x

Inter Milan Jagoan! Sumbang Pemain di Laga Final Piala Dunia 4 Era Berbeda

Jumat, 18 November 2022 16:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Raksasa Liga Italia, Inter Milan, punya jagoan yang mampu menembus final Piala Dunia dan berikut empat pemain paling spesial di antaranya.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia, Inter Milan punya jagoan yang mampu menembus final Piala Dunia. Berikut empat pemain paling spesial di antaranya.

Raksasa Liga Italia, Inter Milan merupakan klub yang cukup sering menjadi tujuan pemain hebat untuk berkembang dalam dunia sepak bola.

Ada banyak bintang yang sempat mendapatkan tempat di skuat Inter Milan, baik itu sebagai pemain reguler maupun hanya tampil sebagai pemain pengganti.

Bahkan tak jarang dari pemain-pemain tersebut, mampu mewakili tim di ajang Piala Dunia, dan memiliki sejarah menarik sejak tahun 1982.

Berikut merupakan lima pemain Inter Milan yang mampu mencapai final Piala Dunia dengan beberapa peristiwa menarik.

Giuseppe Bergomi, Gabriele Orialli, dan Alessandro Altobelli

Baca Juga

Trio pemain Inter Milan ini merupakan tulang punggung Timnas Italia di era kejayaannya pada gelaran Piala Dunia 1982.

Kala itu, dalam gelaran Piala Dunia 1982 di Spanyol, trio ini menjadi tulang punggung Timnas Italia bersama dengan beberapa pemain dari klub lain seperti Paolo Rossi, Claudio Gentile, hingga Franco Baresi.

Baca Juga

Hasilnya, skuad timnas Italia ini mampu berbicara banyak dengan ditambah tangan dingin sang pelatih legendaris, Enzo Bearzot. Gli Azzurri mampu melaju jauh di Piala Dunia 1982 dengan mencapai babak final dan bertemu dengan Jerman.

Baik BergomI, Orialli, dan Altobelli mampu tampil di final Piala Dunia 1982 dan mampu membawa gelar untuk Timnas Italia usai mengalahkan Der Panzer dengan skor 3-1.

Baca Juga

1. Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario saat masih memperkuat Inter Milan.

Pemain lain dari Inter Milan yang punya cerita lolos ke final Piala Dunia adalah Ronaldo Luiz Nazario yang juga disebut sebagai sang fenomena.

Sepanjang kariernya, Ronaldo mencapai final Piala Dunia sebanyak tiga kali, mulai tahun 1994, kemudian 1998 dan 2002.

Pada gelaran final Piala Dunia 1994, Ronaldo baru membela Cruzeiro dan masih berusia 17 tahun, sehingga tak mendapatkan kesempatan bermain.

Debutnya di final Piala Dunia baru terjadi pada tahun 1998 dan sudah membela Inter Milan. Kala itu, sakitnya Ronaldo secara tiba-tiba menjadi penyebab Brasil kalah dari tuan rumah Prancis di laga puncak.

Barulah Ronaldo meledak pada tahun 2002 manakala mampu membawa Brasil menjadi juara dengan dua gol ke gawang kiper Timnas Jerman, Oliver Kahn.

Andreas Brehme, Lothar Matthaus, dan Jurgen Klinsmann

Baca Juga

Legenda Inter Milan lain yang memiliki cerita di final Piala Dunia adalah eks timnas Jerman, Andreas Brehme yang moncer di gelaran Piala Dunia 1990.

Brehme merupakan salah satu dari trio Jerman yang juga turun di gelaran tersebut, bersama sang kapten tim, Lothar Matthaus dan penyerang jempolan, Jurgen Klinsmann.

Baca Juga

Tiga pemain inilah yang mampu membawa Inter Milan tampil bagus di era 1980-1990-an dan menjadi pilar utama tim.

Pun bersama timnas Jerman, Brehme, Matthaus, dan Klinsmann mampu membawa tim melaju menuju final Piala Dunia 1990.

Andreas Brehme pun jadi aktor penting timnas Jerman di Piala Dunia 1990 dengan mencetak gol penentu dari titik penalti dalam laga melawan Argentina yang dihuni Diego Maradona.

Baca Juga

2. Marco Materazzi

Bek Italia, Marco Materazzi, tersungkur setelah dadanya ditanduk oleh Zinedine Zidane, pada final Piala Dunia 2006.

Pemain selanjutnya yang punya kenangan manis di final Piala Dunia adalah Marco Materazzi, bek andalan Inter Milan di milenium baru.

Dikenal punya tinggi badan yang baik dan tampil garang di lini belakang, Materazzi dianggap jadi duet tepat untuk kapten timnas Italia, Fabio Cannavaro.

Materazzi sendiri mampu menjadi benteng kokoh di lini belakang Gli Azzurri yang kala itu dilatih oleh Marcelo Lippi.

Bahkan, saat laga final Piala Dunia 2006 di Jerman, Materazzi menjadi sosok penentu keberhasilan Italia menjadi juara.

Pasalnya, insiden tandukan Zinedine Zidane-lah yang kemudian membuat timnas Italia bisa menang atas Timnas Prancis di laga final Piala Dunia 2006.

Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic

Baca Juga

Pemain Inter Milan keempat yang mampu membawa negaranya lolos ke final Piala Dunia adalah Ivan Perisic yang moncer pada 2018 lalu.

Tanpa diduga, Timnas Kroasia dibawa oleh pemain sayap yang satu ini ke final Piala Dunia, meskipun dikalahkan oleh timnas Prancis yang bertabur bintang.

Baca Juga

Perisic sendiri bermain sebagai sayap kiri, mirip dengan peran yang dimainkan di Inter Milan, sehingga gaya bermainnya tidak banyak berubah.

Selain Ivan Perisic dalam skuat Piala Dunia 2018 Kroasia juga ada pemain Inter Milan lainnya, yaitu Marcelo Brozovic yang juga menjaga lini tengah.

Meskipun sudah terpisah, lantaran Ivan Perisic hengkang ke Tottenham Hotspur dan hanya tersisa Marcelo Brozovic sebagai pemain Inter Milan di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
Inter MilanMarco MaterazziRonaldoIvan PerisicPiala Dunia 2022Lothar MatthausAndreas BrehmeTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini