x

Profil Enner Valencia, Bomber Ekuador yang Jadi Pencetak Gol Pertama di Piala Dunia 2022 Qatar

Senin, 21 November 2022 05:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bomber Ekuador, Enner Valencia mencetak gol pertama ke gawang Qatar di Piala Dunia 2022 lewat titik penalti (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Berikut profil bomber Ekuador bernama Enner Valencia yang sukses mencetak sejarah dengan menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2022 Qatar.

Seperti diketahui, Enner Valencia baru saja menjadi bintang dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador.

Pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador baru saja selesai tersaji di Stadium Al Bayt Al Khor pada Minggu (20/11/22) malam WIB.

Dalam duel tersebut, Enner Valencia sukses mencetak brace yang membuat tuan rumah takluk di depan puluhan ribu pendukungnya dengan skor 0-2.

Striker berusia 33 tahun itu mampu menjawab kepercayaan dari pelatih Gustavo Alfaro sebagai ujung tombak sekaligus kapten tim.

Baca Juga

Meski menjadi pemain senior di skuat Ekuador, namun ada beberapa pecinta sepak bola yang belum mengenal secara lengkap sosok Enner Valencia.

Berikut INDOSPORT telah merangkum profil Enner Valencia yang menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2022 Qatar:

Striker bernama lengap Enner Remberto Valencia Lastra lahir di San Lorenzo, Ekuador pada 4 November 1989 silam.

Baca Juga

Ia memulai karier sebagai pemain profesional pada 2010 silam dengan bergabung di klub lokal nagaranya bernama Emelec hingga 2013. Ia sempat memenangkan Serie A Ekuador 2013 dan dianugerahi Sepatu Emas Copa Sudamericana di tahun yang sama.

Setelah itu, Enner Valancia hengkang ke klub Meksiko, Pachura dan sempat dianugerahi Sepatu Emas Liga MX di turnamen Clausura 2014. Karena penampilan gemilangnya, ia kemudian dibeli oleh raksasa Liga Inggris, West Ham United.

Baca Juga

1. Enner Valancia Pernah Merasakan Kerasnya Liga Inggris

Momen sebelum gol striker Ekuador, Enner Valencia ke gawang Qatar dianulir wasit (REUTERS/Lars Baron)

Enner Valancia dibeli oleh West Ham United dengan mahar 12 juta pounds atau sekitar Rp260 miliar pada bursa transfer musim panas 2014.

Saat itu West Ham United kepincut memboyongnya ke Liga Inggris karena sukses mencetak 18 gol saat membela klub Meksiko, Pachura.

Akan tetapi, kompetisi Liga Inggris sangat keras bagi Enner Valancia. Selama dua musim berseragam West Ham, ia hanya mencetak delapan gol dalam 45 laga.

Namun hal itu tidak membuatnya menyerah. Enner Valancia masih berada di Premier League dan mencoba peruntungan bersama Everton.

Baca Juga

Sayang, kariernya juga tetap sama saja karena hanya bisa mencetak tiga gol dalam 21 pertandingan. Ia lantas memilih bermain di klub Meksiko, Tigres UANL.

Selama tiga musim membela UANL, Valencia sukses mencetak 21 gol. Pada 2020, ia kemudian memutuskan hengkang ke klub raksasa Turki, Fenerbahce.

Baca Juga

Sementara itu, di tingkat internasional, Enner Valencia telah mendapatkan lebih dari 70 caps untuk Ekuador sejak debutnya pada 2012 silam.

Ia pernah membela Ekuador di Piala Dunia 2014 dan Copa América pada tahun 2015, 2016, 2019, dan 2021. Dengan koleksi 35 gol, Enner Valencia adalah top skor sepanjang masa Ekuador.

Baca Juga
EkuadorPiala DuniaQatarEnner ValenciaPiala Dunia 2022FenerbahceProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini