x

Langsung Ngegas Lagi, Persis Solo Lanjutkan Agenda Uji Coba

Minggu, 20 November 2022 18:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Para pemain Persis Solo merayakan gol Fernando Rodriguez ke gawang Johor Darul Takzim.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo baru menyelesaikan program pemusatan latihan di Malaysia, Jumat (18/11/22). Setibanya di Indonesia, Laskar Sambernyawa langsung ngegas lagi dengan menjadwalkan dua uji coba.

Laskar Sambernyawa tak memberi libur panjang usai menyelesaikan program di Johor Bahru. Para pemain hanya libur dua hari dan mulai latihan lagi pada Senin (21/11/22).

Selama libur singkat itu, tim pelatih ingin para pemain memanfaatkan dengan maksimal. Selama di Johor Bahru, Irfan Bachdim dkk. dirasa sudah kerja ekstra keras.

Ketika kembali lagi ke latihan, program baru sudah menanti. Persis Solo tetap menerapkan program lama dengan mengagendakan uji coba lagi pada pekan ini.

"Seperti biasa kita lanjutkan program. Setiap pekan ada dua uji coba. Untuk calon lawan pekan ini masih kita komunikasikan. Kandidatnya ada dari tim Liga 2 dan Liga 1," kata asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, Minggu (20/11/22).

Baca Juga

Rasiman belum memastikan kapan program empat hari latihan dan dua hari uji coba akan terus berjalan. Ia memiliki harapan besar agar uji coba ini menjadi yang terakhir dan Liga 1 dilanjutkan lagi.

"Semoga ini menjadi final dari rangkaian uji coba dan selanjutnya bisa masuk kompetisi," tutur Rasiman.

Baca Juga

Menurut Rasiman, Persis Solo mendapatkan hal luar biasa selama sepuluh hari berada di Johor Bahru.

Kemajuan bukan sekadar aspek teknis, namun juga non teknis. Dengan waktu bersama lebih rutin dan sempat liburan bersama, kekompakan tim semakin meningkat.

Hal inilah yang belum dirasakan sejak tim terbentuk. Alexis Messidoro yang baru beberapa bulan hidup di Indonesia mulai berbicara kata per kata dengan bahasa Indonesia. Begitu pula dengan Ryo Matsumura.

Baca Juga

1. Lebih Kompak

Uji coba Persis Solo melawan Johor Darul Takzim di Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru, Sabtu (12/11/22). (Foto: Persis Solo)

"Tim sekarang jauh lebih kompak, karena mereka punya waktu bersama lebih banyak dibanding sebelumnya, seperti kita jalan-jalan bareng ke Singapura. Ini bagus ketika pemain lokal dan asing bisa lebih kompak," jelas Rasiman.

Bagi Rasiman, kekompakan tim baik di dalam maupun luar lapangan merupakan hal bagus. Percaya diri tim juga mulai meningkat ketika bisa tampil bagus melawan Johor Darul Takzim (JDT) dan Tanjong Pagar FC.

Persis Solo menahan JDT 1-1 di Stadion Sultan Ibrahim, Sabtu (12/12/22). Kemudian, Fernando Rodriguez dkk. menghajar Tanjong Pagar FC 5-2 di Stadion Larkin, Johor Bahru.

Baca Juga

"Kita lihat sebelumnya bahwa tim ini seperti di bawah tekanan. Hasil Piala Presiden membuat mood pemain tidak stabil, itu terbawa terus menerus," ucap Rasiman.

"Kegiatan kemarin menjadi sedikit penyegaran bagi tim, dengan situasi baru, melihat banyak hal baru, stay di tempat yang bagus, makanan bagus, bisa belanja. Ya ini Alhamdulillah, di luar aspek bola, tim cukup baik. Di aspek mental juga cukup bagus," lanjutnya.

Selama berada di Malaysia, Persis Solo mendapat jamuan khusus dari JDT. Mereka bisa menggunakan training ground yang biasa jadi milik tim JDT II dan JDT III.

Baca Juga

Meski rumput yang digunakan bukan zoysia, melainkan rumput gajah, namun lapangan terbilang cukup rata. Di samping lapangan juga tersedia beragam fasilitas, seperti gym dan ruang fisioterapi.

Lebih menarik lagi, JDT meminjamkan Stadion Larkin yang mereka kelola untuk Persis Solo uji coba melawan Tanjong Pagar FC. Jamuan ini membuat Rasiman terkesan.

"Ada banyak aspek yang bisa kita dapatkan dan dipelajari dari kegiatan di Malaysia ini," ungkap Rasiman.

Persis Solo pun terinspirasi untuk memiliki fasilitas serupa, yakni training ground yang terintegrasi dengan fasilitas gym, fisio hingga jacuzzi.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1RasimanLiga 1 2022-2023

Berita Terkini