x

Gagal ke Piala Dunia 2022, Javier Roca Nilai Sepak Bola Chile Harus Lakukan Reformasi

Selasa, 22 November 2022 14:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Piala Dunia 2022 di Qatar menempatkan empat tim terbaik sebagai wakil zona Conmebol atau federasi sepak bola Amerika Latin.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 di Qatar menempatkan empat tim terbaik sebagai wakil zona Conmebol atau federasi sepak bola Amerika Latin.

Sayang, Chile tidak ada di antara daftar tim nasional itu. Conmebol kali ini diwakili Brasil, Argentina, Uruguay dan Ekuador.

Situasi itu terjadi setelah La Roja, julukan Timnas Chile, finis dengan posisi buruk pada babak kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol.

Arturo Vidal dkk menempati peringkat ke-7 di antara 10 tim, dengan meraih 19 poin. Chile bahkan di bawah Peru dan Kolombia di klasemen.

Hal ini lantas membuat Javier Roca ikut berkomentar. Yang jelas, dia menyayangkan bahwa negara kelahirannya itu gagal berlaga di Piala Dunia.

Baca Juga

"Ya, sayang sekali Chile tidak ikut ambil bagian pada Piala Dunia kali ini," ucap pelatih yang saat ini menukangi Arema FC tersebut.

Menurut Javier Roca, penyebab paling besar dari kegagalan Chile ke Qatar adalah faktor regenerasi yang berjalan kurang sukses.

Baca Juga

Bagaimana generasi Arturo Vidal maupun Alexis Sanchez, belum mendapatkan penerus mumpuni di sepak bola level teratas.

Kendati generasi itu cukup fenomenal dengan membawa kembali Chile tampil di Piala Dunia 2010 dan 2014, setelah absen di edisi 2002 dan 2006.

"Ya, generasi terbaik kita di sepak bola Chile sedang habis. Semoga masalah itu teratasi, sehingga Chile bisa tampil lagi," beber Roca.

Baca Juga

1. Reformasi Total

Pelatih Arema FC, Javier Roca memberi komentar soal Timnas Chile yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Nihilnya prestasi di sepak bola Chile pun membuat Javier Roca melihat perlu ada langkah secara total untuk memperbaikinya pada masa mendatang.

"Reformasi pada segi pemain sangat perlu, agar sepak bola Chile bisa secepatnya tampil di Piala Dunia," ungkap Roca.

"Saat ini juga sedang dilakukan reformasi di federasi sepak bola Chile. Saya pikir semua itu perlu dilakukan Chile," katanya.

Baca Juga

Generasi Alexis Sanchez dkk sempat menimbulkan harapan besar setelah Chile mampu melaju hingga babak 16 besar di Piala Dunia 2010 dan 2014.

Pencapaian itu sama persis ketika La Roja masih memiliki pemain legendaris bernama Marcelo Salas. Chile juga sampai 16 besar di Piala Dunia 1998 Prancis.

Baca Juga
ChileArgentinaBrasilQatarPiala Dunia 2022Javier RocaUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini