x

Termasuk Incaran Man United, 3 Pemain Kunci yang Bisa Bawa Belanda Hapus Kutukan di Piala Dunia 2022

Kamis, 17 November 2022 20:10 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tim Nasional Belanda ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Belgia di Johan Cruijff Arena, Amsterdam. REUTERS/Piroschka Van De Wouw

INDOSPORT.COM – Berikut tiga pemain kunci yang bisa bawa Belanda akhiri kutukan ‘spesialis runner up’ di Piala Dunia 2022, di mana ada incaran Manchester United.

Gelaran Piala Dunia 2022 hanya tinggal hitungan hari atau tepatnya akan mulai bergulir pada 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Qatar yang didapuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 juga telah menyelesaikan tugasnya terkait fasilitas hingga keamanan ajang empat tahunan sekali tersebut.

Selain persiapan yang ditunjukkan oleh Qatar, para negara-negara kontestan Piala Dunia 2022 juga telah menunjukkan kesiapannya.

Total, 32 negara yang bakal berpartisipasi di Piala Dunia 2022 telah semua mengumumkan nama-nama pemain yang dibawanya untuk mengarungi turnamen sepak bola paling bergengsi tersebut.

Baca Juga

Salah satunya adalah Belanda. Tim berjuluk De Oranje di bawah asuhan Louis van Gaal telah resmi mengumumkan ke-26 pemainnya yang akan berlaga di Piala Dunia 2022.

Nama-nama beken seperti Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, Denzel Dumfries, Nathan Ake, Frenkie de Jong, hingga Memphis Depay turut dipanggil oleh Van Gaal.

Baca Juga

Mumpuninya kualitas pemain yang dipanggil mantan pelatih Manchester United dan Bayern Munchen tersebut membuat Belanda diyakini bakal tampil ciamik di edisi ke-22 Piala Dunia.

Belanda bahkan bisa saja mengakhiri kutukan mereka sebagai ‘spesialies runner up’ dalam ajang Piala Dunia 2022 nanti.

Dalam mewujudkan ambisinya tersebut, Belanda setidaknya bakal memiliki tiga pemain kunci yang bisa membuat mereka menghapus kutukan tersebut. Siapa sajakah mereka?

Baca Juga

1. 3 Pemain Kunci Belanda di Piala Dunia 2022

Pemain Belanda, Steven Berghuis, merayakan gol yang dia cetak saat melawan Latvia pada sesi kualifikasi Piala Dunia di Johan Cruijff Arena, Sabtu (27/3/2021).

3. Steven Berghuis

Pemain pertama yang setidaknya bakal menjadi kunci penampilan Belanda adalah Steven Berghuis. Pemain Ajax Amsterdam itu sendiri selama musim ini telah menunjukkan penampilan yang memukau.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut saat ini telah mengoleksi tujuh gol dan enam assist dalam 21 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Selain moncer bersama klubnya, bersama tim nasional Belanda, Steven Berghuis juga telah mencatatkan 39 penampilan dengan mencetak dua gol dan 13 assist.

Steven Berghuis juga memiliki kemampuan yang apik dalam menciptakan peluang-peluang di depan gawang lain. Louis van Gaal dapat memakai kemampuan Berghuis tersebut dalam menajamkan lini serang Belanda.

Torehan tersebut setidaknya akan membuat Berghuis menjadi salah satu pemain yang bakal menjadi kunci sukses Belanda mengarungi Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Virgil van Dijk

Pemain Liverpool ini dipastikan bakal menjadi pemain penting bagi Timnas Belanda terkhusus di lini pertahanan mereka.

Sempat mengalami cedera panjang dan mengharuskannya menepi dari lapangan hijau hingga satu tahun, Virgil van Dijk mencoba untuk menemukan performa terbaiknya kembali.

Baca Juga

Alhasil, setelah kembalinya dirinya dari cedera, Van Dijk membuktikan masih layak untuk mengawal lini pertahanan Liverpool dan membawa mereka finish di peringkat kedua musim lalu.

Pada musim ini, performa Van Dijk memang sedang mendapatkan ujian berat karena kerap menunjukkan penampilan yang angin-anginan di lini belakang Liverpool.

Akan tetapi, hal tersebut tampaknya tidak akan menjadi halangan bagi Louis van Gaal untuk tetap memilihnya sebagai pengawal lini belakang De Oranje.

Baca Juga

2. Cody Gakpo Paling Diandalkan

Pemain PSV Eindhoven, Cody Gakpo (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

Virgil van Dijk bersama Matthijs de Ligt di lini belakang dipastikan akan memberikan kesolidan yang sulit ditembus oleh lawan-lawannya nanti.

1. Cody Gakpo

Nama terakhir yang baka memberikan perbedaan terhadap permainan Belanda di Piala Dunia adalah Cody Gakpo.

Ya, meskipun masih terbilang muda karena baru berusia 23 tahun, Cody Gakpo bisa menjadi senjata rahasia bagi Louis van Gaal memaksimalkan formulanya.

Bersama klubnya saat ini, PSV Eindhoven, Cody Gakpo telah memberia kejutan dan membuat ribuan pasang mata menyoroti penampilannya.

Baca Juga

Gakpo tercatat telah menorehkan 12 gol dan 13 assist dalam 24 penampilannya bersama PSV Eindhoven di seluruh kompetisi.

Dalam karirnya bersama Timnas Belanda, Gakpo juga tercatat turut memberikan assist bagi gol Virgil van Dijk saat De Oranje menghajar Belgia, 2-0.

Baca Juga

Selain itu, Gakpo juga turut mencatatkan namanya di papan skor saat menghadapi Polandia dan Wales di UEFA Nations League yang lalu.

Semenjak debutnya di tim senior Belanda pada Euro 2020 yang lalu, Cody Gakpo telah menjadi pemain penting bagi pasukan Louis van Gaal.

Pada Piala Dunia 2022, pemain yang menjadi incaran Manchester United itu dipastikan tak akan meredupkan apinya untuk terus memberikan ancaman bagi lini serang Belanda nantinya.

Baca Juga
Manchester UnitedBelandaPiala Dunia 2022One FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini