x

Liga 2: Pelatih PSIM Bicara Antusiasme Pemain Saat Latihan Tanpa Kejelasan Kompetisi

Selasa, 15 November 2022 18:07 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta di Lapangan Kenari, Yogyakarta. Foto: PSIM Yogyakarta.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 Indonesia, PSIM Yogyakarta, kembali menggelar latihan setelah sempat uji coba melawan Borneo FC. Antusiasme pemain dalam mengikuti program membuat gembira staf kepelatihan Laskar Mataram.

Hal sulit harus dijalani para pelatih dalam enam pekan ini. Tim pelatih dipaksa membuat program ketika kelanjutan kompetisi Liga 2 2022/2023 belum jelas.

Praktis, banyak pelatih memilih program mingguan, termasuk dari kubu PSIM. Dengan sesi latihan empat kali, program sepekan diakhiri dengan uji coba.

Program ini ternyata berjalan cukup efektif. Para pemain merasa senang ketika mendapat momen uji coba melawan pemuncak klasemen sementara Liga 1, Borneo FC, Sabtu (12/11/22) sore.

Setelah uji coba itu, Cristian Gonzales dkk. mendapat jatah libur dua hari. Latihan baru digelar lagi pada Selasa (15/11/22). Jalannya latihan pertama pekan ini membuat senang tim pelatih.

Baca Juga

"Kondisi pemain alhamdulillah semakin baik, mereka semakin antusias, pasca kita liburkan dua hari mereka pagi ini kembali dengan kondisi yang 95 persen sudah konsen," kata pelatih PSIM, Erwan Hendarwanto, usai latihan.

Pada latihan perdana pekan ini, Erwan membuat program secara menyeluruh. Dia tak sekadar fokus pada evaluasi dari uji coba melawan Borneo FC.

Baca Juga

Dalam laga itu, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol. Namun, laga harus dihentikan sekitar menit ke-55 karena hujan deras mengguyur Lapangan YIS, disertai dengan petir.

"Kita lakukan maintenance dengan menggabungkan semua unsur baik teknik, taktik maupun fisik, karena kita kan tidak bisa lakukan itu sendiri-sendiri," tutur Erwan.

Menurut Erwan, jalannya awal pertandingan sesuai prediksi. Para pemain yang telah lama tak menjalani laga kompetitif terlihat keteteran dengan cara Borneo FC memberi tekanan.

Baca Juga

1. Soal Uji Coba PSIM

Latihan tim Liga 2, PSIM Yogyakarta, di Lapangan Kenari, Yogyakarta. Foto: PSIM Yogyakarta.

Terlebih, Borneo FC memainkan para pemain langganan tim inti pada babak pertama. Barulah ketika memasuki babak kedua, mereka melakukan banyak pergantian.

"Yang pasti kan kita lama tidak bermain, apalagi bermain dengan tim yang levelnya diatas kita, jadi kemarin memang ada sedikit kendala diawal. Kita kaget dengan permainan Borneo, ada canggung," jelas Erwan Hendarwanto.

"Dalam latihan pagi ini kita perbaiki bagaimana caranya bisa lepas dari high pressing lawan," lanjut mantan pelatih Persekat Tegal tersebut.

Selama kompetisi dihentikan, PSIM sudah melakukan tiga sesi uji coba. Selain Borneo FC, mereka juga sempat menghadapi tim-tim kontestan Liga 3 wilayah DIY.

Erwan menuturkan bahwa uji coba tertutup akan kembali digelar pekan ini. Namun, ia belum bisa memastikan tim mana yang akan jadi lawan.

Baca Juga

"Kita berusaha untuk setiap akhir pekan ada uji coba, entah nanti lawannya dari Liga 3, Liga 2, atau Liga 1," ungkap Erwan.

PSIM harus memanfaatkan momen jeda kompetisi ini untuk berbenah secara maksimal. Pasalnya, dalam tujuh partai Liga 2 2022/2023, performa tim belum memuaskan.

Baca Juga

Erwan Hendarwanto sendiri masuk setelah PSIM mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Maluku, Imran Nahumarury. Setelah itu, posisi pelatih kepala sempat dijabat sang asisten, Dwi Prio Utomo.

Bersama Erwan Hendarwanto, PSIM mencatatkan hasil dua kali menang dan sekali kalah dan kini masih ada di peringkat enam grup tengah dengan torehan 9 poin dari tujuh laga.

PSIM masih terpaut tujuh poin dengan pemuncak klasemen grup tengah, FC Bekasi City, serta tiga poin dengan sang runner up, Persijap Jepara. Setiap grup yang akan diambil dua tim untuk lolos ke babak enam besar dan berebut tiga tempat di Liga 1 2023/2024.

Baca Juga
PSIM YogyakartaBorneo FCLiga IndonesiaLiga 2Bola IndonesiaBerita Liga 2

Berita Terkini