x

Pasca RUPSLB, Deltras FC Menilai Liga 2 Perlu Dikelola Operator Sendiri

Selasa, 22 November 2022 10:42 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
Deltras FC.

INDOSPORT.COM - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar PT Liga Indonesia Baru di Jakarta pada Selasa (15/11/22) lalu, memunculkan harapan baru.

Pertemuan itu memang belum membahas perihal kapan kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2 akan dilanjutkan pasca terhenti akibat Tragedi Kanjuruhan.

Namun lebih fokus dalam mereformasi susunan kepengurusan LIB. Salah satunya adalah dengan mendapuk Ferry Paulus sebagai Direktur Utama.

Deltras FC Sidoarjo sebagai salah satu kontestan di Liga 2, turut mengapungkan harapan terhadap para pemimpin baru LIB tersebut.

"Kami harap kompetisi segera berjalan. Direksi baru LIB juga bisa menaikkan value Liga 2," ucap CEO Deltras FC, Amir Burhannudin.

Baca Juga

Salah satu yang disoroti Amir tak lain adalah porsi yang jauh berbeda diberikan LIB kepada kompetisi Liga 2, dibandingkan Liga 1.

Bahwa benar Liga 2 berada satu kasta dibawah Liga 1 yang menjadi kompetisi sepak bola profesional di Indonesia.

Baca Juga

Namun, setidaknya perhatian pihak operator kompetisi itu tidak jomplang. Sejauh ini, Liga 2 beserta klub-klubnya seperti dianaktirikan.

Dalam hal jadwal, Liga 2 mengikuti alur yang sudah berjalan di Liga 1. Begitu Liga 1 tertunda, Liga 2 juga turut terimbas.

"Kalau perlu, Liga 2 harus dibuatkan operator sendiri. Hal-hal seperti itu tidak terulang lagi," beber eks Sekretaris Jenderal PSSI Asprov Jatim tersebut.

Baca Juga

1. Alasan Lain

Logo Liga 2 2021

Sehubungan dengan itu, Amir Burhannudin juga membeberkan alasan lain dibalik harapannya agar LIB lebih memperhatikan Kompetisi Liga 2.

Dia menyoroti pemberian subsidi yang jauh dari nilai ideal. Pada musim ini, semua klub Liga 2 hanya mendapat subsidi tak sampai Rp1 Miliar.

Baca Juga

"Sangat tidak signifikan apa yang diperoleh klub dari LIB dibanding dengan beban yang ditanggung klub," ungkap CEO Deltras FC tersebut.

Sementara biaya operasional klub, khususnya Deltras FC yang berada di Grup Timur, jelas berada diatas angka itu.

Baca Juga

"Sementara semua nilai komersial baik yang on air maupun off air, diambil semua oleh LIB," tandas figur yang kini menjabat Wakil Ketua Umum PSSI Asprov Jatim tersebut.
 

Liga IndonesiaLiga 2PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 2Deltras FC

Berita Terkini