunya trofi Piala Dunia sepanjang karier.

Peluang Messi untuk meraih trofi Piala Dunia 2022 pun meningkat ketika timnas Argentina saat ini dihuni pemain-pemain dari liga top Eropa.

Baca Juga

Beberapa pemain, seperti penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez, penyerang AS Roma, Paulo Dybala, dan bek Manchester United, Lisandro Martinez menjadi sebab mengapa timnas Argentina bisa meraih juara Piala Dunia 2022.

Namun demikian, Lionel Messi kini dihadapkan dengan tantangan lain, yaitu memecahkan rekor sang legenda timnas Argentina, Diego Maradona di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Seperti diketahui, Diego Maradona merupakan peraih gelar juara Piala Dunia 1986 yang hingga kini belum dapat disamai oleh Lionel Messi sebagai bintang timnas Argentina.

Selain soal juara Piala Dunia, Lionel Messi akan dicoba untuk memecahkan dua rekor Diego Maradona lainnya.

Berikut merupakan dua rekor Diego Maradona yang harus dipecahkan oleh Lionel Messi dan timnas Argentina di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. 1. Jumlah Laga di Piala Dunia

Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986.

Sebagai pemain bintang, baik Lionel Messi maupun Diego Maradona merupakan pemain yang kerap diturunkan oleh timnas Argentina.

Baik Messi maupun Maradona mengenakan nomor punggung yang sama, yaitu 10 yang menandakan bahwa mereka adalah pemain penting dalam sebuah tim.

Secara karier, baik La Pulga dan Diego Maradona memiliki kesamaan, yaitu sempat membela Barcelona, sebelum mendapat kejayaan bersama klub lain.

Namun demikian, secara rekor bermain bersama timnas Argentina di Piala Dunia, Lionel Messi sedikit lagi mampu menyamai sang legenda.

Tercatat seperti dilansir dari PSGtalk, Lionel Messi sudah memainkan 19 laga bersama timnas Argentina di Piala Dunia, tepatnya sejak turun pertama kali di Piala Dunia 2006 Jerman.

Baca Juga

Jumlah tersebut hanya terpaut dua laga saja dari Diego Maradona, yang artinya bisa dipecahkan Lionel Messi di babak penyisihan grup.

Namun demikian, Lionel Messi bisa saja hanya turun di dua pertandingan fase grup Piala Dunia 2022, misalnya ketika melawan Meksiko dan Polandia.

Baca Juga

Untuk laga pertama di grup C Piala Dunia 2022, Argentina sangat mungkin tak menurunkan Lionel Messi, lantaran lawan yang dihadapi adalah Arab Saudi.

Dengan komposisi grup ini, Argentina bisa saja lolos dengan mudah ke fase gugur untuk menghadapi tim-tim yang lebih kuat.

Lionel Messi tentu bisa menambah beberapa pertandingan yang akan membuatnya memecahkan rekor Diego Maradona sebagai pemain dengan penampilan terbanyak untuk timnas Argentina di Piala Dunia.

Baca Juga

2. 2. Jumlah Assist di Piala Dunia

Diego Maradona dan Lionel Messi.

Selain soal jumlah laga, sebagai sesama playmaker timnas Argentina, ada indikator lain yan penting juga untuk diamati dari Lionel Messi dan Diego Maradona.

Indikator ini adalah jumlah assist yang tentu saja menjadi penentu apakah seorang gelandang bisa memberikan kontribusi besar untuk tim.

Sebagai pemain yang mulanya bermain sebagai penyerang, tentu saja jumlah gol yang menjadi indikator bagi Lionel Messi dan Diego Maradona.

Akan tetapi, lambat laun keduanya justru bermain semakin ke belakang dan kerap berperan sebagai gelandang serang yang banyak membantu rekan se-timnya.

Jumlah assist inilah yang menjadi rekor kedua yang harus dipecahkan Lionel Messi, sebagai bintang timnas Argentina di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Total assist di Piala Dunia yang dikemas Maradona adalah delapan yang lima di antaranya terjadi pada tahun 1986 atau saat Argentina menjadi juara.

Sementara, Lionel Messi baru mencetak total lima assist di gelaran Piala Dunia yang tentu masih sangat jauh dari rekor Diego Maradona.

Baca Juga

Namun demikian, jarak tiga assist ini bisa saja dikejar oleh Lionel Messi jika mampu memenangi pertandingan melawan Arab Saudi, Polandia, dan Meksiko di Piala Dunia 2022.

Selain soal memecahkan rekor, tentu saja Lionel Messi harus berusaha menyamai prestasi Diego Maradona, yaitu memenangi trofi Piala Dunia.

Tentu saja kesempatan untuk meraih trofi Piala Dunia 2022 menjadi target utama Lionel Messi, daripada memecahkan rekor Diego Maradona.

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiDiego MaradonaPiala Dunia 2022One FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini