x

Diundang Main di Eropa, PSIS Masih Pikir-pikir, Persis Solo Ogah Seriusi

Kamis, 17 November 2022 18:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Dua tim Liga 1 asal Jawa Tengah, PSIS Semarang dan Persis Solo, berbeda sikap terkait undangan main di Eropa.

INDOSPORT.COM - Dua tim Liga 1 asal Jawa Tengah, PSIS Semarang dan Persis Solo, berbeda sikap terkait undangan main di Eropa. Dua tim ini dapat tawaran uji coba dari tim asal Georgia, Locomotive Tbilisi.

PSIS menjadi tim pertama yang membeberkan sikap terkait undangan itu. PSIS menyebut bahwa Locomotive Tbilisi sedang bersiap menuju final Piala Georgia 2022.

Namun, yang lolos bukan tim utama yang terpuruk di kasta tertinggi Liga Georgia atau Umaglesi Liga 2022. Tim yang lolos final merupakan tim Locomotive II yang bermain di kasta empat.

Jika sukses menjadi juara Piala Georgia 2022, Locomotive bisa bermain di UEFA Conference League 2023/2024. Maka, mereka ingin sekali uji coba kompetitif sebelum melakoni partai final melawan Torpedo Kutaisi, 7 Desember 2022.

PSIS akan memikirkan tawaran yang datang dari Eropa. Manajemen segera berdiskusi dengan tim pelatih terkait adanya tawaran berlaga di Eropa untuk pertama kali.

Baca Juga

"Kami baru saja terima surat undangan dari Lokomotiv Tbilisi untuk melakukan latih tanding di Georgia. Menanggapi ini, kami akan diskusikan dulu dengan tim pelatih," ujar Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi pada Kamis (17/11/22) siang.

PSIS memikirkan uji coba ini karena lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023 juga belum jelas. Namun, setelah RUPS Luar Biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (15/11/22), ada keinginan agar kompetisi dimulai 2 Desember 2022.

Baca Juga

"Kami juga menunggu jadwal resmi kompetisi Liga 1 dulu kapan akan dilanjutkan. Kalau memungkinkan, kami akan balas surat mereka karena kami yang harus bertandang ke Georgia," ujar Yoyok.

"Kalau jadi kan ini bagus, mereka musim depan berpeluang tampil di UEFA Conference League yang selama ini kita kenal jadi kompetisi klub antar Benua Eropa. Musim ini saja di UEFA Conference League ada klub seperti Fiorentina, Villarreal, West Ham dan klub-klub tenar Eropa lainnya," katanya.

Baca Juga

1. Tak Seriusi Undangan

Para pemain Persis Solo merayakan gol Fernando Rodriguez ke gawang Johor Darul Takzim.

Ternyata, yang diundang ada banyak. Arema FC juga sudah menyampaikan terkait adanya ajakan dari Locomotive Tbilisi.

Persis Solo sebagai salah satu tim yang diajak tak menanggapi serius terkait adanya undangan itu. Pasalnya, undangan itu terkesan asal-asalan dibuat klub Georgia itu.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, menyebut ada banyak klub yang diundang untuk bisa hadir uji coba di Georgia.

"Kami juga dapat, tapi saya rasa undangan itu lebih bersifat random dan sporadis karena ada ratusan email yang ikut dikirim dan terpampang," ucap Bryan.

Setelah menjalani pemusatan latihan di Malaysia sejak 9 November 2022 lalu, Persis Solo pilih fokus menanti kompetisi Liga 1 2022/2023 dilanjutkan lagi.

Baca Juga

Selama di Malaysia, Persis Solo juga sudah melakoni dua uji coba internasional melawan klub Malaysia, Johor Darul Takzim, serta klub Singapura, Tanjong Pagar FC.

"(Undangan Locomotive Tbilisi) Tidak kami tanggapi serius," ujar Bryan.

Ada Progres Bagus

Dua uji coba di Malaysia cukup sebagai tolak ukur bahwa Persis Solo sudah mengalami kemajuan. Asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menilai semua pemain menunjukkan progres yang bagus.

Baca Juga

"Satu hal yang lebih penting, bahwa ketika menang pasti semua akan happy, tapi paling tidak kita sekarang punya percaya diri saat liga kembali berlanjut," kata Rasiman.

"Kita punya back to back match dalam sepekan. Kita punya 26 pemain dengan kualitas yang sama. Itu jauh lebih penting untuk mengarungi liga yang akan datang," ujar Rasiman.

Dengan modal skuad yang merata, Persis Solo siap menatap lanjutan Liga 1 yang akan dihantam jadwal padat serta dimainkan pada sore hari.

Baca Juga
Persis SoloPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini